Interviews

Faziostore.com, Kisah Mahasiswa yang Sukses Menjadi seorang Enterpreneur Muda

 
  • 6
    Shares

   

Menjadi seorang enterpreneur dan seorang mahasiswa aktif di kampus bukanlah hal yang mudah. Kemampuan untuk mengatur waktu dan menjada stamina adalah kunci kesuksesan berjalannya 2 kegiatan ini. Namun hal itu tidak menjadi masalah berarti bagi Juwadi Harjo(21) yang merupakan seorang mahasiswa fakultas FISIP dan juga seorang enterpreneur muda yang suskes. Keinginannya untuk sukses dan ketertarikannya dengan dunia online membawanya kini mendunia bersama bisnis onliennya yaitu Faziostore.com. Lalu bagaimana kisah selengkapnya? Ini dia ulasannya.

Selamat sore Mas Juwadi, bisa diceritakan tentang bagaimana awal Anda masuk ke dunia enterpreneur?

Saya memulai usaha ini pada 16 maret 2013, kurang lebih 1 tahun yang lalu. Sebenarnya sekarang saya belum fokus dan belum benar – benar full menjadi seorang enterpreneur. Karena kebetulan saya juga masih menjadi seorang mahasiswa yang masih memiliki banyak kegiatan di kampus. Tapi karena keinginan saya untuk bisa sukses selain di bangku kuliah, tentunya ini bukan lagi menjadi suatu halangan bagi saya.

Awalnya saya mencari informasi dari internet, tentang pekerjaan apa yang kira – kira cocok dan sesuai dengan kondisi saya sebagai seorang mahasiswa ini. Dan rata – rata saya menemukan bahwa bisnis online adalah jawaban yang paling banyak saya temukan. Ini juga dibarengi dengan terus bertumbuhnya bisnis online atau e-commerce setiap tahunnya. Dan saya melihat bahwa ini merupakan sebuah peluang bisnis yang sangar menggiurkan, terlepas dari bagaimana cara kita mengelola bisnis online itu sendiri.

Lalu apa sih yang menurut Mas Juwadi yang menjadi pengorbanan terbesar dalam menjalani bisnis ini?

Pengorbanan terbesar untuk menjadi seorang enterpreneur bagi saya adalah waktu. Karena seperti saya ini memang harus pintar – pintar mengatur waktu antara kuliah dan pekerjaan. Selain itu saya juga merasa sosialisasi saya dengan teman – teman kampur kurang, karena lebih sering untuk bekerja di dunia online. Mungkin bisa dibilang jika saya lebih banyak atau lebih sering bersosialisasi via dunia maya, seperti Twitter, BBM Group ataupun Facebook.

Sejujurnya saya bisa ketika selesai kuliah terus menerus berada di depan laptop utnuk online. Karena memang bisnis ini sesuai dengan passion saya yang sangat menyukai segala hal yang berbau internet, e-commerce dan sosial media. Jadi sayapun untuk berlama – lama berada di depan laptop untuk online sudah tidak bosan lagi.

Nah, sebenarnya yang sedang mas jalani ini bisnis yang seperti apa sih?

Bisnis saya kebetulan bisnis yang fokus pada e-commerce. Dengan kata lain kami memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, dimanapun mereka dapat membeli dengan mudah tanpa harus melihat produk secara langsung. Mereka hanya akan melihat foto produk yang kami berikan. Untuk mensiasati kepercayaan mereka terhadap barang yang kami jual, kami memberikan penjelasan yang baik kepada pelanggan. Kamipun berani memberikan jaminan tukar untuk produk yang tidak sesuai dengan apa yang dipesan oleh pelanggan, dengan sayarat dan ketentuan yang ada di toko kami.

Kalau nama Fazio sendiri saya juga bingung dari mana saya menyukai nama itu, tapi yang jelas kebetulan saya menyukai huruf Z dan O. Entah unik atau apa, tapi menurut saya pengucapannya hampir seperti pengucapan bahasa Italia begitu, Fazio.

Lalu untuk bisnis ini sendiri sudah di pasarkan sampai kemana saja?

Alhamdulillah produk yang kami pasarkan sudah hampir ke seluruh wilayah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Dan saya juga bersyukur karena masyarakat di beberapa negara lain juga menyukai produk yang kami tawarkan ini, seperti dari Malaysia, Brunei, Singapore dan juga Belanda.

Kebanyakan produk yang dicari oleh pelanggan adalah jenis pakaian seperti kemeja, celana panjang dan juga jaket.

Apanih yang menjadi pengalaman paling berkesan buat Mas Juwadi sendiri?

Bagi saya pengalaman paling berkesan adalah ketika pelanggan mengucapkan terimakasih dan emrasa puas dengan barang yang kita jual. Dan Alhamdulillah untuk keuntungan saat ini sudah mencapai lebih dari yang saya bayangkan sebagai seorang enterpreneur yang sekaligus sebagai mahasiswa ini.

Menurut Mas sendiri, tantangan dan kendala yang seperti apa yang dihadapi oleh Mas Juwadi ini?

Bagi saya tantangan dan kendala dalam menjalankan bisnis ini bagi saya adalah adanya persaingan antar penjual online, yang jelas setiap harinya akan terus bertambah banyak. Jadi ini juga menjadi semangat saya dalam bersaing bersama mereka.

Oleh karena itu, kedepannya saya ingin memiliki 1 brand saya sendiri, yang bisa dikenal luas oleh masyarakat. Jadi bisa jelas bersaing dengan sesama penjual online lainnya.

Siapa sih yang menjadi motivator Anda saat menjalani bisnis ini?

Bagi saya motivator terbesar saya untuk bisa sukses adalah kedua orangtua saya. Karena bagaimanapun orang tua kita adalah pendukung disaat kita susah dan menjadi cahaya kehidupan bagi diri saya sendiri.

Ada juga quote yang membuat saya bersemangat dalam menjalani bisnis ini, yaitu Jadikanlah apa yang diraih orang lain sebagai motivasi untuk Anda. Dan yakinlah Anda juga pasti bisa dan tetaplah bersyuklur dengan apa yang telah Andaa miliki saat ini.

Oh iya apa ada yang ingin mas sampaikan kepada para enterpreneur lain di luar sana?

Saya punya 2 tips untuk para enterpreneur di luar sana:

Yang pertama adalah, layani pembeli dengan baik pelanggan Anda. Sabar terutama untuk pembeli yang banyak mengajukan pertanyaan.

Yang kedua adalah, jangan berputus asa ketika penjualan berkurang. Kita bisa mulai memperbaiki dengan memperbanyak berinteraksi dengan customer melalui sosial media, karena bisnis ini bergerak hampir seluruhnya di rana online.

Wah, terimakasih ya Mas untuk waktunya berbagi cerita bersama kami. Semoga Faziostore.com semakin dan selalu sukses :)

           

  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *