Technology

Download Tweet Anda dengan Twitter Archive

 

Twitter telah built-in dengan fitur yang memungkinkan Anda mengunduh semua tweet dari sejak pertama kali anda memiliki akun. Namanya Twitter Archive. Dengan demikian, anda dapat membaca-baca tweet-tweet anda secara offline. Barangkali jika anda ingin melakukan rekap terhadap kegiatan sales dan marketing anda, atau identifikasi terhadap sejuah mana kegiatan SMO (Social Media Optimization) anda, atau sekedar iseng saja mendokumentasi tweet-tweet karya masterpiece anda. Bisa. Caranya mudah kok. Mari kita mulai dari nomor 1.

1. Silakan login ke akun Twitter anda.

1-twitter-archive

2. Klik pada icon gear (setting), kemudian pilih menu Setting.

2-twitter-archive

3. Scroll down sampai ketemu bagian Request Your Archive. Klik tombol tersebut.

3-twitter-archive

4. Permintaan anda akan diproses. Nanti di alamat email anda akan dikirimi link di mana anda dapat mengunduh arsip anda. Berapa lamanya, tergantung pada jumlah tweet anda dan kesibukan server saat itu. Jadi tunggu saja di inbox email anda.

4-twitter-archive

5. Jika email notifikasi sudah masuk ke inbox anda, silakan buka email tersebut. Kemudian klik link yang ada di sana. Anda akan diarahkan ke halaman baru.

5-twitter-archive

6. Klik download untuk mulai mengunduh tweet anda.

6-twitter-archive

7. File hasil download berupa kompresi ZIP. Jika dibuka, isinya adalah file HTML yang dapat anda buka di browser anda secara offline. Klik saja 2 kali pada index.html. Di sini, anda juga dapat melakukan pencarian tweet berdasarkan waktu, kata, kalimat, atau hashtag.

7-twitter-archive

Tampilan Twitter bisa sewaktu-waktu berubah, sehingga langkah-langkahnya bisa menyesuaikan. Bagaimana menurut anda?


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *