Interviews

Es krim Rendah Lemak ala De Boliva, Selalu Sukses Menjadi Tren dari Tahun ke Tahun

 

   

De Boliva merupakan sebuah terobosan di dunia es krim. Menciptakan es krim yang berbeda dari yang lain, Andre Soenjoto(36) selaku owner De Boliva terus bertahan pada resep es krim rendah lemak yang ia miliki. Kini De Boliva sukses memperkenalkan es krim rendah lemaknya kepada masyarakat luas melalui counter yang mengangkat tema kafe yang cozy dan nyaman. Beberapa waktu yang lalu tim Mebiso telah berhasil mewawancarai Bapak Andre. Berikut ini adalah ulasannya:

Halo Pak Andre, apa latar belakang pendidikan Bapak?

Saya lulusan California State Univ. of San Bernardino, Bachelor of Arts in Finance

Bagaimana cerita awal Anda mulai terjun sebagai seorang enterpreneur?

Setelah pulang ke Indonesia pada Maret Tahun 2000, saya melihat apakah kira – kira saya bisa merintis usaha ice cream disini. Beberapa kompetitor waktu itu belum terlalu banyak. Berbekal pengalaman dari ibu saya yang hanya menerima pesanan es krim melalui telepon, saya meyakinkan diri untuk terjun di bidang es krim.

Lalu pengorbanan terbesar untuk menjadi enterpreneur?

Waktu yang di luangkan untuk bekerja sendiri pada saat itu adalah lebih dari 2x lipat jam kerja standard pegawai, yang normalnya yaitu 8 jam kerja seharinya.

Ceritakan tentang bisnis Anda dan jenis produk apa yang Anda tawarkan?

Bisnis es krim yang saya rintis adalah es krim rendah lemak. Tahun 2000, es krim rendah lemak tidak popular, jadi banyak orang yang menilai bahwa rasanya seperti es krim diet. Setelah mereka mencoba bahwa es krim de boliva rasanya enak walaupun rendah lemak & rendah gula. Mulai dari 4 rasa dasar : vanilla, mocca, strawberry, & chocolate. Saat ini sudah ada sekitar 30 rasa yang berbeda.

Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis yang Anda miliki ini?

Orang tua saya berpesan bahwa mulai usaha harus dari bawah, dengan modal sendiri 30 juta rupiah untuk keperluan peralatan freezer & counter. Jumlah pegawai hanya 4 orang, 2 orang pagi & 2 orang malam, saya mulai merintis usaha es krim ini.·

Sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Konsep makan es krim dengan kesan seperti kafe yang nyaman untuk nongkrong. Suasana cozy membuat tamu menjadi betah berlama-lama di dalam gerai es krim De Boliva. Penyajian menu yang menarik juga nama menu yang berbeda dari es krim menu pada umumnya.

Lalu prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda ini?

Beberapa penghargaan yang sangat berkesan adalah liputan 1 halaman nasional Jawa Pos “Better Generation” & Penghargaan oleh SINDO UKM diberikan sendiri oleh Menteri Koperasi & UKM Bapak Syarief Hasan.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang? Dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Tahun 2012 & 2013, banyak pemain bisnis es krim & yogurt lokal yang menutup usahanya karena market tidak cocok dengan rasa es krimnya. Mereka hanya mengikuti trend sesaat. Dari sisi produk kurang bisa diterima oleh market pada umumnya. Untuk Tahun 2014, banyak pengusaha membuka “Taiwan esebuble tea”. De Boliva tetap fokus pada es krim rendah lemak. Produk terbaru kami adalah “bolli pop” es krim stik di bungkus dengan coklat. Dari sisi design memang mini & market “bolli pop” adalah wanita. Inovasi produk & promo adalah kunci utama sukses.

Rencana kedepan yang seperti apa yang akan dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda?

Rencana kedepan adalah pengembangan e-commerce & franchise De Boliva. Penjualan online De Boliva mengalami peningkatan di promo “30 deals 30 days 30 thousands”. Harga sebelum diskon adalah 100 ribu rupiah, saya patok harga promo hanya 30 ribu rupiah. Paket yang tersedia hanya 30 paket per hari selama 30 hari dalam sebulan. Mereka hanya bisa membeli melalui website Deboliva.com dan kami tidak menerima pembelian deals di outlet De Boliva.

Lalu menurut Pak Andre, siapa tokoh yang jadi motivasi Anda atau apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Bapak Tanadi Santoso, topik yang di ulas di business wisdom memberikan inspirasi kepada saya untuk berkarya.

Saran terbaik yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Fokus di setiap usaha yang sedang di jalani & carilah cara untuk menikmati setiap pekerjaan yang di hadapi.

Wah, terima kasih Pak Andre atas waktunya yang sudah bersedia berbagi cerita bersama Mebiso. Semoga kedepannya De Boliva semakin dan selalu sukses ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *