Technology

Ganti WordPress ke Bahasa Indonesia

 

Bagi pengguna WordPress, tentu anda sudah tahu kalau bahasa default WordPress adalah English. Tetapi anda juga bisa mengubahnya ke Bahasa Indonesia. Untuk instalasi baru, anda tinggal download aplikasi WordPress berbahasa Indonesia di sini: http://id.wordpress.org. Sedangkan apabila anda sudah terlanjur install WordPress berbahasa Inggris, maka untuk mengubahnya ke default bahasa Indonesia, anda bisa mulai dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1.    Download paket WordPress berbahasa Indonesia di sini:  http://svn.automattic.com/wordpress-i18n/id_ID/l10n/l10n-wp-id_ID-3.3.zip.

2.    Unggah paket tersebut ke hosting anda, kemudian ekstrak ke folder instalasi WordPress anda. Anda bisa upload dan extract pakai software FTP ATAU upload dan extract file melalui File Manager sebagai fitur bawaan cPanel.

3. Berikutnya silakan cek direktori wp-content untuk memastikan apakah di dalamnya sudah terdapat folder languages.

4.    Edit file wp-config.php WordPress anda (biasanya letaknya sejajar dengan file index.php WordPress). Kemudian temukan baris code berikut:

5.    Ganti menjadi:

6. Kemudian SAVE.  Sekarang login ke halaman dashboard anda. Bila sudah berhasil maka secara otomatis default bahasa inggris anda akan langsung beralih ke bahasa Indonesia.

Selamat Mencoba ;-)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *