Biografi Inspirasi

Erick Thohir: Dari Pengusaha Hingga Jadi Menteri

 

Loading...

Erick Thohir – Kini terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai menteri BUMN, Erick Thohir telah dikenal sebagai pengusaha handal. Pendiri Mahaka Group ini malang-melintang di dunia bisnis. Simak kiprahnya di dunia bisnis berikut ini.

Lahir dari keluarga pengusaha

Menjadi pengusaha nampaknya telah mendarah daging di keluarga Thohir. Erick merupakan putra dari Teddy Thohir, pengusaha nasional ternama yang merintis Grup Astra International. Saudara-saudaranya, Boy Thohir dan Rika Thohir juga merupakan pebisnis ulung.

Walau keluarganya telah memiliki berbagai perusahaan yang sukses, Erick tidak diberi izin untuk bekerja di perusahaan milik ayahnya. Lulusan California State University ini diharuskan untuk berjuang secara mandiri.

Erick Thohir, menteri tegas sekaligus pengusaha cerdas

Erick telah menjadi salah satu figur dalam kancah dunia politik di Indonesia. Namanya semakin melejit ketika ia dinobatkan menjadi menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Erick menjadi ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Erick dikenal sebagai menteri yang tegas dan berani. Erick sempat mencengangkan publik dengan keputusannya untuk memecat Ari Ashkara dari posisi Dirut Garuda Indonesia, sebagai tindak lanjut dari kasus penyelundupan Harley yang dilakukannya.

Sebelum terjun ke dunia politik, Erick telah malang-melintang dalam berbisnis. Pertama, ia mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media.

Mahaka Group berkembang dengan baik. Banyak media yang berada di bawah naungan Mahaka Group, di antaranya Harian Republika, Harian Indonesia, Majalah Golf Digest Indonesia, Majalah Parents Indonesia, serta Penerbit Republika.

Selain media, Mahaka Group juga bergerak di bidang penyiaran. Ada beberapa radio dan saluran TV yang bernaung di bawah Mahaka Group, yakni Gen FM, Jak FM, Delta FM, Mustang FM, Alif TV, Jak TV, dan masih banyak lagi. Mahaka Group juga melebarkan jaringan bisnisnya ke berbagai ranah, mulai dari periklanan (Mahaka Advertising) hingga situs pembelian tiket online Rajakarcis.com.

Menjadi ketua pelaksana Asian Games 2018

Sepak terjang Erick yang terkenal lainnya adalah dengan menjadi ketua INASGOC (panitia pelaksana Asian Games 2018). Erick dinilai piawai dalam memimpin event olahraga terbesar di Asia tersebut.

Ia menggandeng banyak figur bertangan dingin untuk menyukseskan perhelatan Asian Games 2018, misalnya saja Wishnutama (Creative Director), Addie MS (Penata Musik), Dynand Fariz (desainer), serta Eko Supriyanto dan Denny Malik (Koreografer). Rangkaian acara Asian Games 2018 dikenang sangat spektakuler dan semakin mengharumkan nama Indonesia.

Orang Indonesia pertama yang pernah memiliki mayoritas saham Intermilan

Erick juga merambah bisnis di bidang olahraga. Pada tahun 2013, ia pernah membeli saham salah satu klub ternama di Eropa, Intermilan. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan membeli 70% saham klub tersebut! Sekarang, ia telah menjual kembali saham tersebut dan memegang sekitar 30% kepemilikan saham.

Gebrakan Erick ternyata tak hanya di Intermilan. Ia juga tercatat sebagai pemilik klub basket NBA Philadelphia 76ers, memiliki saham mayoritas dari klub sepakbola Major League Soccer Amerika DC United, serta menjadi direktur klub sepakbola Oxford United dari Liga Inggris.

Kiprah Erick di dunia olahraga dalam negeri pun tak kalah dahsyat. Erick pernah menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, serta berada di jajaran komisioner klub sepakbola Persib.

Wah wah, luar biasa sekali bukan kiprah dari Erick Thohir? Semoga kelak Anda pun bisa meraih banyak kesuksesan dalam berbisnis seperti beliau, ya!

Jangan lewatkan berbagai kisah inspiratif lainnya hanya dari Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Photo from Kompas.com

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *