Technology

Retouching Photo dengan Software GIMP Image Editor

 

   

Siapa yang tidak kenal Photoshop? Seperti halnya Photoshop, ada satu lagi software citra digital yang fiturnya tidak kalah bersaing. Gratis pula.  Jadi tidak perlu beli lisensi dulu seperti Photoshop – atau crack untuk menggunakannya. Namanya adalah GIMP (GNU Image Manipulation Program). Anda bisa download installernya di sini: www.gimp.org/downloads/. GIMP dapat menjalankan fungsi dasar sebuah software citra digital seperti ganti warna, resize, dan memberi elemen-elemen tambahan pada foto. Namun GIMP juga punya fasilitas lain tingkat lanjutan seperti menambahkan dan membuat Action sendiri dengan menggunakan “Script Fu” dan bahasa pemrogaman “Python”. Kita tidak akan membicarakan mengenai tingkat lanjutannya karena kali ini saya akan coba memperkenalkan GIMP dengan menunjukkan bagaimana proses pengaturan warna pada GIMP 2.8 versi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka GIMP, kemudian pilih gambar yang ingin di edit.

2. Setelah tampil, pilih menu “Colors”.

Di dalam menu “Colors” terdapat berbagai pengaturan yang dibutuhkan untuk mengatur warna, kontras, dan semua perubahan warna seperti pada Photoshop. Sebagai percobaan, kita akan mengatur kontras image.

3. Pilih menu Colors > Brightness-Contrast

Tampilan di atas juga bisa diubah ke dalam tampilan seperti di bawah ini untuk pengaturan lebih lanjut. Caranya dengan klik tombol “Edit these Setting as Levels”. Nah, lewat pengaturan di bawah ini sendiri kita bisa mengatur “Levels” dan “Adjust Color Curves” seperti di Photoshop.

4. Berikut adalah hasil sebelum dan sesudah edit kontras gambar pada GIMP:

Jadi bagaimana menurut anda, kemampuan program Open Source khususnya GIMP tidak kalah bersaing program seperti Photoshop bukan? Lagipula, kita bisa menghemat sebagian besar pengeluaran. Khususnya bagi toko online yang pada dasarnya membutuhkan solusi yang sifatnya low budget and high impact. Maka GIMP menurut saya sudah bisa jadi salah satu jawaban. [Bagus]


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *