Running A Business Start A Business

Mengenal Crowdfunding di Indonesia, Bagaimana Tipsnya untuk Pemula?

 

Crowdfunding di Indonesia – Crowdfunding di Indonesia menjadi salah satu teknik yang banyak dilakukan pengusaha baru dalam mendirikan bisnis mereka. Crowfounding lebih dikenal dengan teknik patungan dalam mendirikan sebuah bisnis. Artinya akan ada puluhan sampai ratusan orang yang mengumpulkan dana untuk mendirikan atau melakukan suatu project tertentu. Lantas bagaimana tipsnya bagi seorang pemula agar bisa sukses melakukan crowfounding? Ini ulasannya!

Pastikan proyek bisnis Anda terorganisir

Banyak Crowfounders yang lebih memilih untuk mulai mengumpulkan sumbangan dalam waktu pengerjaan sebuah proyek. Karena mereka berpendapat pendonor akan lebih mudah berbagi dana pada fase ini. Anda harus menetapkan tujuan waktu yang jelas dan realistis. Jadwal ini harus mengintegrasikan kampanye secara bersama – sama dengan pekerjaan yang sebenarnya pada proyek Anda. Dan jangan lupa masukkan itu dalam deskripsi kampanye yang Anda lakukan.

Budaya crowdfunding di Indonesia tak jauh dari sifat persuasif pebisnis

Anda tentu tidak akan dengan mudah mendapatkan uang dari banyak orang saat Anda tidak memberikan mereka alasan yang kuat. Teks yang dibuat harus menyoroti pentingnya proyek yang Anda miliki dan betapa besar peran mereka didalamnya. Keunikan visi dan nilai luhur dari produk yang dihasilkan adalah daya tarik tersendiri bagi pendonor.

Jika Anda memiliki materi visual atau contoh proyek yang akan Anda kerjakan, tunjukkan saja kepada mereka. Biarkan mereka membayangkan apa yang akan Anda kerjakan dan mereka danai.

Tepat mencari dukungan crowdfunding di Indonesia

Ada banyak dukungan yang dapat Anda gunakan saat ingin melakukan crowfounding ini. Salah satunya yaitu dengan menggunakan platform khusus crowfounding yang banyak dipublikasikan. Seperti Kickstarter, Indie Gogo, Pledge Music, Go Dana Me, dan lain sebagainya. Mereka bisa menjadi partner crowfounding proyek yang sedang Anda kerjakan.

Pertimbangkan imbalan bagi pedonor

Banyak kampanye crowfounding yang berhasil dengan menjanjikan pendonor mereka dengan sesuatu sebagai imbalan atas bantuan awal mereka dalam proyek yang Anda miliki. Anda dapat memutuskan ingin memberi apa dan berapa kepada mereka, seperti salinan gratis dari proyek Anda, kemeja atau kaos dengan desain khusus di atasnya, tiket gratis ke suatu acara dan lain sebagainya.

Demikian tips yang bisa Anda terpakan dalam menerapkan sistem crowdfunding pada bisnis Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Risiko Membangun Start Up yang Wajib Diketahui Setiap Pebisnis

Tips Komunikasi Bos dan Karyawan Agar Tak Salah Paham

Hal yang Wajib Diketahui Perihal Kerja Sama Bisnis


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *