Technology

Elemen Penting dalam Desain Website E-Commerce

 

Desain Website E-commerce – Website berperan penting dalam membentuk kesan pertama seseorang terhadap brand Anda. Tak terkecuali desain website e-commerce. Jika tidak didesain dengan tepat, maka pebisnis berpotensi kehilangan calon customer karena website yang tidak didesain dengan benar.

Elemen-elemen desain pada website seperti warna, tulisan, dan lainnya akan membentuk identitas brand yang Anda miliki. Anda perlu untuk memilih elemen-elemen tersebut dengan penuh pertimbangan dan pastikan setiap elemen konsisten di seluruh halaman website.

Mebiso dan Sirclo telah berkolaborasi dalam merangkum sejumlah elemen penting yang perlu Anda perhatikan dalam mengelola desain website e-commerce berikut ini.

Perhatikan warna desain website e-commerce Anda

Tentukan beberapa warna untuk brand yang selaras dengan logo dan elemen identitas brand lainnya. Anda bisa menggunakan warna tersebut di website e-commerce. Jika dimulai dari awal, Anda bisa memilih warna berdasarkan asosiasi warna.

Misalnya, Anda ingin menonjolkan kepercayaan dalam brand, maka Anda bisa menggunakan warna biru. Jika Anda ingin konsumen berpikir bahwa brand Anda menghasilkan produk berkualitas premium, Anda bisa menggunakan warna hitam untuk membentuk citra tersebut. Jadi, Anda bisa memilih warna berdasarkan emosi atau kesan yang ingin ditampilkan ke calon customer.

Pilih layout desain website e-commerce yang tepat

Aturan pertama dalam mendesain layout website adalah pastikan agar tata letak website sederhana, bersih, dan didesain sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian pengunjung ke bagian yang paling penting.

Bayangkan jika website memiliki layout yang berantakan dan kacau. Tentu pengunjung akan merasa bingung dan akhirnya meninggalkan website. Maka itu, usahakan agar desain website jelas dan mudah dimengerti. 

Untuk memudahkan target customer misalnya, Anda dapat mendesain navigasi bar (bar berisi menu-menu navigasi untuk memudahkan pengunjung melihat halaman tertentu) yang user-friendly. Biasanya navigasi bar diletakkan di bagian atas website. Apabila website Anda memiliki banyak halaman penting, Anda bisa menggunakan menu drop down. 

Jangan remehkan font

Dalam memilih font, hal pertama yang harus diingat adalah font harus mudah dibaca dan terlihat jelas pada warna latar website yang dipilih. Namun, pemilihan font ini juga harus bergantung pada target audiens bisnis Anda. 

Misalnya apabila targetnya anak muda, Anda bisa menggunakan font yang lebih menyenangkan dan bergaya. Sementara untuk orang yang lebih tua, Anda mungkin bisa menggunakan font yang sederhana dan lebih mudah dibaca.

Font juga juga harus mencerminkan persona brand dan apakah Anda ingin menampilkan kesan brand yang profesional atau menyenangkan. Tujuannya adalah agar keseluruhan elemen identitas dan persona brand yang dibangun konsisten di seluruh channel dan mudah dikenali oleh customer.

Selalu perhatikan aksesibilitas

Pastikan agar desain website Anda mudah diakses di berbagai perangkat. Apalagi saat ini sebagian besar orang mengakses informasi melalui smartphone. Maka dari itu, sebaiknya desain website Anda juga mobile-friendly.

Selain mengenai perangkat, pastikan juga pengunjung bisa mengakses informasi-informasi penting dengan mudah seperti produk, informasi bisnis, dan kontak. 

Navigasi yang mudah juga mendukung desain website e-commerce Anda

Salah satu manfaat terbesar dari desain website yang bagus adalah dapat membantu pengunjung menavigasikan situs dengan mudah. Tujuan akhir setiap orang yang mengunjungi situs website adalah menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat. 

Tampilkan informasi-informasi penting di halaman awal. Hindari membuat pengunjung harus mengunjungi berbagai halaman terlebih dahulu untuk akhirnya mendapatkan informasi utama yang mereka cari. 

Semakin user-friendly website Anda, semakin besar kemungkinan orang akan terlibat dengan konten website dan mengambil tindakan sesuai yang diarahkan. Desain situs web yang baik bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik, yang pada akhirnya dapat diterjemahkan menjadi konversi.

Desain website merupakan hal yang penting dan sebaiknya tidak diabaikan oleh pebisnis. Website yang didesain dengan baik dapat membantu pebisnis membentuk kesan yang juga baik pada calon pelanggan serta memberikan pengalaman yang baik bagi customer. Hal ini juga membantu Anda menarik leads berkualitas dan meningkatkan konversi.

Konten ini telah dipublikasikan di Sirclo. Kunjungi Sirclo untuk tips dan strategi pemasaran serta e-commerce lainnya!
(dok. Pexels)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *