Technology

Fase Hidup Domain (Domain Lifecycle)

 

Loading...

Artikel berikut menjelaskan mengenai lifecycle dari sebuah nama domain, dari registrasi hingga penghapusan.

ACTIVE; 01/01/2010 – domain jagoanhosting.com diregister.

ACTIVE; 01/03/2010 – setelah 60 hari, domain jagoanhosting.com baru bisa ditransfer ke registran lain jika diperlukan.

ACTIVE; 01/11/2010 – registran mulai mengirim email pemberitahuan perpanjangan 60 hari sebelum domain expired pada email yang terdaftar atas domain jagoanhosting.com.

REGISTRAR-HOLD/EXPIRED; 01/01/2011 – domain jagoanhosting.com telah expired; registran akan mengenakan status HOLD pada domain jagoanhosting.com, yang artinya website dan email tidak berfungsi, karena name server dipark ke server registran, bukan ke server hosting. Domain jagoanhosting.com jika diperlukan, masih bisa diperpanjang dengan harga normal. Transfer domain jagoanhosting.com ke registran lain tidak berfungsi hingga domain jagoanhosting.com diperpanjang terlebih dahulu.

REDEMPTIONPERIOD; 09/02/2011 – setelah 40 hari di HOLD registran mengenakan status REDEMPTIONPERIOD. Memasuki masa ini, untuk mendapat domain jagoanhosting.com tersebut kembali anda harus melakukan ‘restore’ yang membutuhkan biaya yang sangat besar. Harganya beragam, bisa mencapai 10 kali lipat registrasi normal.

PENDINGDELETE; 11/03/2011 – setelah 30 hari, domain jagoanhosting.com  terkena status PENDINGDELETE. Tidak bisa lagi dikembalikan; jalan satu-satunya untuk mendapat domain jagoanhosting.com kembali adalah dengan menunggu hingga dirilis oleh registran; tetapi tentu saja dengan resiko bahwa pada saat itu setiap orang bisa saja meregistrasi domain ybs.

AVAILABLE; 16/03/2011 – setelah 5 hari di status PENDINGDELETE, domain jagoanhosting.com dirilis oleh registran sentral dan sekarang bisa didaftarkan oleh siapapun dan apapun, termasuk layanan pengambil alih domain expired. Berlaku first come first serve; jika domain expired adalah domain yang dianggap ‘berharga’, diminati atau pernah memiliki traffic yang tinggi, domain tersebut akan diambil segera setelah domain tersebut dirilis. Jika bermaksud mendapatkan kembali domain anda, pertimbangkan untuk menggunakan layanan seperti snapnames.com.

Untuk menjaga nama domain anda agar selalu aktif, pastikan anda melakukan renewal lebih cepat.

Anda tidak kehilangan apapun dengan melakukan renewal lebih cepat. Sebagai contoh, jika domain anda expired pada 1 Januari 2011, tetapi anda telah melakukan perpanjangan 1 atau 2 bulan sebelumnya atau kapanpun selama domain belum expired, tanggal expired baru domain akan menjadi 1 Januari 2012.

Lifecycle diatas berlaku pada domain COM dan NET. Domain ORG, INFO, BIZ, US & CN mungkin memiliki fase hidup yang sama, hanya nama statusnya saja yang mungkin berbeda. Untuk domain WS tidak memiliki REDEMPTIONPERIOD, akan dilepas 25 hari setelah expired. Mungkin berlaku juga untuk domain .ID. Setiap registran memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai menentukan durasi Domain Lifecycle.

Registrasi Domain Jagoan Hosting

Loading...

0 komentar

    Berikan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *