Interviews

Duniaict.com Hadir Sebagai Solusi Perusahaan Besar untuk Kebutuhan Mereka Terhadap Produk ICT

 

   

Berkembangnya dunia ICT di lingkungan masyarakat membawa Caswanto(35) sebagai salah satu lulusan Teknik Informatika, Universitas Bina Nusantara mengembangkan kemampuannya dengan jalan yang berbeda. Ia membuka dan kini sibuk menjalankan bisnis online Duniaict.com. Berbagai produk yang berhubungan dengan ICT, ia tawarkan. Berbedanya ia memiliki segment pasar berupa perusahaan – perusahaan besar. Sekalipun berupa bisnis online, namun produk ICT yang ia tawarkan sudah mampu dikenal dan terus dicari oleh perusahaan besar.

Selamat sore Bapak Caswanto. Untuk mengawali cerita enterpreneur Bapak, bisa diceritakan apa itu sebenarnya Duniaict.com?

Duniaict.com adalah situs yang menyediakan produk yang berhubungan dengan dunia Information Communication dan Technology (ICT), lebih spesifiknya produk-produk seperti switch, router, firewall, wireless LAN, IP PABX maupun peralatan video conference yang target marketnya lebih ke segment corporate atau enterprise.

Apanih produk yang paling banyak dicari sampai saat ini Pak?

Kebanyakan situs online yang ada saat ini lebih kepada produk-produk IT umum, seperti computer PC desktop, laptop, server dan accesoriesnya. Untuk produk switch atau WiFi yang ada pun lebih ke kebutuhan konsumen rumahan atau small office.

Untuk produk yang Enterprise segment, sangat sedikit yang menyediakan informasi produk dan harga yang berlaku untuk pasar Indonesia, DUNIAICT.com diharapkan dapat menjadi referensi untuk yang mencari barang atau produk yang lebih spesifik untuk kebutuhan ICT perusahaan kelas Enterprise. Walaupun fokus kami ke enterprise segment, sebagian besar barang yang ada di DUNIAICT.com adalah barang ready stock. Hal ini menjadi keunggulan DUNIAICT.com dibandingkan dengan para pemain lainnya karena rata-rata product ICT kelas enterprise membutuhkan indent sekitar 4-6 minggu.

Lalu bagaimana strategi Bapak dalam mendapatkan customer untuk Duniaict.com ini?

100% customer kami datangnya dari search engine karena kami memang focus pada SEO dan beriklan di Google Adwords.

Dan bagaimana cara Bapak menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Bapak jual?

Bisnis ICT, khususnya segment yg kami garap ini memberikan harga murah, tetapi bukan menjadi priroritas para pelanggan karena yang dibutuhkan adalah layananannya baik layanan pre-sales maupun post sales. Kami memberikan layanan konsultasi produk dari sebelum transaksi sampai kepada pemasangannya termasuk layanan setelah barang terpasang.

Jika begitu apa sih yang menjadi keunggulan Duniaict.com ini dibanding toko online yang sama dengan ini?

Keunggulan kami ada di ketersediaan barang dan network engineer yang ada di DUNIAICT.com, rata-rata memiliki keahlian khusus dibidangnya dan sebagian besar memiliki sertifikasi yang sudah diakui secara International. Hal ini menjadi wajib karena barang yang dipasarkan merupakan barang ICT khusus Enterprise yang harganya bisa mencapai USD 500.000,- per unitnya.

Apasih tantangan yang Bapak hadapi saat menjalankan bisnis Duniaict.com ini?

Tantangan di bisnis ICT adalah teknologi ICT yang terus berkembang dari waktu ke waktu dan semakin cepat, sehingga sebagai pebisnis di bidang ini harus terus menerus meng-update pengetahuan dan harus jeli melihat atau membaca teknologi apa yang akan menjadi trend di masa datang.

Lalu apa rencana kedepannya untuk mengembangkan bisnis online Duniaict.com ini sendiri?

Kedepannya kita ingin menjadikan Duniaict.com tidak hanya sekedar menjadi sumber referensi harga produk ICT, tetapi juga tempat berbagi pengetahuan dengan konten-konten ICT yang berkualitas dengan bahasa practical yang dapat dengan mudah di implementasikan.

Wah, terimakasih Pak atas informasi dan kesempatannya berbagi bersama Mebiso tentang Duniaict.com. Semoga Duniaict.com semakin dan selalu sukses :)

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *