Produktivitas Running A Business Work Life Balance

3 Hal yang Membuat Anda Hilang Fokus Kerja

 

Fokus Kerja – Setiap pekerjaan akan memiliki tingkat konsentrasi, fokus dan waktu produktif yang berbeda – beda. Kebanyakan perusahaan akan mengatur waktu produktif karyawan mereka dalam satu hari yaitu sekitar 8 – 9 jam per harinya. Namun, pada kenyataannya, tidak semua perusahaan atau karyawan dapat fokus kerja di jam ini.

Tak jarang sebagian orang merasa terkuras energinya sehingga ada banyak yang bekerja sampai di luar waktu kerja mereka. Terkesan sulit memang ketika waktu produktif kita terganggu karena suatu gangguan. Apa saja gangguan yang bisa membuat kita hilang fokus kerja?

Keseringan cek media sosial bisa turunkan fokus kerja, lho!

Penggunaan internet, smartphone, media sosial dan lain sebagainya merupakan sebuah kebutuhan bagi beberapa orang. Bahkan bagi sebagian orang tidak bisa bekerja tanpa itu semua. Namun, bagi beberapa orang lainnya yang hanya bekerja dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi tentu itu tidak terlalu penting.

Meski demikian, godaan ini sangat sulit untuk dihindari. Anda harus mampu menghindari setiap godaan yang ada, untuk bisa melakukan pekerjaan dengan lebih produktif. Jika memang waktu yang sebenarnya bisa untuk bekerja, maka sebaiknya dimanfaatkan dengan tidak menoleh pada gangguan tersebut. Karena bagaimanapun yang bisa menghindari gangguan itu adalah diri kita sendiri.

Tidak memprioritaskan waktu saat bekerja

Kita terkadang tidak sadar waktu produktif yang diberikan oleh perusahaan tidak kita gunakan dengan baik. Waktu itu malah kita sia – siakan dengan melakukan banyak hal yang tidak penting. Dan kita akan menggunakan waktu istirahat kita untuk mengganti waktu produktif tersebut. Ini akan menjadi buruk saat sudah menjadi kebiasaan Anda.

Kita harus tahu kapan dan mana waktu yang menjadi fokus terbaik kita. Agar hal ini bisa membantu kita dalam menjadwal setiap pekerjaan dan bekerja dengan lebih produktif lagi. Kita juga harus mengalokasikan setiap tugas penting, mendesak ataupun yang datangnya secara tiba – tiba. Ini dilakukan agar kita tidak merasa kehilangan konsentrasi saat sudah mulai mengerjakan suatu pekerjaan.

Tidak konsisten dengan to do list pekerjaan

Jika kita memang sudah berkomitmen untuk konsisten dengan setiap jadwal yang kita buat, maka lakukanlah itu. Jangan biarkan apapun yang menghalangi Anda, menghancurkan waktu terbaik Anda untuk bekerja. Produktifitas Anda diuji saat Anda sudah mulai merasa goyah dan lupa dengan konsistensi yang Anda bangun sendiri.

Buatlah jadwal pekerjaan yang jelas untuk setiap tugas yang selalu Anda kerjakan setiap hari, seperti membalas email, menghubungi klien, dan lain sebagainya. Alokasikan waktu Anda untuk bisa konsisten mengerjakan pekerjaan itu. Untuk tugas lainnya yang bisa saja datang mendadak bisa Anda gunakan beberapa waktu yang tersisa atau bisa masuk ke dalam jadwal lainnya, tapi dengan konsekuensi waktu Anda akan sedikit bertambah. Namun, ini akan membantu Anda untuk lebih produktif.

Meski masih banyak hal-hal teknis yang dapat mengganggu konsentrasi kerja Anda, tiga hal inilah yang mendasari kebiasaan Anda yang mudah terdistraksi. Cobalah untuk menghindarinya dan selalu lakukan perbaikan setiap hari. Semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *