Running A Business

Facebook Sedang Melakukan Pengujian Jaringan Iklan di Mobile Anda

 

Loading...

Facebook baru-baru ini kembali mengadakan test pada jaringan iklan di perangkat mobile pengguna Facebook. Sebelumnya, Facebook telah menguji dengan teknik yang sama, tetapi ditinggalkan secara misterius pada Desember tahun lalu. Dan secara kebetulan, saat itu Twitter juga membuat langkah baru untuk menambah pendapatan dengan menayangkan iklan di luar jaringan mobile Twitter.

Juru bicara Facebook mengungkapkan, “Saat ini kami sedang mejalankan test kedua untuk menguji apakah kami dapat menampilkan iklan Facebook yang berjalan di aplikasi Facebook mobile ataupun situs mobile lainnya. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan tujuan dan kaitan dari iklan yang dilihat para pengguna Facebook. Ini hanya test semata, jadi kami tidak memiliki rincian lebih dari ini untuk kita beritahukan ke semua orang.”

Namun tidak perlu rincian nyata, jika pengujian ini berhasil, maka jaringan iklan ini akan menjadi sumber pendapatan baru yang bernilai besar terhadap Facebook. Saat ini sumber pendapatan Facebook sendiri sudah sebesar $656 juta per 4 bulan dari mobile advertising. Tapi itu semua pendapatan internal yang masuk dari situs Facebook sendiri, belum termasuk dari jaringan atau situs lain di luar Facebook.

Selama ini, Facebook telah menjual iklan dengan 2 cara. Pertama dari pengguna yang membayar langsung pada Facebook dan kedua adalah dengan menjalankan iklan dengan data target berasal dari Facebook melalui fitur pertukaran iklan bernama FBX yang menggunakan pelacakan cookie dari situs web non-Facebook untuk set target para pengguna untuk masuk ke dalam situs milik Client. Kedua cara itu mempunyai hasil yang sama bagi para konsumen, sama-sama memunculkan iklan di feed berita Facebook Mobile dan halaman Facebook mereka.

Maka jika pengujian ini berhasil, dia akan mengubah behavior iklan di Facebook menjadi penargetan terlebih dahulu yang datanya diambil dari data user Facebook. Iklan akan dimunculkan di situs dan aplikasi di perangkat mobile milik para user yang memenuhi kriteria. Opsi penargetan di dalam jaringan akan memasukkan demografi standar Facebook seperti usia, jenis kelamin, dan kepentingan.

Facebook, tanpa teknik ini pun sudah bisa mencapai peringkat 2 dari segi penghasilan ads melalui perangkat Mobile, di mana peringkat 1 pastinya adalah Google. Kita lihat saja, apakah Facebook bisa melampaui Google :-)

Loading...

1 komentar

  • 8 Oktober 2013 - pukul 12:26

    OKE gan..tunggu tgl mainnya aja….:p

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *