Technology

Domain adalah Investasi Jangka Panjang. Kenapa Bisa Begitu?

 

Loading...

Domain adalah salah satu kebutuhan bagi para pemilik website. Begitupula bagi para pebisnis online yang menggunakan website toko online. Entah bagaimana bisa, tapi domain sudah bisa dan bahkan selalu menjadi ciri khas dari sebuah website. Mulai dari nama merek hingga menjadi bahan branding dimanapun dan dalam media apapun nantinya.

Dan seperti yang kita ketahui nama domain adalah nama yang sangat sensitif ketika kita ingin membuat dan mematenkannya. Karena nama domain di seluruh dunia hanya ada 1 dengan ekstensi yang sama. Nama domain tidak akan mampu dibuat sama, sehingga kita benar – benar bisa mematenkan nama domain sesuai dengan nama merek dagang bisnis kita.

Nama domain yang tidak bisa disamakan, tapi tidak membuat pihak yang tidak bertanggungjawab menyerah. Karena nama domain bisa sama dengan ekstensi yang berbeda. Seperti misalkan domainsaya.com, domainsaya.net dan domainsaya.org. Itulah terkadang yang menjadikan kita was – was atas nama domain yang sudah kita buat dan kita patenkan.

Ketakutan itu bisa berupa kemungkinan adanya nama merek yang sama dengan ekstensi nama domain yang berbeda. Dampaknya tentu tidaknya sedikit, karena dengan nama dagang yang sama, kita bisa saja masuk ke rana hukum ketika salah satunya melaporkan bahwa sudah memiliki hak paten atas nama itu.

Lalu apakah kita harus menggunakan semua jenis ekstensi nama domain untuk mengamankan nama domain kita? Tentu saja tidak, karena ekstensi nama domain memiliki aturan penggunaan masing – masing. Jadi kita bisa menggunakan beberapa ekstensi nama domain baik TLD maupun ID untuk digunakan menjadi nama domain website kita. Tentu saja ini kembali pada pertimbangan harga yang nantinya harus dibayarkan. Karena tidak setiap bisnis membutuhkan lebih dari 1 jenis nama domain berbeda ekstensi. Dan ini kembali kepada kebutuhan masing – masing usaha atau bisnis kita.

Nama domain jugalah yang membuat kita harus mematenkan merek ke lembaga atau badan khusus, yaitu Hak Kekayaan Intelektual. Nama domain yang menggunakan nama dagang atau nama merek memang memudahkan kita untuk melakukan branding. Tapi jika tidak segera dipatenkan, bisa jadi kita kehilangan nama merek, nama domain dan juga hak patennya.

Nah, tidak ada salahnya ketika Anda juga mulai mengamankan nama domain website Anda dengan memiliki lebih dari 1 nama domain, sebagai cadangan, terutama ketika website tersebut memang berhubungan langsung dengan bisnis Anda. Nama domain, merek dan juga hak kekayaan intelektual harus segera Anda miliki. Tentu saja untuk lebih memudahkan Anda berbisnis dan juga bisa menjadi salah satu investasi berharga jangka panjang bisnis Anda. :)

Jika Anda takut memakan biaya mahal untuk domain website, di Jagoanhosting Anda bisa mendapatkan harga yang lumayan miring. Karena sat ini domain .com di Jagoanhosting hanya dihargai 94.500 dan untuk domain TLD lainnya, Anda bisa mendapatkan harga yang cukup menarik. Coba saja!

Baca juga:

Mana yang Lebih Penting: Nama Domain atau Merek?

9 Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Apa sih Manfaat Punya Email dengan Nama Domain Sendiri?

Loading...

2 komentar

  • adhi
    4 Mei 2015 - pukul 14:23

    Halo,

    Saya mau tanya, misalnya saya punya domain abcd.com dan abcd.id, domain mana yang saya gunakan dan domain mana yang saya direct? atau tidak perlu di direct, tapi fokus pada satu domain saja?

    thanks

    • Administrator
      4 Mei 2015 - pukul 15:47

      menurut saya tergantung kebutuhan Bapak ketika ingin membandring juga. 1 domain bisa dijadikan domain utama website, dan domain lainnya bisa di redirect, untuk mencegah diklaim oleh orang lain dan supaya kita bisa melakukan branding lebih baik lagi :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *