Insider

Fitur Baru Instagram Tentang Food Order, Begini Cara Memakainya

 

Loading...

Fitur Baru Instagram Tentang Food Order – Kabar baik bagi pengusaha di bidang kuliner! Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur menarik untuk bisnis Anda, bernama Food Order. Fitur baru Instagram yang satu ini sangat bermanfaat untuk usaha kuliner. Wah, bagaimana bisa? Simak info mengenai fitur Food Order Instagram berikut ini!

Fitur baru Instagram tentang Food Order: Bentuk dukungan Instagram untuk bisnis kuliner

Pandemi COVID-19 yang sedang dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia telah berdampak terhadap banyak hal, termasuk pula bisnis kuliner. Imbas pandemi COVID-19 terhadap bisnis kuliner cukup berat.

Kebijakan physical distancing serta lockdown yang dilakukan untuk memperkecil penyebaran COVID-19 membuat banyak rumah makan atau gerai makanan tidak bisa beroperasi secara normal. Bahkan, banyak bisnis kuliner yang terpaksa menelan pil pahit karena harus tutup.

Selain itu, gelombang PHK besar-besaran juga membuat banyak orang beralih untuk berbisnis agar tetap bisa mendapatkan pemasukan. Jika kita amati, bisnis kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang paling banyak diminati.

Melihat problema ini, pihak Instagram pun tak tinggal diam. Untuk mendukung para pemilik bisnis kuliner agar bisa bertahan, Instagram meluncurkan fitur spesial “Food Orders for Businesses”. Melalui fitur ini, orang-orang dapat memesan makanan yang Anda jual dengan mudah. Fitur “Food Orders for Businesses” ini dikemas dalam dua hal, yakni laman profil akun Instagram serta pada Instagram Story dengan wujud sticker.

Untuk melakukan pemesanan makanan, pembeli hanya perlu mengetuk tombol Order Food pada profil atau mengetuk sticker Food Orders (Pesan Makanan). Kemudian, pembeli akan langsung terhubung ke layanan pemesanan makanan. Instagram sendiri telah bekerja sama dengan GrabFood untuk menyediakan layanan pemesanan makanan.

Tata cara untuk mengaktifkan fitur Food Order

Mudah saja loh untuk mengaktifkan fitur Food Order pada Instagram Anda. Oh iya, pastikan bahwa akun Instagram Anda merupakan Instagram khusus untuk bisnis (business account) atau akun untuk kreator (creator account). Kalau belum, Anda belum bisa menggunakan fitur ini.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Food Order:

  1. Buka profil Instagram, lalu ketuk “Edit Profil”
  2. Cari bagian “Informasi Bisnis Publik” (Public Business Information) , ketuklah “Tombol Tindakan” (Action Buttons)
  3. Pada bagian “Pilih Tombol”, pilihlah Pesan Makanan (Order Food)
  4. Kemudian, tambahkan situs web bisnis Anda menggunakan tautan ke aplikasi pemesanan makanan.
  5. Setelah menambahkan situs web, ketuklah “Selesai”

Voila! Fitur Food Orders for Business pun bisa Anda gunakan. Sekarang, ketika orang-orang melihat profil Instagram Anda, mereka bisa melihat tombol Order Food. Lalu, Anda juga bisa membuat Instagram Story dengan menggunakan sticker Food Orders yang akan langsung menyambungkan ke aplikasi pemesanan makanan.

Mudah dan praktis sekali, bukan? Yuk, segera pasang fitur ini untuk bisnis kuliner Anda!

Pentingnya memasarkan bisnis kuliner secara online

Pandemi COVID-19 ini memang telah mengubah banyak hal, mau tidak mau kita pun perlu beradaptasi. Kini, kita menyadari bahwa membuat bisnis jadi berbasis online ini sangat bermanfaat. Satu-satunya cara untuk memasarkan bisnis secara efektif di kondisi seperti ini adalah melalui pemasaran online.

Keadaan memang sudah berbeda, namun kita banyak belajar darinya. Semoga keadaan lekas membaik dan kita pun selalu diberikan jalan untuk bangkit.

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis online hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Lanka Business News

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *