Interviews

Diremehkan Bukan Halangan untuk Sukses Membangun Startup AnDong

 
  • 4
    Shares

   

Jangan kira jika startup hanya mereka yang bergerak di bidang teknologi dengan menciptakan berbagai aplikasi canggih untuk smartphone. Bagi sebagian kecil orang yang memiliki kreativitas tinggi tentu bisa melihat banyak peluang dari dunia startup ini. Salah satunya yaitu Ananda Dwi Putri Puspita Lasim(22) yang merupakan lulusan S1 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya(2014).

Bersama kedua rekannya, ia memiliki pemikiran yang sangat tidak biasa, yaitu menyediakan media bagi para UKM untuk mempromosikan produk mereka dan juga fasilitas untuk pengiriman barang. Seperti apa sih startup Anterin-dong.com ini? Ini dia cuplikan wawancara kami dengan pemilik Anterin-dong.com.

Anterindong

Banyaknya startup bermunculan, Apa sih Anterin-dong.com itu?

Anterin-dong.com sendiri merupakan sebuah startup teknologi yang bergerak di bidang jasa kurir pengiriman barang. Awal mulanya karena kami berfikir bahwa jumlah UKM saat ini sudah semakin bertambah. Mereka tentu saja membutuhkan media untuk mempromosikan bisnis mereka. Salah satunya tentu dengan foto product yang mereka jual. Di sini kami berfungsi sebagai media yang membantu mereka mempromosikan produk di berbagai sosial media yang kami miliki. Selain itu Anterin-dong.com juga memudahkan UKM dalam proses pengiriman barang, dengan menyediakan pickup lalu mengirimnya ke pembeli.

Saat ini kami sedang ada project sosial, dimana kami akan membantu seluruh masyarakat di Surabaya yang ingin mendonasikan/menyumbangkan barang atau yang lainnya dengan biaya pengiriman secara cuma-cuma, dan kami akan mengirimkan donasi/sumbangan tersebut kepada Yayasan, Panti atau yang lainnya sesuai dengan permintaan.

Lalu latar belakang Anterin-dong.com sendiri apa? Bukankah sudah ada media yang sama fungsinya dengan startup ini?

Bisnis ini kami bangun karena pengalaman pribadi saya melakukan pemesanan sepatu, saat itu pengirimannya terlambat dan ternyata hal tersebut juga pernah dialami oleh rekan-rekan saya. Kebetulan kan saya dan rekan saya juga seorang pebisnis, dimana saat menjalankan bisnis kami sering kualahan dalam pengiriman barang, kalo kami ingin mengirimkan barang, kami harus datang ke tempat pengirimannya baru barang akan dikirim, tetapi normalnya pengiriman barang dalam 1 kota memerlukan waktu 2-3 hari, jika itu tidak terjadi keterlambatan. Sedangkan sebagai pebisnis kami tidak ingin menghabiskan waktu untuk datang ke tempat jasa pengiriman A atau B, kami ingin tetap fokus pada bisnis kami dan saat ada pengiriman, kami ingin ada kurir yang mengambil barang dan mengirimkannya sesuai alamat pengiriman, akhirnya kita bikin Anterin Dong.

Jika begitu adakah paket yang disediakan sama seperti Jasa pengiriman barang lainnya? Lalu bagaimana dengan harganya?

Tentu saja, Untuk paket pengiriman kita ada 2 macam, yaitu One Day Service dan Urgent. Untuk One Day Service kami akan mengirimkan barang yang dikirimkan pada hari yang sama dengan estimasi 1-24 jam dari waktu pick up, sedangkan pada paket Urgent kami akan mengirimkan barang 2-4 jam setelah barang dipickup oleh kurir. Mengenai harga, kami memberikan harga yang sangat terjangkau dibanding ekpedisi lain dan tentunya kami akan memberikan kualitas pelayanan terbaik.

Bergerak di bidang jasa adakah hal menarik yang Anda alami selama menjalani startup ini?

Pengalaman yang paling berkesan menurut saya adalah saat membangun kepercayaan pelanggan, dimana saat itu kami menangani salah satu pelanggan yang mungkin bisa dikatakan cerewet ya. Ketika itu barang baru saja di pickup dengan jarak pengiriman yang ditempuh sangat jauh belum lagi Surabaya sangat macet kan, nah belum satu jam dari barang di pickup pelangaan sudah minta barangnya sampai, nah itu yang membuat saya sangat berkesan. Selain itu pengalaman berkesan lain terjadi beberapa waktu yang lalu saat kami ikut pameran, kami mendapatkan feedback langsung dari masyarakat mengenai Anterin Dong, senang sekali rasanya karena selama ini kami belum melakukan riset pasar secara detail, kami hanya melakukan riset seadanya dulu, dan ternyata kemaren kami mendapatkan banyak feedback positif dari masyarakat.

Wah, tantangan ya berarti mbak. Lalu adakah lagi tantangan yang membuat mbak bersemangat untuk terus mengembangkan startup ini?

Saat kami belum memiliki pemasukan tapi kami harus melakukan promosi. Tantangannya itu bagaimana caranya melakukan promosi tanpa kami harus mengeluarkan biaya sepeserpun namun kami dapat membantu orang. Selain itu saat kami masih bekerja pada suatu perusahaan kami harus melakukan survey, padahal jam kerja kami dari jam 8 pagi sampai 5 sore, gak mungkin kan kalo kami harus melakukan survey di tengah malam, jadi itu merupakan tantangan terbesar bagi saya.

Di tengah persaingan startup teknologi seperti ini, strategi apa sih yang akan dilakukan untuk Anterin-dong.com?

Pertama kami akan melakukan develop pada website Anterin Dong sesuai dengan kebutuhan layanan, seperti sosial media dan ecommerce kemudian selanjutnya kami juga ingin melakukan develop pada Android agar bisa memudahkan orang untuk melakukan tracking pengiriman.

Nah, sebagai pemula dalam dunia bisnis. Antering-dong.com pernah mengalami kegagalan seperti apa nih? Bisa diceritakan :)

Saat bulan-bulan awal Anterin Dong launch, kita sudah siapkan 5 orang kurir padahal saat itu untuk pengiriman per bulan mungkin sekitar 5 aja, sehingga kita tidak dapat memberi reward dalam jumlah yang banyak kepada kurir Anterin Dong atau yang biasanya kita sebut Sahabat Anterin Dong.

Lalu apa nih yang membuat Anterin-dong.com bisa bangkit lagi setelah pernah gagal?

Anterin Dong sering di remehin sih, tapi sebenernya bukan di remehin melainkan motivasi dengan cara dan bentuk yang berbeda dari umumnya. Dan dulu kami sering banget mengalami itu dan akhirnya kami sadar bahwa tidak mungkin jika kami harus mengganti ide untuk membuat bisnis lagi seperti yang pernah terjadi sebelumnya sehingga kami embali bangkit dan berusaha semaksimal mungkin agar Anterin Dong bisa sustain dan dikenal banyak orang.

Wah hebat ya. Inovasi yang menciptakan perubahan memang tidak mudah dilakukan. Tapi Anterin-dong.com bisa membuktikan sanggup. Semoga selalu sukses ya :)

                              
Loading...

  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *