Interviews

GPDistro.com, Dari Hobby Hingga Menjadi Bisnis Keluarga Kecil Bapak Andriyanto

 

   

Bermula dari hobby, kini Bapak Andriyanto(30) sukses membangun dan mengebangkan bisnis onlinenya. Bisnis online ini bergerak dibidang penyediaan berbagai accessories yang berhubungan dengan kegiatan MotoGP. Produk yang dihasilkanpun ia produksi sendiri. Ini sebabnya kualitas produk menjadi hal yang utama dan terus ia tingkatkan. Pria lulusan SMK Otomotif ini memang menaruh minat besar dalam mengembangkan bisnisnya ini. Dan kini, bersama sang istri ia giat mengembangkan bisnis GPDistro bak online maupun offline.

Halo Bapak Andri, bisa diceritakan bagaimana awal Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Sebenarnya Saya adalah karyawan swasta di sebuah perusahaan otomotif di daerah Cibinong, Bogor. Saya memiliki keluarga kecil dan saat ini memiliki 1 anak laki-laki berumur 4 tahun. Saya berpikir bahwa tidak mungkin selamanya menjadi karyawan karena makin lama tanggung jawab dan kebutuhan hidup saya semakin besar sehingga saya memilih untuk terjun ke dunia bisnis online yang menurut saya peluangnya masih sangat luas.

Saya juga berpikir, bahwa orang – orang yang sukses yang ada saat ini adalah sebagian besar orang – orang yang berdagang sesuatu barang dan bukan seorang karyawan. Jadi kalau saya terus menjadi karyawan tanpa ada usaha yang lain, maka jalan kesuksesan yang saya tempuh mungkin sangat lama, oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis dari sesuatu yang saya sukai yaitu di bidang otomotif. Dan tentu saja tanpa mengganggu waktu saya sebagai karyawan perusahaan.

Wah berawal dari hobi ya Pak. Lalu adakah hal yang menurut Bapak sudah pernah Bapak korbankan untuk menjadi seorang enterpreneur ini?

Pengorbanan? Menurut saya dalam menjalankan bisnis online ini saya tidak banyak mengorbankan sesuatu, tapi ada juga sih.

Pertama, saya harus menghilangkan rasa malu saya dari teman teman saya karena untuk memulai bisnis ini saya harus berhutang ke Bank dan menyekolahkan BPKB motor saya.

Kedua, bisnis ini tidak saya jalani sendiri, tapi berdua dengan istri tercinta saya dan dia yang sehari – hari mengorbankan banyak waktunya untuk melayani pelanggan dengan BBM-an sepanjang waktu bahkan sampai jam 24.00. Tapi walaupun begitu, dia masih tetap bisa menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik bagi saya dan anak saya.

Nah, lalu sebenarnya apa sih GPDistro itu sendiri?

GPDistro Online Store adalah sebuah toko fashion online yang menjual pakaian distro yang di khususkan untuk pelanggan yang hobby dengan balapan MOTOGP. Yang dijual adalah produk berupa merchandise team dan pembalap MOTOGP seperti tshirt, kemeja, jacket, topi dan sweater dan merupakan produk asli Indonesia.

Latar belakang bisnis ini, bermula dari hobby saya yang sehari – hari bergelut di bidang otomotif (bengkel sepeda motor) dan menggemari balap MOTOGP. Karena hobby, maka saya membeli sebuah kemeja merchandise MOTOGP. Pada saat saya pakai di kantor teman – teman melihat dan tertarik untuk nitip di belikan. Bermula dari 1 orang teman merambah ke teman- teman lainnya, lalu saya iseng – iseng pajang foto saya di profile BB saya dan tidak di duga teman – teman di contact BB saya banyak yang tertarik ikut membeli, saya terkejut karena dalam sehari pertama saya memajang foto saya itu sudah ada pesanan 2 lusin lebih. Saat ini produk yang paling banyak di cari adalah Kemeja Team dan T-Shirt Pembalap Valentino Rossi.

Wah hebat sekali Pak, di awal saja sudah terlihat bagus. Lalu dengan cara apa saja Bapak menjual produk disini? Dan sudah sampai saat ini sudah dijual kemana saja nih Pak produknya?

Pemasaran produk saya melalui:

1. Online melalui website www.gpdistro.com dan facebook fanpage sampai saat saya ini sudah ada 3.283 dan setiap hari bertambah terus fanspagenya.

2. BBM Group dan SMS

3. Offline (berkunjung ke rumah dan toko, setelah berjalan 2 tahun demi meyakinkan para pelanggan saya memutuskan untuk sewa kios kecil berukuran 3×3 meter di sebuah Mall di Cibinong, Bogor)

Dan Alhamdulillah melalui online produk saya sudah terjual beberapa kali ke luar negeri paling jauh ke Malaysia dan Taiwan. Bahkan mereka sudah berlangganan hingga saat ini, selain itu tentunya sudah banyak reseller – reseller di Indonesia dari berbagai pulau.

Bagaimana Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Kalo harga, produk saya bukan yang termurah dari kompetitor kami, tapi kami percaya dengan pelayanan yang CEPAT, MUDAH dan RAMAH serta JAMINAN GARANSI PRODUK menjadi kelebihan kami dalam berbisnis online. Sehingga mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Jaminan garansi produk adalah jaminan kualitas apabila barang yang dibeli tidak sesuai harapan pelanggan, maka kami minta untuk dikembalikan dan ditukar dengan produk lain atau kami kembalikan uang pelanggan.

Sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa Pak?

Bagi saya, KEMASAN itu penting!! Oleh sebab itu saya menonjolkan desain website yang menarik, mudah diakses dan saya memajang foto produk dengan lebih jelas di website dibanding milik pesaing. Kebanyakan orang tipenya visual, dengan barang yang sama tapi kalo cara mengemasnya berbeda maka yang dipilih pasti yang kemasannya menarik dilihat mata, walaupun harganya sedikit lebih mahal.

Lalu apa nih prestasi yang sudah pernah Bapak capai dari bisnis ini?

Prestasi terbaik saya adalah

1. Mencetak rekor penjualan terbesar dalam satu hari pada saat mengikuti event di lapangan sirkuit internasional Sentul. Pada waktu itu ada event balap yang diadakan oleh salah satu pabrikan motor di Indonesia dan mendatangkan pembalap MOTOGP langsung dari spanyol. Dan kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk membuka stand kecil di sana dengan sebuah tenda. Dan Alhamdulillah dalam sehari mencetak rekor penjualan sebesar ± 10 kali lipat dari hari biasanya,bagi saya itu angka penjualan yang fantastis bagi seorang pemula seperti saya.

2. Mengajak keluarga berlibur ke Bali selama 4 hari, dimana ini merupakan impian kami sekeluarga selama kami menikah 6 tahun dan selama bekerja menjadi karyawan saya belum ada kesempatan ke sana, namun setelah menjalani bisnis ini saya bisa mengajak keluarga untuk pertama kalinya kami berlibur kesana.

Wah hebat sekali Pak sudah mampu mencapai prestasi seperti itu? Apa sih pengalaman Bapak yang paling berkesan saat menjadi enterpreneur ini?

Ada seorang pelanggan bernama pak Robert dari Jakarta yang kebetulan dalam situasi mendesak membutuhkan kemeja “Ferrari” dan kebetulan yang diinginkan ada di toko online saya. Beliau menelpon saya dan minta beli dengan COD. Waktu itu harga kemeja tersebut 120.000 namun karena hari minggu dan tidak ada jasa pengiriman yang bisa mengirimkan di hari  itu, maka saya dengan berat hati menolak pesanannya. Kemudian pak Robert memberikan penawaran kepada saya agar saya sendiri yang mengirimkan baju pesanan beliau ke daerah Grogol, Jakarta dan beliau mau membayar 600.000. Sayakagetdan setengah tidak percaya, mana ada yang mau bayar baju sebesar itu sedangkan harga baju saya sebenarnya hanya 120.000,-. Lalu saya jawab saya terima ordernya dan akan saya kirimkan setelah transfer pembayaran saya terima, kemudian dalam 15 menit ada notifikasi via SMS bahwa ada transfer masuk ke rekening saya sebesar 600.000 !!! makin kaget saya ternyata pak Robert ini serius.

Lalu saya telepon pak Robert ini dan ternyata beliau benar – benar membutuhkan baju tersebut karena akan dipakai besok di acara kantor beliau dan minta untuk diantar hari itu juga. Akhirnya kami janjian di sebuah Mall besar di Grogol dan kami ketemuan disana. Lalu kami ketemu, saya serahkan baju pesananya dan saya tidak lupa berikan hadiah berupa 1 buah T Shirt ferrari juga dan kami ngobrol sebentar lalu beliau mencoba baju yang dipesan, kebetulan cocok dan saya sangat berterimakasih kepada beliau atas special ordernya.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Makin kesini toko offline makin tidak diminati Kalau dilihat banyak ruko – ruko kosong yang kurang di minati untuk usaha, karena banyak yang mulai beralih ke bisnis online, bisnis yang paling mudah dan tidak menyita waktu, saking mudahnya semua orang bisa menjalaninya, tapi menurut saya membutuhkan kesabaran dan kreatifitas agar online shop bisa di kunjungi banyak pelanggan, oleh sebab itu saya masih terus banyak belajar dari berbagai macam toko online yang sudah sukses dari berbagai media demi mengembangkan online shop saya.

Tantangan dan kendala apa saja yang pernah Anda hadapi?

Kendala yang dihadapi tidak terlalu menjadi masalah bagi saya, karena sudah menjadi kewajaran bagi seorang pebisnis untuk menghadapi segala tantangan yang ada dan itu membuat kami semakin lebih baik. Mungkin hal kecil yang menjadi tantangan bagi saya adalah keterlambatan proses pengiriman yang kadang terkendala karena cuaca. Namun karena komitmen kami memberikan kecepatan dalam proses pengiriman barang ke pelanggan. Sedangkan saat ini proses pengiriman kami masih dilakukan sendiri oleh istri saya, yang setiap dalam proses pengiriman sambil mengajak anak saya yang masih berumur 4 tahun.

Apa nih rencana ke depan untuk mengembangkan bisnis GPDistro ini?

Memperbanyak desain dan meningkatkan kecepatan proses produksi agar variasi produk makin banyak, serta mulai membuat system penjualan yang lebih teratur dan rapi untuk reseller, dropshiper dan retailer.

Siapa yang paling memotivasi Anda dalam menjalani bisnis ini?

Ada dua orang, yaitu:

1. Steve Jobs dengan quotenya “Stay Hungry, Stay Foolish”, memotivasi saya untuk tidak mudah puas dan selalu ingin belajar.

2. Pimpinan perusahaan saya Bp Alexander Lunardi dengan Quote nya “Do What I Love and Share with My Love”, lakukan yang saya sukai dan berbagi dengan orang yang saya cintai.

Nah untuk yang terakhir, adakah saran yang ingin Bapak sampaikan kepada para pembaca?

Berani memulai dari hal – hal yang kecil dan konsisten menjalaninya dengan sabar dan pantang menyerah akan menjadi modal untuk menjadi enterpreneur besar.

           

Artikel Terkait

2 komentar

  • 10 November 2014 - pukul 18:57

    awesome, salam kreatif

  • harry
    20 May 2015 - pukul 20:13

    Wow… dari hal hal kecil bisa menjadi besar kalo mau bersabar dan pantang menyerah… good job brother… sukses selalu.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *