Technology

Ilmu SEO Dasar yang Bisa Diterapkan di Website Anda

 

Loading...

Sebagus apapun website yang kita miliki dan artikel yang kita posting, tidak akan berarti jika tidak banyak orang yang mengunjungi, melihat dan membaca isi website kita. Seperti mutiara dalam lumpur, indah dilihat namun tidak banyak yang mengetahui. Makanya website anda perlu posisi yang bagus dan stabil dalam halaman pencarian. Berikut adalah beberapa hal penting yang dapat anda lakukan:

1. Riset keyword

Sebelum membuat artikel, kita harus riset dulu keyword apa yang bagus dalam pencarian dan sedikit dalam persaingan. Setelah mendapatkannya maka buatlah artikel yang menarik dan terstruktur sesuai keyword tersebut. Jangan berlebihan karena akan membuat pembaca tidak nyaman. Buatlah artikel dengan keyword yang natural dan bersifat informatif sehingga menambah pengetahuan pembaca.

2. Spesifikasi artikel

Algoritma Google yang baru lebih menyukai artikel yang panjang, informatif dan natural. Sehingga kita perlu untuk membuat artikel dengan jumlah kata minimal 400 kata. Dalam pembuatan artikel, hindari pembahasan yang diulang-ulang. Jangan bertele-tele dan masukan poin-poin yang penting saja. Quality Content saat ini adalah fokus yang harus anda kembangkan. Website dengan banyak artikel berkualitas akan mendapatkan nilai positif. Baik dari Google maupun visitor.

3. SEO on Page

SEO (Search Engine Optimization) on Page adalah penerapan SEO di dalam artikel itu sendiri. Yakni menggunakan internal link ke homepage dan related post yang disisipkan dalam artikel itu sendiri. Penerapan SEO on page yang benar pada artikel anda akan membuatnya lebih kuat dan stabil di persaingan dan membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel lain di website sehingga menghindari terjadinya bounce rate yang tinggi.

4. Hindari spam backlink

Dulu saat Google belum memiliki algortitma baru, spam backlink yang berlebihan bisa membuat posisi artikel dan website kita meroket. Namun perlu anda tahu bahwa Google sudah melakukan perubahan algoritma. Penggunaan backlink yang berlebihan malah akan menjadi bumerang yang memukul balik website kita di hasil pencarian. Maka buat backlink yang berkualitas dan senatural mungkin, rutin dan tidak membabi buta. Google lebih suka semua yang terlihat alami dan natural.

5. Keep it natural

Sosial media seperti FB, Twitter dan lain sebagainya bisa menunjang trafik anda. Namun mendapatkan trafic dari sini dianggap bukanlah trafic yang alami. Sehingga tidak berpengaruh apa-apa di Google. Maka begitu pula dengan Social Bookmark. Trafik yang dihasilkan keduanya dianggap bukan visitor alami yang memang mencari informasi. Sementara Google lebih menyukai sumber trafic yang alami dan natural dari Search Engine. Jadi buatlah semua natural dan alami. Tidak perlu ngotot.

6. Konsiten dan fokus

Ilmu SEO saat ini ya berkutat di sini. Website yang rutin update setiap hari akan dinilai bagus oleh Google. Ranking Alexa akan langsing secara alami. Page rank akan meningkat secara natural. Maka jadikan diri anda konsisten untuk update artikel berkualitas yang disukai pembaca. Perlahan website Anda akan memiliki posisi yang baik di halaman pencarian.

Semoga berhasil ;-)

Loading...

4 komentar

  • 24 September 2013 - pukul 13:00

    SEO memang rumit

  • 2 November 2013 - pukul 20:35

    makasi atas informasinya, sangat membantu walau kadang bikin pusing sendiri :D

    • Administrator
      3 November 2013 - pukul 19:42

      good luck mas ;-)

  • 10 Februari 2014 - pukul 16:14

    Gak Cukup 2 Bulan gan buat belajar SEO :'(
    adakah SEO On page manual buat website pribadi ?

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *