Interviews

Gerai Online Raxu-Shoes.com: Berawal dari Iseng, hingga Memiliki Workshop Sendiri

 

   

Poppy Sulastri adalah co-founder toko online Raxu Shoes. Di suatu kesempatan, Poppy Sulastri membagikan cerita pengalamannya membangun Raxu Shoes yang hingga sekarang sudah bertahan selama 4 tahun. Menarik sekali mengikuti perkembangan sebuah toko online untuk mengetahui sudah sejauh mana toko online kita sendiri berkembang. Seperti apa?

Halo mbak Poppy, bisa diceritakan latar belakang pendidikan Anda?

Saya adalah lulusan D3 Akutansi.

Bagaimana awalnya ketika anda masuk ke dunia enterpreneur?

Awalnya sekedar iseng saja. Ketika masih kuliah, saya mencari bagaimana caranya buat nambah uang saku. Maka sekitar tahun 2009, melalui Kaskus saya jual sepasang sepatu yang saya beli dari pengrajin. Rupanya banyak peminatnya. Kemudian saya dan mas Gin Gin Ginanjar, yang saat itu masih jadi pacar saya, mendirikan Raxu Shoes. Hingga sekarang sudah 4 tahun sejak Raxu Shoes berdiri dan sudah punya workshop sendiri. Dulu kita sempat beberapa waktu ambil dari pengrajin. Namun karena hasilnya tidak sesuai, maka kita buka workshop sendiri.

Menurut anda, seperti apa suka dukanya selama jadi enterpreneur?

Kita harus bisa menyeimbangkan antara waktu dan keluarga. Enterpreneur tidak ada jam yang fix seperti kantoran, tidak bisa berangkat jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Kita harus komitmen 24 jam untuk melayani pembeli.

Ceritakan tentang bisnis anda dan jenis produk yang anda tawarkan?

Raxu Shoes menjual berbagai jenis model, mulai Formal, Boots dan Sneaker. Kita tidak ingin terpaku di satu model saja karena kita ingin menjangkau berbagai kalangan. Selain itu, kita juga menerima pesanan custom, yaitu dari desain customer sendiri.

Apa sentuhan yang membuat bisnis anda berbeda?

Yang pertama adalah kita menerima custom. Ini yang menurut saya tidak banyak dimiliki toko online lain. Kemudian kita juga ada garansi. Jadi kalau ukuran sepatu tidak pas, kita bisa buatkan yang lebih sesuai. Kita juga ada sistem member untuk pelanggan yang sudah sering beli akan mendapatkan hadiah. Kita juga punya sosial media yang cukup aktif. Pengaruhnya adalah ketika promosi, misalnya event photo contest, pesertanya banyak dan impact-nya juga besar.

Prestasi terbaik yang pernah diraih bisnis anda?

Sejauh ini kita sudah menjual 10 ribu pasang sepatu ke seluruh pelosok Indonesia. Kita juga sering menerima pesanan dari Australia. Beberapa customer kami ada di sana.

Pengalaman paling berkesan selama menjalankan bisnis?

Selama menekuni bisnis ini, saya bisa belajar tentang bagaimana menghadapi berbagai macam tipe customer dan tahu mengenai berbagai keinginan customer. Hal ini sangat memuaskan bagi saya. Karena bagi kami, konsumen adalah raja. Jadi apa yang diinginkan konsumen sebisa mungkin kita penuhi dengan menjadi pelayan dan pendengar yang baik. Pernah suatu saat ada beberapa pasangan memesan sepatu dari kami beberapa hari sebelum hari-H pernikahan mereka. Rasanya senang sekali bisa memenuhi pesanan dan mewujudkan kebahagiaan seperti ini.

Tantangan dan kendala yang sedang anda hadapi?

Pertama adalah kekurangan tenaga kerja ahli. Saat ini entah kenapa rasanya sulit sekali mencari pengrajin sepatu. Kemudian juga bahan baku yang mahal. Yang lainnya alhamulillah lancar.

Apa rencana anda ke depan untuk mengembangkan Raxu Shoes?

Karena sekarang baru online, maka ada rencana bagi kami untuk membuka toko offline di Bandung.

Saran terbaik yang dapat anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Bagi anda yang baru buka, yang penting adalah ketekunan. Jangan pernah menyerah. Kemudian juga tetap ingat dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian fokus. Ketika anda sudah pegang sebuah bisnis, dan menemukan ada hal yang lebih menarik, anda harus ingat kembali mengenai komitmen di awal.

Terimakasih mbak Poppy untuk cerita perjalanan bisnis yang telah anda bagikan. Semoga sukses selalu untuk Raxu Shoes. :-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun!

Mebiso

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *