Interviews

Dailybeautyhouse.com, Toko Produk Kecantikan ala Enterpreneur Muda Felina Muliadi

 
  • 1
    Share

   

Kecintaannya menjadi seorang enterpreneur bukanlah sebuah hal baru bagi gadis muda ini. Felina Muliadi(21) sudah mengawali dan menunjukkan minat bisnisnya sejak ia duduk di bangku sekolah. Mulai dari menjual alat tulis, hingga kini menjual produk kecantikan. Kedua orang tua yang juga berprofesi sebagai seorang enterpreneur ternyata ikut mendukung keputusan Mahasiswi Prasetiya Mulya Business School jurusan bisnis ini untuk benar – benar menekuni minat dan bakatnya ke dunia bisnis. Menjadi seorang enterpreneur muda bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi Felina membuktikan bahwa di dalam kesibukannya sebagai seorang mahasiswa, ia juga mampu menjadi seorang enterpreneur online yang suskes.

Selamat sore Mbak Feli, bisa diceritakan terlebih dahulu latar belakang Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Dailybeautyhouse.com bukan bisnis pertama saya, saya juga mempunyai dua bisnis lain yakni www.koreanholicshop.com dan www.doggielikes.comwww.koreanholicshop.com menjual barang – barang untuk para pecinta Korea, terutama Korean drama dan K-POP.  Sedangkan www.doggielikes.com merupakan online shop yang menjual baju dan peralatan untuk kebutuhan hewan peliharan terutama untuk para Dog lover. Bisnis Korean Holic Shop ini saya mulai sejak saya duduk di bangku SMA. Awalnya saya membuat sebuah online shop hanya untuk menambah uang jajan, namun teryata dari hasil online shop tersebut saya mampu mandiri secara finansial.

Saya memilih dunia entrepreneur karena memang saya suka membuat sebuah bisnis, menurut saya membuat bisnis merupakan sebuah tantangan yang menyenangkan. Bahkan sejak saya kelas 2 SD saja, saya sudah mulai berjualan alat – alat tulis keteman – teman saya. Memang mungkin darah entrepreneur mengalir di dalam diri saya, karena kedua orang tua saya juga merupakan seorang entrepreneur. Keinginan saya untuk mencari uang dari usia dini juga yang mendorong saya masuk ke dunia entrepreneur. Karena seperti yang kita tahu, saat kita SMA siapa sih yang mau menerima kita sebagai pekerja? Apalagi kita juga memiliki kesibukan sebagai pelajar sehingga membua tsebuah bisnis online merupakan sebuah alternatif mencari uang yang ideal.

Sebagai seorang enterpreneur tentu Anda sudah memiliki sebuah pengorbanan. Nah, pengorbanan seperti apa yang menurut Mbak Feli paling besar dilakukan?

Pengorbanan terbesar saya menjalani bisnis ini adalah masalah waktu dan kebebasan saya, karena online shop dituntut bekerja 24 jam. Bahkan saat SMS oleh customer tidak saya balas barang 1-2 jam saja, saya bisa dituduh melakukan penipuan dan sebagainya padahal waktu itu saya masih sekolah dan bahkan pada saat jam pelajaran tidak boleh buka HP sehingga cukup melelahkan untuk meyakinkan customer satu per satu.

Nah, sekarang bisakah Mbak menjelaskan tentang Daily Beauty House dan produk apa saja yang ditawarkan?

Daily Beauty House menjual berbagai hal yang dibutuhkan oleh seorang wanita untuk menjaga kecantikan dan penampilannya setiap hari, mulaidari Make up, make up tools seperti brush setdll, face care, masker , salon tools seperti alat curler, straightener, dll.   Kami menjual produk original yang kami import langsung yang kebanyakan berasal dari Korea dan US. Semua barang di Daily Beuaty House kalo menurut saya popular hanya tergantung kebutuhan konsumen pada saat itu.

Lalu bagaimana latar belakang berdirinya bisnis ini?

Dari jaman dulu sebelum masehi sampe sekarang, wanita selalu ingin tampil cantik dan mempesona. Hal itu saya yakini tidak akan berubah sampai kapanpun. Terlihat dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis alat – alat kecantikan ini memiliki tingkat sustainability nya tinggi, sehingga bisnis ini bukan bisnis musiman ataupun bisnis tren – trenan. Saya meilihat adanya peluang terhadap bisnis ini, karena seperti yang kita tahu kosmetik – kosmetik import dari Korea ataupun US dijual dengan harga yang cukup tinggi di kebanyakan mall. Bahkan kalau di daerah – daerah di luar Jakarta untuk mendapatkan kosmetik – kosmetik ini tidaklah mudah sehingga saya melihat hal ini sebagai peluang membuat sebuah online shop yang menjual berbagai kosmetik dan alat kecantikan.

Bagaimana Mbak Feli memasarkan produk yang dijual ini?

Sekarang Social Media yang tersedia sangatlah banyak, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, Blogger dan lain sebagainya sehingga percepatan penyebaran informasi sangatlah epat dan mudah.  Karena Daily Beauty House adalah sebuah online shop sehingga toko kami dapat diakses kapan dan dimana saja, kita cukup sering mendapatkan pesanan dari luar negeri seperti dari Arab Saudi, Australia, Canada dll.

Apa yang Anda lakukan untuk menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang ditawarkan?

Karena disini posisi kami sebagai online shop dapat dikatakan hanya sebagai distributor/retailer dari perusahaan – perusahaan kosmetik sehingga untuk pengenaan harga yang kami tawarkan kepada konsumen bergantung kepada harga yang ditawarkan oleh perusahaan kosmetik kepada kami. Kami juga berusaha untuk memberikan harga yang bersaing dibandingkan dengan kompetitor.

Sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Yang pertama barang di Daily Beauty House ini sifatnya ready stock. Banyak online shop serupa yang menjual produk serupa dengan system PO. Daily Beauty House juga bukan hanya menjual make up namun juga menjual make up tools seperti brush set, dll, face care, masker , salon tools dan kedepanya kami berencana untuk menjual softlens, fake lashes, dll. Kami mengambil konsep “One Stop Shopping” untuk produk – produk kecantikan. Design website juga sangat saya perhatikan. Intinya kami berusaha untuk memenuhi keinginan konsumen, yaitu lengkap, murah, ready stock, jaminan barang original, terpecaya, pengiriman cepat. Poin – poin semua kami tanampkan dalam pembuatan Daily Beauty House.

Selama menjalani bisnis ini, prestasi apa saja yang sudah pernah Anda terima?

Kalau untuk prestasi untuk Daily Beauty House ini belum ada karena Daily Beauty House juga berjalan belum teralu lama. Namun kalau untuk www.Doggielikes.com saya pernah diwawancarai dan masuk TV dalam acara SemangatPagi di Trans TV. Untuk www.koreanholicshop.com juga sudah beberapa kali diliput oleh beberapa majalah.

Lalu pengalaman paling berkesan apa yang pernah Anda peroleh selama menjalani bisnis ini?

Pengalaman berkesan yang pernah saya hadapi sangatlah banyak mulai dari yang lucu sampai yang pahit. Saya punya pengalaman dapat dikatakan lucu namun juga menyedihkan. Saya ingat dulu saya pernah mengirim barang lewat ekspedisi ke Daerah  Citra 2 di dekat Palem Lestari Jakarta Barat. Namun barang itu nyasar ke alamat yang sama, ke Citra Raya di Daerah Tangerang.

Nah, bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Market terhadap produk kecantikan masih sangatlah luas, pemainnya memang sudah cukup banyak, namun potensinya pun masih cukup besar.

Selama mengelola bisnis ini tantangan dan kendala apa saja yang Anda hadapi?

Banyak pengorbanan dan rintangan yang saya alami dari masalah import barang dari China dan Korea, masalah kerusakan pada saat pengiriman. Kalau ada barang rusak saat pengiriman walaupun bukan salah dari kita, tetap dari kita yang tanggung jawab, karena disini dalam berbisnis saya selalu berusaha menjaga kredibilitas dari good will saya.

Rencana kedepan seperti apa yang akan Mbak Feli lakukan?

Terus meningkatkan market share lewat promosi – promosi, peningkatkan kecepatan dan kualitas kinerja.

Siapa atau quote apa yang paling memotivasi Anda untuk menjadi seorang enterpreneur dan menekuni bisnis ini?

There are no secrets to success. It is the result of preparation, hard work, and learning from failure.Colin Powell

Adakah saran terbaik yang ingin Anda sampaikan seputar dunia enterpreneur ini?

Jangan pernah takut mencoba, karena kegagalan merupakan langkah awal menuju kesuksesan.

Wah, terimakasih banyak Mbak Feli untuk kesempatannya berbagi cerita seputar bisnis onlinenya. Semoga bisnis Mbak Feli semakin dan selalu sukses :)

           

  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *