Interviews

Dua Profesi Berbeda tidak Mematahkan Niat dr. Nur Rahmansyah untuk Sukses Bersama Poskosehat.com

 

   

Seorang enterpreneur bukan hanya sebatas bagi mereka yang lulus sebagai sarjana ekonomi atau lulusan sekolah ekonomi lainnya. Dr. Nur Rahmasyah(24) merupakan salah satu contohnya, jika tokoh masyarakat yaitu seorang dokter juga mampu menjadi seorang enterpreneur. Lulusan S1 Profesi Dokter Universitas Hasanuddin Makassar ini kini bukan hanya disibukkan dengan melayani masyarakat sebagai seorang dokter, tetapi juga memberikan pelayanan sebagai seorang enterpreneur. Tetap berada pada lingkup profesi pokok, Dr. Nura membuka toko online Poskosehat.com, yang menjual berbagai macam obat herbal. Nah, bagaimana kisah dokter muda ini menjalani 2 profesi berbeda sekaligus, inilah kisahnya:

poskosehat

Halo Dokter Nura, bisa diceritakan Dok, bagaimana Anda memulai bisnis di tengah kesibukan Anda sebagai seorang Dokter?

Awalnya waktu itu sewaktu masih duduk di bangku mahasiswa. Salah satu organisasi kampus lagi buat suatu event. Kemudian saya ditunjuk sebagai koordinator bagian Dana dan Wirausaha. Dari situ yang dituntut berpikir untuk menghasilkan profit untuk menunjang bisa terselenggaranya acara. Secara garis besar tidak mencapai target namun sejak dari itu saya belajar enak banget bisa dapat income tambahan nih sambil kuliah . Untuk menunjang hal itu saya mengikuti berbagai seminar dan pelatihan entrepreneurship dari gratis hingga berbayar.

Apa itu Poskosehat? Apa saja produk yang Anda tawarkan melalui Poskosehat ini?

Posko Sehat merupakan toko herbal online #1 Makassar yang menyediakan produk herbal berkualitas, antara lain Nutrisi Peninggi Badan, Obat Asam Urat Herbal, teh peluntur lemak, obat pelangsing badan, kapsul ekstrak mengkudu, kapsul spirulina dan masih banyak lagi.

Wah masih erat kaitannya dengan profesi Anda ya Dok. Lalu apa pengorbanan yang pernah Anda berikan selama menjalani bisnis dan profesi Dokter ini?

KeDokteran merupakan program studi yang sangat padat perkuliahannya. Setelah selesai kuliah mesti lanjut ke tingkat profesi atau disebut coass. Jadwal yang padat sangat menguras energi belum lagi tambahan tugas. Ini merupakan tantangan terbesar untuk melawan diri untuk terus berwirausaha.. kadang kala kalau terlampau capek ruang perkuliahan nampak begitu indah sebagai tempat terbesar.

Pengorbanan terbesar kedua, yaitu 

Mensinergikan impian kedua orang tua untuk melihat anaknya menjadi seorang Dokter dan keinginan pribadi lain untuk menjadi seorang entrepreneur sangat bertentangan. Solusinya adalah  diam tetap tersenyum mengangguk, kuliah, dan terus berentrepreneur.Berat tapi bisa dilalui.

Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis Anda ini?

Maret 2013 kemaren itu saya ikut tour ke Eropa bersama ibu dan temannya. Sebelum berangkat 1 minggu hingga hari H ibu terkena batuk dan flu berat dan juga demam. Sedang kabar terakhir Eropa lagi musim dingin. Ibu sempat ingin  menunda keberangkatan, tapi akhirnya berangkat karena sudah terlanjut melunasi biaya tour. Biasanya untuk menjaga kesehatan, saya biasa konsumsi suplemen dari teman yakni teh peluntur lemak dan muncord capsules, untuk detoksifikasi dan terbukti manjur banget. Nah kedua produk itu aku bawa ke eropa untuk jaga-jaga. Selama di Eropa ibu mengkonsumsi juga muncord capsules pagi dan malam hari sebelum tidur dan secangkir teh peluntur lemak di pagi hari sebelum berangkat tour bersama rombongan. Alhamdulillah selama di Eropa batuk dan flunya mereda di kala Eropa masih tertutupi hujan salju. Sejak awal itu balik ke Indonesia saya mulai membangun Posko Sehat | Toko Online Herbal #1 Makassar | Solusi Sehat Alami.

Wah, berawal dari pengalaman pribadi, kini Anda memiliki toko sendiri. Lalu produk apa saja yang paling populer?

Produk yang paling BEST SELLER adalah Nutrisi Peninggi Badan dan Obat Asam Urat Herbal. Kedua produk ini alami bersertifikasi badan POM dan Halal MUI . Kami pun memberi tips sehat agar produk bisa bekerja maksimal untuk tubuh konsumen.

Lalu bagaimana cara Anda dalam memasarkan produk – produk di Poskosehat ini?

Awalnya pemasarannya sih dari orang terdekat. Alhamdulillah ada yang berhasil nambah tinggi badannya, asam urat mereda, dan sebagainya. Hingga berlanjut ke dunia internet. Alhamdulillah lingkup pelanggan kami tidak hanya berada dalam ruang lingkup Makassar dan Indonesia bagian timur tetapi juga merambah ke pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan,

Wah, setelah sebesar ini, apa sebenarnya yang membuat bisnis Anda ini berbeda dengan yang lain Dok?

Pendekatan Ilmu keDokteran modern dikombinasi dengan ilmu keDokteran herbal membuat pemasaran berbeda, dimana kami tidak sekadar menawarkan produk berkualitas tetapi kami juga mengedukasi konsumen untuk memulai pola hidup sehat.

Apa pengalaman Dokter yang paling berkesan selama berprofesi sebagai enterpreneur juga?

Yang Paling berkesan ketika pelanggan kami berhasil memperoleh kesehatan yang mereka dambakan dan yang paling utama mereka sekeluarga bisa menerapkan pola hidup sehat.

Prestasi terbaik apa yang pernah diraih oleh Poskosehat ini?

Sejak didirikan April 2013 hingga sekarang Alhamdulillah pergerakan omzet penjualan bergerak naik dari bulan ke bulan, sekarang bisa tembus pada omset puluhan juta sebulan. Alhamdulilah bisa menjadi saluran berbagi inormasi dan konsultasi pula bagi masyarakat untuk memperoleh hidup sehat.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang?

Ruang Lingkup market masih sangat banyak apalagi kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat, Alhamdulillah sudah mulai tumbuh. Hal ini diperkuat dengan meningkatnya pengguna internet dari hari ke hari.

Tantangan dan kendala yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan yang paling sering muncul adalah masih kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya kesehatan diri sendiri dan keluarga dan disitulah tugas kami untuk senantiasa mendengar dan member edukasi kepada konsumen.

Menurut Dokter, siapa toko yang menjadi motivasi dalam mengembangkan bisnis Anda ini?

Nabi Muhammad SAW adalah inspirasi hidup bagaimana beliau tidak hanya sukses sebagai pemimpin Umat Muslim, namun di berbagai bidang pun menjadi panutan buat umat muslim dan umat lainnya salah satunya di bidang Perdagangan.

“Hidup Ini Singkat. Hidup ini Tempatnya Belajar, Berproses, dan Berbagi. Yang Namanya Kaya bukan Karena Ada Kita berbagi, namun karena berbagi kita dikatakan Kaya. Iringi setiap tindakan dengan Doa.” Setidaknya itulah quote yang membuat saya semakin termotivasi dalam menjalani bisnis ini.

Lalu apa rencana kedepan Dokter Nura untuk mengembangkan bisnis ini?

Rencana kedepan kami adalah menambah jenis produk untuk dipasarkan dan memperkuat traffic web di internet. Selain itu kami mulai aktif mengadakan promosi offline dengan rencana membuka outlet Posko Sehat .

Untuk yang terakhir nih Dok, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Berpikir penting bertindak jauh lebih penting. Maka segera lah memulai.

Wah, terimakasih banyak dok untuk informasi dan cerita seputar bisnisnya. Semoga usaha Poskosehat selalu dan semakin sukses. Serta dapat membawa manfaat lebih untuk orang banyak ;-)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *