Content Marketing e-Marketing & Sales Insider Inspirasi Leadership Running A Business Sosial Media Start A Business

Employer Branding: Tips Membangun Brand Bisnis

 

Loading...

Employer BrandingEmployer branding dikenal sebagai kemampuan perusahaan untuk mempromosikan perusahaannya melalui citra yang baik kepada calon kandidat karyawan agar tertarik untuk melamar. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencuri simpati calon karyawan. Baca juga: Hal yang harus dihindari jika ingin branding bisnis Anda sukses

Employer branding dibuat untuk membangun identitas, citra dan nilai positif perusahaan. Hal ini dilakukan untuk membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan kompetitor. Perlu diingat juga bahwa employer branding tak kalah pentingnya bagi karyawan yang sudah ada di perusahaan.

Baca juga: 5 Langkah Membangun Brand Awareness: Penting untuk Diketahui!

Cara melakukan employer branding

1. Identifikasi sederhana

Identifikasi karyawan perlu dilakukan dengan tujuan mempertahankan karyawan terbaik di perusahaan. Cara ini bisa diawali dengan langkah sederhana. Yakni dengan cara membuat sebuah grup dan menanyakan pada kelompok tersebut tentang hal-hal yang membuat mereka bahagia ketika bekerja di perusahaan sebelumnya atau perusahaan saat ini.

Disamping itu, bisa juga menanyakan terkait hal-hal yang tidak mereka sukai di perusahaan. Hal ini termasuk identifikasi dalam ranah lingkungan perusahaan. Selain itu, bisa juga dengan melakukan observasi di luar lingkungan kerja, agar bisa mendapatkan calon pekerja baru yang berkualitas dan memahami hal-hal yang mereka inginkan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Karyawan Merasa Senang saat Bekerja

2. Membangun citra

Coba menjawab pertanyaan ini, “apakah anda mengerti berapa nilai perusahaan di mata karyawan dan orang lain?”. Tentu saja, tidak akan pernah tahu pasti bahwa ternyata banyak orang yang tidak suka ataupun suka dengan perusahaan. Citra baik, perlu dibangun agar mereka bisa lebih loyal dengan perusahaan.

Jika nilai ini tidak diterapkan, hal ini tentunya dapat memengaruhi pelamar kerja baru sehingga mereka tidak berminat bekerja di perusahaan. Hal ini juga dapat dipengaruhi dari masalah internal yang dialami oleh karyawan  hingga mereka pun tidak senang bekerja diperusahaan.

3. Komunikasi holistik

Press release sebagai bentuk komunikasi branding / Unsplash

Dengan menggunakan beragam teknologi masa kini, sangat bisa membuat perusahaan terkenal di mata dunia. Komunikasi internal dan eksternal sangatlah penting. Komunikasi eksternal meliputi perbaikan website perusahaan, membuat profil perusahaan di jaringan sosial media seperti facebook, twitter, dan Linkedin, serta iklan secara online.

Sementara itu, komunikasi internal bisa dilakukan dengan membuat sebuah majalah perusahaan, pertemuan mingguan, komunikasi melalui email, serta diskusi empat mata. Ketika, perusahaan dapat membangun komunikasi yang baik dengan menggunakan beberapa platform tersebut, kandidat akan merasa senang karena mereka diperdulikan.

4. Pengukuran dan Analisa

Branding yang dibangun tetap harus di update. Hal ini agar dapat diketahui berhasil tidaknya. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan dalam langkah ini diantaranya adalah mengukur tingkat retensi karyawan, program referal karyawan, produktivitas perusahaan, survei kepuasan karyawan, dan sebagainya.

Dalam proses survei kepuasan karyawan. Dapat bertanya secara langsung kepada setiap karyawan yang bekerja apakah mereka merasa puas dengan fasilitas baru yang telah diberikan atau juga bisa menerima saran dan masukan dari mereka bagaimana cara meningkatkan kepuasan karyawan sehingga tidak mempengaruhi proses rekrutmen karyawan baru nantinya.

Nah, itulah beberapa tips terkait employer branding. Prosesnya pun bisa panjang dan mungkin akan memakan waktu sampai perusahaan merasakan hasilnya. Membentuk citra baik perusahaan tentunya membawa kebaikan untuk perusahaan itu sendiri, dan yakinlah kebaikan itu dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota perusahaan, bahkan sampai ke customer perusahaan.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *