Interviews

Dari Berjualan Pulsa, Kini Ibu Ragil Putri Sukses dengan Toko Online Fashion Aisdestore.com

 

   

Menjadi seorang Ibu rumah tangga dan juga enterpreneur bukan lagi hal yang tabu di dalam masyarakat Indonesia saat ini. Ini terbukti dengan berdirinya sebuah bisnis pribadi dari Ibu Ragil Putri Mahrita(28). Memiliki brand Aisdestore, beliau menjual berbagai perlengkapan bayi dan segala macam fashion ibu hamil dan menyusui. Jatuh bangun mendirikan dan membangun bisnis ini, tidak serta merta membuat Ibu Ragil menyerah dan meninggalkan bisnisnya ini. Berbagai prestasi sudah beliau sandang dan Ibu Ragil masih memiliki banyak mimpi besar untuk memajukan bisnisnya ini.

Selamat sore Ibu Ragil, sebelumnya bisa diceritakan dulu tentang bagaimana latar ibu menjadi seorang enterprenuer?

Pertama kali masuk ke dunia enterpreneur adalah saat pertama kali ditawari teman untuk menjual pulsa. Dari situ memancing keinginan saya untuk menjual barang lain yang bisa menghasilkan uang. Setelah menikah dan punya anak, keinginan untuk mandiri/non kerja kantoran semakin kuat. Segala usaha dilakukan, mulai dari membuka warung bakso yang setelah 3 bulan, tapi langsung tutup,  rental PS, jual ayam potong segar, sampai saya menemukan passion di bidang fashion.

Dari banyak jenis usaha, sekarang memilih untuk fokus ke bisnis fashion. Lalu sebenarnya bagaimana Aisdestore.com itu sendiri Bu?

Saat ini saya lebih fokus untuk perlengkapan bayi dan fashion ibu hamil menyusui. Produk yang saya produksi adalah Gendongan Bayi, Bedong bayi, singlet jumper, baju hamil menyusui.

Pada awalnya saya hanya menjadi reseller merek produk lain, terus Allah mempertemukan saya dengan konveksi yang bisa diajak kerjasama. Alhamdulillah sampai sekarang saya produksi sendiri semua yang saya jual. Untuk pemasaran produk saya ini, saya menggunakan toko online, sosial media dan door to door babyshop area Jakarta, Depok dan Bogor.

Dalam menyeimbangkan harga produk dengan kualitas, saya menggunakan patokan harga selain dari harga modal itu sendiri. Saya berpatokan juga dengan harga produk sejenis dari merek lain.

Menjadi seorang enterpreneur, apa saja pengorbanan yang pernah Anda berikan?

Harus beradu perasaan dengan orang tua, yang ingin anaknya menjadi pegawai kantoran karena sudah sekolah mahal. Merasa kurang berbakti karena awal usaha belum memiliki gaji yang bisa diberikan untuk orang tua.

Apasih sentuhan yang membedakan bisnis Ibu ini dengan bisnis lainnya yang memiliki konsep serupa?

Semua barang yang saya jual memiliki kualitas terbaik. Saya akan menggunakan barang ini maka saya berani jual kepada para pelanggan.

Sebagai seorang enterpreneur yang bukan lagi pemain baru, apa saja prestasi yang sudah diterima oleh Ibu Ragil ini?

Saya pernah mengikuti pameran di Pekan Raya Jakarta, pameran di Wirausaha Mandiri, liputan majalah Peluang Wirausaha, liputan Depok TV.

Wah, banyak sekali ya Bu. Lalu pengalaman apa saja yang menurut Ibu paling berkesan?

Pengalaman paling berkesan apa yang pernah saya alami selama menjalankan bisnis ini adalah dari yang pernah rugi puluhan juta, memulai dari 0 lagi, hingga sekarang punya toko offline dan online. Saya juga sudah bisa memberikan gaji untuk karyawan, membahagiakan orang tua. Itu merupakan pengalaman dan kebahagiaan tersendiri bagi saya.

Saat ini bagaimana Ibu menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Bagi saya pasar online yang ada saat ini masih sangat luas. Itu sebabnya jika ingin sukses di dunia online, kita harus selalu belajar dan berkembang sesuai perkembangan jaman dan teknologi yang berkembang.

Apa saja kendala dan tantangan yang pernah Ibu hadapi?

Saya pernah ditipu oleh sebuah supplier, saya mendapati beberapa kain gulung cacat. Tidak bisa ditukar karena supplier tidak bertanggung jawab. Saya menganggap ini ujian naik kelas. Kain saya biarkan, saya mengumpulkan modal lagi sedikit demi sedikit. Lalu mencari supplier kain yang lainnya.

Selain itu saya pernah mengalami produksi produk yang tersendat, karena mitra konveksi sedang ada masalah. Sempat kosong tidak bisa produksi selama 3 bulan. Ternyata mengandalkan 1 konveksi adalah salah, sekarang saya kerjasama dengan 5 konveksi berbeda.

Lalu apa rencana Anda kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Saya akan terus memperkuat promosi online toko saya. Saya juga akan menambah jumlah karyawan yang lebih profesional dibidangnya, seperti online marketing, web designer dan lain sebagainya. Ini untuk lebih menunjukkan profesionalitas toko online kami.

Jika boleh tahu nih Bu, siapa sih tokoh yang memotivasi Anda dalam menjalankan bisnis ini?

Saya sangat mengidolakan Bang Jay dengan quote menariknya yaitu “The Power Of Kepepet”. Saat keadaan menghimpit, kita diharuskan menjadi lebih kreatif dalam menghadapi masalah. Itu yang membuat saya menjadi dan semakin bersemangat dalam menjalankan bisnis ini.

Untuk yang terakhir nih Bu, saran apa yang ingin ibu sampaikan kepada para pembaca dan enterpreneur lain di luar sana?

Mulailah dari yang terkecil, mulai dari yang sekarang. Jangan menyerah saat ada permasalahan, karena itu adalah sebuah ujian hidup untuk naik kelas.

Wah terimakasih Bu untuk kesempatannya kami wawancarai. Semoga semakin dan selalu sukses dengan bisnis Aisdestore.com nya :)

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *