Running A Business

Apa yang Harus Dilakukan saat Gagal dalam Berbisnis?

 

Gagal dalam Berbisnis – Dalam sebuah perjalanan bisnis, kita akan selalu menginginkan sebuah kesuksesan. Sukses dalam arti mendapatkan banyak relasi, mendapatkan laba yang berlipat dan bertahan serta memenangi setiap kompetisi pada pasar bisnis. Tidak sedikit pebisnis yang rela melakukan apapun untuk bisa menjadi sukses yang mereka bayangkan. Di sisi lain, setiap pebisnis juga pasti berupaya keras untuk menghindari situasi gagal dalam berbisnis.

Namun, perlu Anda ketahui, ada dari sebagian mereka yang ingin sukses malah memilih untuk mencari cara untuk gagal. Bukan berarti tidak ingin sukses atau sedang bercanda tentang sebuah kata sukses. Mereka ini yang selalu berfikir untuk gagal dulu lalu kemudian menggapai sukses yang bukan hanya menurut pemikiran seorang. Lalu bagaimana mereka melakukan itu? Apa manfaatnya berfikir untuk gagal?

Ingat kembali kegagalan Anda saat mengawali bisnis dahulu

Sejatinya, kegagalan sudah menjadi hal yang umum bahkan sejak mengawali bisnis di awal. Tak terlepas dari kegagalan-kegagalan sepele seperti saat hendak membuka toko, menawarkan produk, atau melayani pelanggan. Saat kita menginhgat momen tersebut, kita akan memiliki pemikiran untuk mencari jalan keluar untuk setiap masalah tersebut. Anda bahkan tidak akan sempat berfikir, bagaimana Anda dapat berjalan dengan cepat untuk melalui kegagalan usaha Anda, saat Anda saja tidak siap untuk menerima kegagalan tersebut.

Setiap pemilik bisnis harus sudah memikirkan bagaimana bisnisnya akan melangkah dan menemui sebuah kegagalan. Ketika sudah kita fikirkan dari awal, kita akan mudah untuk mengantisipasi dan berusaha untuk mencari jalan keluar dari setiap kegagalan yang ada.

Tetaplah berpikir positif sekalipun gagal dalam berbisnis

Banyak dari kita yang akan berfikir gagal setelah berfikir sukses terlebih dahulu. Saat kita berfikir untuk terus menjadi sukses dengan ambisi yang tidak terkendali, kita akan sadar bahwa akan dihadapkan oleh sebuah masalah yaitu menjemput kegagalan. Karena sebuah kegagalan itu pasti muncul dalam pekerjaan apapun.

Sebaliknya, ketika ada mereka yang berfikir untuk lebih dulu merasakan gagal untuk menjemput kesuksesan, akan selalu berfikir positif dalam menghadapi setiap kegagalan yang ia dapatkan. Bahkan mungkin tidak ada yang namanya berfikir negatif atau curiga terhadap setiap pekerjaan yang ia kerjakan. Dalam beberapa kasus, berencana untuk gagal akan membantu kita belajar bagaimana mengantisipasi setiap kejadian yang mungkin akan terjadi.

Yakinlah hal ini dapat bantu memperbaiki mindset Anda

Kita memang tidak ingin terjadi sebuah kegagalan atau kecelakaan dalam bisnis kita, itu sebabnya kita akan mencoba berfikir lebih keras terhadap semua hal yang kemungkinan akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis kita. Kita akan dipaksa untuk melihat kemungkinan baik dan buruk yang akan terjadi. Ini akan membantu kita untuk menjadi lebih objektif dalam menghadapi setiap permasalahan.

Setiap solusi yang muncul atas suatu permasalahan juga harus mampu membangun menjadi lebih besar lagi, bukan hanya sekedar memecahkan satu masalah saja. Menjadi lebih objektif juga membantu kita untuk mampu mengatur setiap emosi yang muncul saat mulai mengembangkannya. Kita tidak akan siap untuk menerima kegagalan, saat itu saja tidak kita siapkan dari sekarang.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mempersiapkan diri menghadapi sebuah kegagalan dalam bisnis yang dijalani?
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *