Technology

Dapatkan Email Notifikasi Mikrotik dengan Netwatch

 

Loading...

Netwatch adalah salah satu fitur Mikrotik yang digunakan untuk monitoring uptime router Mikrotik kita. Fitur ini dapat anda temukan pada Winbox anda di menu Tools > Netwatch.

Di sini kita dapat menentukan host yang akan dipantau, sebagai contoh host di atas diisi dengan IP Google. Masalahnya adalah kita tidak mungkin selalu melihat Netwatch untuk melakukan aktivitas monitor jaringan. Maka kita bisa setting agar router secara otomatis mengirim email saat terjadi downtime. Sebab email bisa langsung dihubungkan dengan smartphone kita. Berikut cara-caranya:

1. Pertama kita setting dulu untuk pengiriman email pada menu Tools > E-mail

Khusus untuk Gmail, bisa disetting seperti gambar di atas. Sedangkan untuk provider lain, bisa disesuaikan dulu dengan setting pada SMTP server masing masing. Klik tombol Send Email untuk menguji pengiriman email.

2. Jika sudah berhasil, sekarang tinggal setting pada Netwatch. Double click pada setting Netwatch kita sebelumnya.

Pada tab UP, isikan command berikut

[message_box color=”blue”]

/tool e-mail send [email protected] subject=”Router UP” body=(“Router UP “.[/system clock get time].””) tls=yes

[/message_box]

Pada tab DOWN, isikan command berikut

[message_box color=”green”]

/tool e-mail send to= [email protected] subject=”Router Down” body=(“Router Down “.[/system clock get time].”Cek Now!”) tls=yes

[/message_box]

3. Untuk pengujian, kita bisa ganti-ganti nilai timeout agar bila status router down, maka secara otomatis email notifikasi akan terkirim ke email anda. Begitu pula jika status router sudah up kembali. Selamat mencoba

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *