Interviews

Dimas Ginanjar Merdeka, Founder Keripik Maicih yang Sukses dengan Program Peduli Lingkungan

 
  • 89
    Shares

Loading...

Dimas Ginanjar Merdeka (28), pendiri sebuah produk makanan yang sangat digandrungi oleh masyarakat banyak. Siapa yang tidak mengenal Maicih, keripik Maicih yang sudah membius banyak kalangan dengan rasanya yang istimewa. Dalam kesempatan ini Mas Dimas bersedia membagi ceritanya tentang Kripik Maicih kepada para pembaca mebiso. Berikut ini kisahnya :

Hai Mas Dimas, bisa diceritakan awal anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Saya mulai serius masuk dunia entrepreneur saat di bangku kuliah di tahun 2003.

Untuk latar belakang pendidikan Mas Dimas sendiri apa ya?

Saya Kuliah di Administrasi Niaga UNPAR Bandung tahun 2003 namun berhenti studi tahun 2005.

Pada saat Mas Dimas menjalani bisnis ini, pengorbanan terbesar apa yang sudah Mas Dimas lakukan untuk bisnis ini?

Setiap hari adalah perjuangan dan pengorbanan, menaklukkan ketakutan diri sendiri setiap harinya. Jika ditanya yang terbesar, sepertinya adalah menjadi entrepreneur dengan tujuan membantu perekonomian keluarga dan meninggalkan bangku kuliah di tahun 2005.

Bisa diceritakan sedikit mengenai produk apa saja yang ditawarkan oleh Usaha ini? Dan ide pendiriannya sendiri dari mana?

Bisnis saya hari ini adalah makanan dengan produk Keripik Maicih. Ide awal dari kesukaan saya makan keripik singkong pedas sedari kecil yang akhirnya timbul ide untuk menjualnya menjadikan sebuah bentuk bisnis. Saya memulai dari tanggal 10 Juni 2010 lewat medium social media Twitter menjual pada teman-teman dekat.

Jika dibandingkan dengan usaha lainnya yang memiliki konsep serupa. Apa yang membuat keripik Maicih memiliki nilai yang berbeda?

Keripik Maicih berbeda karena terus melalukan inovasi dan mempunyai program peduli lingkungan, budaya, anak muda positif dengan aksi 1 coin 1 leaf dan juga aksi sosial lainnya. Program 1 coin 1 leaf, yaitu Menyisihkan Rp.100 dr setiap penjualan Kripik Maicih untuk kelestarian lingkungan.

Wah, cukup inspiratif ya Mas. Lalu prestasi terbaik apa yang sudah anda dapatkan selama menekuni bisnis ini?

Prestasi terbaik yang saya rasakan dari usaha Maicih sampai hari ini adalah bisa melihat karyawan dan patner seperti distributor dan reseller Maicih di manapun berada mempunyai kehidupan yang lebih baik karena usaha ini dan dapat memberi manfaat untuk pelestarian lingkungan dan budaya.

Untuk Mas Dimas sendiri, bagaimana anda menilai ruang lingkup market sekarang? Dan bagaimana bisnis anda mengubahnya? Dan tantangan apa saja yang Mas Dimas hadapi selama menjalani bisnis ini?

Ruang lingkup market ini masih sangat potensial ke depan karena banyak orang pada umumnya apalagi orang Indonesia mempuyai kebiasaan ngemil atau jika makan berat sering ditambah keripik dan kerupuk. Maicih mengubah paradigma tentang bisnis keripik dengan unsur tradisional menjadi bisnis yang mampu berbicara di kancah global.

Tantangan yang kami hadapi adalah plagiat atau peniru, yang kami upayakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memiliki merek dagang dari Depkumham RI dan ini mengukuhkan bahwa Maicih sebagai usaha mempunyai dasar hukum yang kuat, kemudian terus melakukan inovasi yang berbasis konsumen sehingga tercipata loyalitas tinggi terhadap brand Maicih.

Jika berbicara mengenai rencana kedepan. Kripik Maicih sendiri memiliki rencana ke depan yang bagaimana menurut Mas Dimas?

Rencana ke depan kami akan mengembangkan Maicih ke skala yang lebih besar baik pasar modern maupun tradisional dan juga pasar luar negeri seperti Singapore Malalysia dan Australia dengan memiliki kantor cabang di sana, kemudian dalam waktu dekat akan dikembangkan usaha konsep resto Maicih dan Maicih clothes dengan konsep berbagi (sosial) untuk orang yang membutuhkan menjadi fokus utama.

Apakah Mas Dimas memiliki tokoh yang menjadi motivasi? Atau Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Motivasi terbaik datang dari diri sendiri untuk orang-orang yang kita cintai seperti anak istri dan orang tua kita, itulah alasan kenapa kita bisa terus maju karena kita berjuang untuk mereka, Tak perlu cari motivasi dari pengusaha atau orang sukses di luar, lihatlah ke dalam, untuk siapakah kita berjuang ? Berjuanglah untuk orang-orang yang kita cintai, kekuatan kita akan berlipat ganda. Dan nantinya lebih jauh, ketika orang-orang yang kita cintai sudah mempunyai kehidupan yang lebih baik, kita mulai bisa pikirkan orang lain yang membutuhkan pertolongan kita. Lakukan kebaikan demi kebaikan setiap hari, jadilah manfaat untuk lingkungan sekitar !

Untuk yang terakhir nih Mas Dimas. Saran apa yang bisa anda berikan sebagai seorang enterpreneur kepada para enterpreneur atau para pembaca?

Sarannya luruskan niat untuk lakukan kebaikan demi kebaikan lewat dunia entrepreneur, Allah pasti menolong kita dalam setiap rintangan apapun. Berdoa dan terus berusaha agar lebih banyak bangkitnya daripada jatuhnya. Selamat berjuang ! :)

Wah terimakasih Mas Dimas yang sudah menyempatkan waktunya untuk kami wawancarai. Sangat inspiratif sekali cerita dari Mas Dimas ini. Semoga Kripik Maicih semakin sukses :)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

Loading...

  • 89
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *