Technology

Font Terbaik untuk Media Cetak, Online dan Email

 
  • 22
    Shares

Loading...

Apakah Anda pernah berkunjung ke sebuah blog yang isinya merupakan informasi yang sangat Anda cari? Tapi beberapa saat kemudian Anda menutup halaman tersebut, karena alasan “Aku tidak suka dengan font tulisan yang digunakan”.

Peristiwa itulah yang menjadi peluang kita kehilangan satu per satu pengunjung yang berpotensi untuk melihat konten kita bahkan untuk melakukan “klik” pada salah satu produk yang kita tawarkan.

Bahkan, Colin Wheildon seorang penulis Type & Layout: Apakah Anda berkomunikasi atau hanya membuat sebuah bentuk?

            “Ini mungkin akan menerbangkan tiga perempat dari pembaca kita hanya karena memilih tipe yang salah. Jika Anda mengandalkan kata – kata yang menjual, maka ini harus menjadi perhatian Anda dalam – dalam.”

Kehilangan 75 % dari pembaca Anda! Jika Anda adalah seorang copywriter yang menulis salinan untuk situs tersebut, itu adalah cara Anda untuk belajar dan menemukan solusi untuk menjadi seorang copywriter yang baik.

Jadi sebagai seorang copywriter, Anda harus memastikan bahwa font yang digunakan akan membantu klien atau perusahaan Anda untuk meningkatkan penjualan. Untuk membantu Anda, John Wood melakukan sebuah penelitian tentang penggunaan font terbaik untuk sebuah media cetak, online ataupun email.

Perbedaan antara font jenis ‘Serif’ dan ‘Sans Serif’

Font Serif memiliki sebuah gambaran berupa kaki kecil dan hiasan di ujung atau pankal setiap hurufnya, ini membuat mereka lebih jelas dikenali. Font Serif yang populer atau sering digunakan adalah Times New Roman, Palatino, Georgia, Courier, Bookman, dan Garamond.

20071219125957_705

Hampir sebuah tulisan di dalam buku, koran, dan majalah menggunakan jenis font Serif. Font jenis ini dipilih karena pada media cetak, jenis font Serif ini lebih mudah dibaca. Idenya adalah bahwa Serif benar – benar membuat huruf seolah mengalir secara bersama dan lebih mudah diterima oleh pembaca.

‘Sans Serif’ pada awalnya dikenal sebagai sebuah nama negara tanpa Serif. Sementara itu beberapa sumber mengatakan bahwa Font Sans-Serif sudah ada sejak abad ke 5 SM. Tapi sampai tahun 1920an font jenis ini sudah agak populer. Sebagian besar menggunakannya dalam iklan. Salah satu alasan menggunakan font jenis Sans-Serif ini karena mereka lebih mudah dibaca.

Beberapa jenis font Sans-Serif yang populer adalah font Helvetica, Arial, Calibri, Century Gothic, dan Verdana.

sansserifwebsafe

  1. Font terbaik untuk dicetak

ILM-Jawa-Pos-8-Juli-2012

Dalam sebuah buku Cashvertising, Drew Eric Whitman mengutip sebuah studi mengenai sebuah font yang dicetak di atas kertas pada tahun 1986, ditemukan hanya 12 % dari peserta secara efektif memahami isi dari setiap paragraf yang diatur dengan menggunakan jenis font Sans-Serif, dibandingkan dengan 67 % yang diatur menggunakan jenis font Serif Typeface.

Mereka yang membaca paragraf dengan font Sans-Serif mengatakan, bahwa mereka membutuhkan waktu lebih untuk kembali mundur dan memahami bacaan yang dibacanya.

Dalam sebuah uji tiga font berbeda, 2 Serif(Garamond dan Times News Roman) dan 1 San Serif(Helvetica), ia menemukan bahwa 66% mampu memahami Garamond, 31.5% Times New Roman, dan 12.5% Helvetica, dari total 1.010.000 orang yang ikut dalam survey.

Kesimpulannya adalah bahwa font Serif lebih mudah dibaca untuk tulisan yang khusus untuk dicetak. Jadi, jika Anda mengirimkan surat penjualan atau brosur yang disebar dalam sebuah surat, Anda bisa menggunakan jenis Font Serif, dan bisa menggunakan jenis font Sans-Serif untuk penulisan judul Anda.

Berikut adalah preferensi hebat dalam menentukan jenis font untuk sebuah copywriting:

  • John Caples suka menggunakan Cheltenham Bold untuk judul iklannya,
  • David Ogilvy, seorang legenda periklanan suka menggunakan Century Family, Caslon, Baskerville, dan Jenson,
  • Gary Halbert, menggunakan Courier dalam surat penjualannya.
  1. Font terbaik untuk media online

sans serif

Sekarang, banyak orang yang mungkin beranggapan bahwa apa yang bekerja pada media cetak juga akan bekerja pada media online, tapi nyatanya ini tidak terjadi. Karena untuk membuat sebuah font Serif yang mudah untuk dibaca akan membutuhkan tingkat resolusi yang tinggi. Semakin banyak piksel, semakin detail font yang akan ditampilkan.

Sebelumnya, mari kita kembali pada 10 tahun lebih ke belakang, pada saat itu layar komputer yang memiliki tingkat resolusi terbaik adalah 800 x 600 piksel, yang tidak lebih besar untuk menentukan font Serif. Resolusi layar saat ini sudah meningkat pesat, yaitu 1024 x 768 piksel, atau lebih besar dari itu. Hal ini membuat font Serif lebih mudah dibaca, meskipun tidak semudah ketika menggunakan Sans-Serif.

Sekarang, Anda harus kembali mempertimbangkan bagaimana situs atau email akan mudah dibaca saat diakses melalui perangkat mobile, seperti iPhone, Android, BlackBerry dan lain sebagainya. Anda harus mengetahu resolusi terbaru dari masing – masing perangkat mobile ini. Tujuannya untuk menentukan jenis font apa yang sesuai dengan perangkat PC dan perangkat mobile ini.

Dalam hal ini, font terbaik yang dapat digunakan untuk media online adalah jenis font Sans-Serif.

Sebuah studi pada tahun 2002 oleh Software Usability dan Research Laboratory menyimpulkan, bahwa:

  • Font yang paling banyak terbaca adalah Arial, Courier dan Verdana,
  • Pada ukuran font 10, peserta lebih banyak memilih Verdana. Sedangkan untuk jenis font Times New Roman yang paling tidak disukai,
  • Pada ukuran font 12, Arial lebih disukai.
  • Dan font yang dipilih secara keseluruhan adalah jenis font Verdana.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa, untuk mempermudah pembaca online kita bisa menggunakan jenis font Arial ukuran 12 atau lebih besar. Jika Anda menginginkan sebuah tulisan yang lebih kecil dari 12, bisa menggunakan jenis font Verdana yaitu dengan ukuran 10. Jika Anda bertujuan menuliskan sebuah karangan yang lebih formal, bisa menggunakan font Georgia.

  1. Font terbaik untuk email

2 Beon Intermedia

Dr Ralph F. Wison, seorang konsultan E-Commerce, melakukan serangkaian tes pada tahun 2001. Hingga akhirnya ia sampai pada kesimpulan bahwa font Sans-Serif lebih cocok untuk layar komputer.

Beberapa highlights dari hasil tes menunjukkan bahwa pada ukuran font 12, responden menunjukkan preferensi untuk Arial dan Verdana.  53% menjadi 43%(dengan asumsi 4% tidak mampu membedakan antara keduanya).

Dua pertiga dari responden menemukan bahwa Verdana dengan ukuran 12 terlalu besar untuk sebuah teks. Tapi untuk Verdana ukuran 10 lebih banyak dipilih karena dinilai lebih mudah dibaca, daripada Arial dengan ukuran 10 dengan 2 sampai 1 margin.

Sebagai kesimpulan, untuk sebuah email yang mudah dibaca, sebaiknya menggunakan jenis font Arial 12 atau Verdana dengan ukuran 10 atau 9. Untuk berita utama atau judul, ia menyarankan untuk menggunakan font Verdana yang berani yaitu dengan ukuran lebih besar.

Menentukan Font

timthumb

Jadi, sekarang ketika Anda ingin mengirimkan surat penjualan atau email kepada klien, mungkin ide yang baik adalah meminta bertanya penawaran berupa apa yang ingin mereka terima. Jika mereka ingin menerima sebuah surat cetak, Anda bisa menggunakan jenis font Serif, dan begitupula ketika mereka hanya ingin membaca sebuah email, maka Anda bisa menggunakan jenis font Sans-Serif.

Sumber

Baca juga:

Teknik Menggunakan WhatFont, Ekstensi untuk Font dari Google

7 Desain Web yang Membuat Orang Menjadi Kesal

7 Tips Desain Website untuk Memberikan Kenyamanan Pengunjung

Loading...

  • 22
    Shares

8 komentar

  • 18 Oktober 2014 - pukul 20:32

    Saya lebih suka menggunakan Calibri.

  • 14 April 2015 - pukul 7:44

    Untuk isi saya lebih suka pakai Myriad Pro

  • 14 April 2015 - pukul 7:45

    Untuk isi saya lebih suka menggunakan Myriad Pro

  • 10 Juli 2017 - pukul 17:00

    Lagi mencari cara pemilihan font untuk CV dan saya “tersasar” ke website ini.

    Terima kasih untuk tipsnya, kini saya tidak tahu lagi dalam memilih jenis font.

  • 10 Juli 2017 - pukul 17:01

    Lagi mencari cara pemilihan font untuk CV dan saya “tersasar” ke website ini.

    Terima kasih untuk tipsnya, kini saya tidak ragu lagi dalam memilih jenis font.

  • 11 Februari 2018 - pukul 9:13

    Blog saya isinya cerpen, saya sudah gonta-ganti font dan akhirnya jatuh di calibri…

    Mungkin admin bisa rekomendasikan ke saya…

  • Anisa
    10 Juli 2018 - pukul 15:05

    Menarik. Saya sedang mencari font untuk bacaan dan soal siswa SD. Tentunya akan berbeda antara siswa kelas rendah (1, 2, 3) dan kelas atas (4,5,6). Senang sekali apabila ada dasar penelitian atau keilmuan untuk itu.

  • 14 Maret 2019 - pukul 16:51

    hehhhe nemu juga tulisan , banyak font yg aku suka dari versi aku, tapi gak tau dari versi pembaca, akhirnya daku tau dari sini mana font terbaik untuk pengunjung blog

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *