Keuangan

Empat Cara Mengatur Keuangan Untuk Millennial

 
  • 1
    Share

Loading...

Mungkin hal tersulit bagi kita adalah mengatur keuangan. Kadang kita juga bingung, ketika tiba-tiba di akhir bulan uang kita habis. Memang mengatur keuangan tidak semua orang bisa melakukannya, apalagi generasi millennial.

Generasi Millennial

Generasi Millennial ini adalah mereka yang lahir di era perkembangan teknologi. Menurut wikipedia, Generasi Millennial, sering juga disebut generasi Y adalah mereka yang lahir di tahun 1990an. Mereka dikenal dengan generasi yang paling adaptif dengan perkembanga teknologi.

Namun, ada sedikit permasalahan yang dihadapi millennial sekarang. Tidak sedikit dari mereka yang merasa gagal dalam mengatur keuangan pribadi. Generasi millenial memang rentan terhadap godaan untuk melakukan pemborosan.

Biasanya karena tergiur diskon yang besar dan review produk atau gadget di media sosial membuat mereka terpancing untuk menghabiskan sebagian besar uangnya untuk menuruti keinginannya. Terkadang setelah itu mereka menyesal setelah membeli sesuatu ternyata tidak terpakai.

Nah, untuk itu mebiso akan membantumu untuk memberikan beberapa tips untuk para generasi millennial untuk bisa mengatur keuangannya dengan baik, simak!.

Buat Rencana Pengeluaran Bulanan

Banyak dari generasi sekarang mungkin jarang untuk membuat rencana pengluaran setiap bulannya. Ini penting untuk dilakukan. Lewat perencanaan di awal ini bisa membantumu untuk mengurangi pengeluaran yang sia-sia.

Kamu bisa membagi kebutahan bulananmu untuk jangka pendek atau jangka panjang. Kamu bisa juga untuk mengalokasi dana khusus untuk keperluan tertentu. Seperti ketika kamu ingin berlibur di bulan juli, maka kamu sudah merencanakan untuk menabung dari bulan januari. Dan menghemat beberapa pengeluaran selama menabung untuk liburan.

Anggarkan untuk tabungan Investasi

Nah, ada berapa sih dari kalian generasi millennial yang sudah memikirkan untuk investasi ?. Sebagian kecil mungkin sudah mulai untuk menginvestasikan sebagian dari penghasilannya. Investasi penting bagi kaum muda.

Dengan investasi, dana yang mereka simpan akan meningkat setiap tahunnnya. Beda dengan tabungan, yang bisa saja tergerus oleh inflasi. Untuk investasi bisa macam-macam. Bisa untuk properti, saham, obligasi, atau investasi pada bisnis melalui platform online seperti tanijoy, igrow, dan lainnya.

Catatat Pengeluaran Sehari-hari

Bagi kamu yang masih malas untuk mencatat pengeluaran, kamu bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan yang banyak tersedia gratis di android dan iOS. Mencatat pengeluaran sangat penting untuk mengontrol pengeluaranmu.

Lewat catatan pengeluaran kamu juga bisa mengantisipasi celah kebocoran dari pengeluaran. Kamu menjadikan catatan pengeluaranmu sebagai pertimbangan ketika kamu akan membeli suatu barang.

Bijak dalam Membeli Sesuatu

Terakhir, yang terpenting adalah keputusanmu dalam membelanjakan uang. Semakin bijak kamu mengluarkan uang maka semakin banyak uang yang dapat kamu hemat. Bijak tidaknya tergantung situasi yang kamu alami.

Sebisa mungkin jika ada kesempatan untuk berhemat maka lakukan lah. Jika bisa membeli barang yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah tapi dengan effort lebih maka lakukan lah. Jangan mudah untuk menghambur-hamburkan uang.

Keempat cara tadi bisa kamu coba untuk hidup hemat dan pengeluaran bulanan yang lebih baik. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Menarik ini

5 Ciri Orang Super Produktif

Empat Saluran Komunikasi yang Wajib Kamu Terapkan

3 Motivasi Kerja Generasi Millennial

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *