Interviews

Dari Seorang Karyawan, Kini Ibu Minarni Ervina Sukses Membangun Toko Online Fashionandcinta.com

 
  • 1
    Share

Loading...

Menjadi seorang karyawan pada suatu perusahaan ternyata tidak membuat Ibu Minarni Ervina puas. Ia selalu menginginkan sebuah kebebasan dalam setiap yang ia kerjakan, salah satunya yaitu dalam perwujudan yang ia lakukan saat ini, yaitu menjadi seorang enterprenuer. Fashionandcinta.com merupakan sebuah toko online produk fashion khusus wanita yang beliau dirikan. Ini menjadi salah satu perwujudan terhadap hobby berbelanjanya. Dan ternyata saat ini kesenangan itu mampu menghasilkan. Dan berikut ini cerita sukses Ibu Minarni selanjutnya:

Selamat sore Ibu Minarni, sebelumnya apa itu Fashionandcinta? Dan bagaimana latar belakang berdirinya Bu?

Fashionandcinta.com menyediakan kebutuhan untuk para pecinta fashion dengan tetap memperhatikan kualitas. Arti daripada nama fashionandcinta lebih kepada para wanita yang cinta belanja atau gandrung dengan fashion.  Produk yang kami jual sudah mencapai hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Latar belakang bisnis ini dimulai dari kesenangan saya terhadap produk fashion tertentu, yang artinya kualitas bahan tersebut harus ok dan nyaman dipakai tetapi harga juga masih terjangkau.

Lalu bagaimana cara Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Untuk kualitas produk yang kita jual sudah melalui seleksi dimana kami hanya menjual produk dari beberapa principal tertentu. Rata-rata harga yang kami tawarkan lebih terjangkau dibandingkan  dengan produk sejenis dengan kualitas yang sama yang dijual di butik atau department store ternama. Jadi sudah bisa dipastikan sekalipun harga yang kami tawarkan terjangkau, tapi kualitas yang kami berikan sudah bisa dipastikan yang terbaik.

Bagaimana latar belakang ibu masuk ke dunia enterpreneur ini?

Sebelumnya saya bekerja sebagai karyawan di kantor, dimana waktu sangat terikat dan betapa target perusahaan sangat menguras waktu dan energi. Perusahaan cenderung membebani karyawan dengan project – project perusahaan yang harus dicapai.  Sebagai karyawan kita juga sangat terbatas dengan penghasilan bulanan yang didapat dari kantor. Sebelum akhirnya keluar dari pekerjaan, saya sudah merintis usaha ini.

Apasih pengorbanan yang pernah ibu lakukan untuk bisa menjadi seorang enterpreneur ini?

Mungkin jika menurut saya, pengorbanan yang saya lakukan adalah dengan melepaskan penghasilan rutin dan membuat penghasilan sendiri.

Nah, dari produk yang ibu tawarkan. Apa yang paling banyak dicari oleh pelanggan? Dan apa yang membedakan bisnis ibu dengan bisnis lain yang sama?

Produk atasan remaja maxi dress dan cardigan adalah produk yang paling sering dicari. Dan menurut saya produk yang kami jual dijamin kualitasnya. Pemahaman yang baik atas jenis bahan juga sangat membantu komunikasi yang baik sehingga dapat menjaring pelanggan yang loyal. Jadi ini yang membedakan toko online saya dengan toko online lainnya.

Lalu apa saja prestasi yang sudah pernah Ibu raih selama menjalani bisnis ini?

Saya berhasil membina kemitraan dengan pembeli dari luar kota yang membeli secara rutin dalam partai yang besar. Selain itu fashionandcinta memiliki pelanggan tetap yang rutin belanja setiap ada produk baru.

Pengalaman apa yang menurut Ibu paling berkesan selama menjadi enterpreneur ini terkait dengan pelanggan?

Ada beberapa calon pembeli yang sangat selektif dan ragu-ragu ketika melakukan transaksi. Setelah berkomunikasi berkali-kali akhirnya beli dan menjadi pelanggan yang selalu belanja setiap ada produk baru.

Wah jadi tidak sia – sia ya Bu. Bagaimana nih penilaian Ibu terhadap lingkup market yang ada saat ini?

Pangsa pasar produk fashion khususnya di Indonesia akan terus bertumbuh dan semakin besar. Pelaku bisnis online masih akan tetap bertahan mengingat negara kita adalah negara kepulauan yang sebagian besar sentra bisnis hanya ada dibeberapa kota besar khususnya pulau Jawa.  Selain jumlah penduduk yang banyak sebagai pasar yang potensial,  busana saat ini bukan hanya sekedar kebutuhan pokok, tapi trend mode juga menjadi sebuah hal yang wajib untuk diikuti. Menurut saya pribadi sebagai pelaku bisnis online, ada banyak impact positif yang terjadi seperti ikut menggerakkan ekonomi baik melalui tenaga packing,  jasa antar barang lokal, ataupun melalui jasa pengiriman professional.

Apa saja nih tantangan dan kendala yang pernah Ibu hadapi?

Tantangan yang selalu saya hadapi adalah menyamakan persepsi atau pemahaman akan jenis bahan produk yang kami jual dengan apa yang dipikirkan oleh calon pembeli. Selain itu banyaknya penjual online yang tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang jenis bahan baju yang dijual, atau hanya menjual produk yang kelihatan bagus dikatalog, dan pembeli yang kecewa karena produk tidak seperti yang diharapkan sehingga menimbulkan persepsi yang kurang menyenangkan di masyarakat terhadap penjual busana online lainnya.

Lalu apa rencana Ibu kedepannya untuk mengambangkan bisnis ini?

Selain menambah variasi dari produk, kami juga ingin memgembangkan web kami lebih baik lagi karena kami menjual secara online.

Wah jadi benar – benar ingin terjun ke dunia online ya Bu? Dan apa atau siapa sih orang yang paling memotivasi Ibu dalam menjalankan bisnis ini?

Jika memotivasi saya, saya memiliki favorit quote yaitu good thing comes to those who wait.

Apakah Ibu ingin berbagi saran kepada para pelaku bisnis online lainnya? Jika iya, apa itu?

Jangan takut untuk membuka usaha sendiri, mulailah dari hal yang Anda suka dan lakukan survey kecil-kecilan sebelum Anda memulai bisnis Anda.

Wah terimakasih Bu sudah menyempatkan waktunya kami wawancarai seputar bisnis Ibu ini. Semoga Fashionandcinta.com semakin dan selalu sukses. :)

 

Loading...

  • 1
    Share

4 komentar

  • 9 Juni 2014 - pukul 19:59

    Sangat menginspirasi… Saya masih harus banyak belajar untuk bisa meraih hati konsumen. Terimakasih atas share tulisannya..

  • 9 Juni 2014 - pukul 20:03

    Sangat menginspirasi… saya masih harus banyak belajar. terimakasih sudah share. artikel sangat bermanfaat

  • 9 Juni 2014 - pukul 20:04

    Terimakasih atas sharenya

    • Administrator
      10 Juni 2014 - pukul 7:55

      Terimakasih kembali :) Semoga bermanfaat

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *