Leadership

Gunakan Teknik 5 Whys untuk Mendapatkan Akar Masalah Anda

 

Loading...

Bagaimana cara menggunakan teknik 5Whys tersebut.

Semua masalah yang timbul memiliki akar dari penyebab hal tersebut terjadi. Sebuah solusi cepat mungkin diperlukan namun hal tersebut merupakan solusi yang temporary dan mungkin hanya menyelesaikan sebagian kecil dari masalah. Untuk mengatasinya dengan baik, Anda perlu menelusuri akar penyebab masalahnya, salah satu teknik penelusuran tersebut adalah 5Whys merupakan teknik yang dibangun oleh Sakichi Toyodas.

Tentang teknik tersebut

Sakichi Toyoda, salah satu bapak revolusi industri Jepang, mengembangkan teknik Kenapa yang pada 1930-an . Dia adalah seorang pengusaha, penemu dan pendiri Toyota Industries. Tekniknya menjadi populer pada 1970-an dan Toyota masih menggunakannya untuk memecahkan masalah hari ini.

5whys sangat efektif bila jawaban datang dari orang-orang yang memiliki pengalaman proses yang bermasalah. Hal ini sangat sederhana: ketika terjadi masalah, Anda menemukan sifat dan sumber maslaahnya dengan bertanya “mengapa” tidak kurang dari lima kali. Contoh kasusnya dibawah ini:

Kasusnya: Klien Anda menolak untuk membayar selebaran yang telah dipesan dan Anda cetak untuk mereka.

Anda menanyakan kebagian operasional:

1. Mengapa? Pengiriman terlambat, jadi selebaran tidak dapat digunakan.
2. Mengapa? Pekerjaan ini memakan waktu lebih lama dari yang kita antisipasi.
3. Mengapa? Kami kehabisan tinta printer.
4. Mengapa? Tinta itu semua digunakan pada besar, order-menit terakhir.
5. Mengapa? Kami tidak memiliki cukup di saham, dan kita tidak bisa memesan di cukup cepat.

Counter-Measure: Kita harus mencari pemasok yang dapat memberikan tinta pada pemberitahuan yang sangat singkat.

Kapan Menggunakan 5Why

Anda dapat menggunakan 5 Kenapa yang dalam pemecahan masalah, peningkatan kualitas dan pemecahan masalah, tetapi yang terbaik untuk masalah sederhana atau medium.

Untuk lebih banyak masalah kompleks atau kritis, dengan memakai 5whys dapat menyebabkan anda terpelosok ke satu lubang padahal banyak lubang penyebab yang harus anda cari. Di sini, metode Cause and Effect Analysis mungkin lebih efektif.

Teknik sederhana ini, bagaimanapun, sering cepat mengarahkan Anda ke akar masalah. Jadi, setiap kali sistem atau proses tidak bekerja dengan baik, mencobanya sebelum Anda memulai pendekatan yang lebih mendalam.

Kesederhanaan dari 5 alat Kenapa yang memberikan fleksibilitas yang besar, juga, dan menggabungkan baik dengan metode dan teknik lainnya. Hal ini sering dikaitkan dengan lean manufacturing (juga bagian dari Toyota Production System), di mana ia digunakan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan praktek-praktek boros.

Cara Menggunakan 5Whys

5 Kenapa yang adalah sederhana, alat praktis yang sangat mudah digunakan. Ketika masalah muncul, hanya terus bertanya pertanyaan “mengapa” sampai Anda mencapai sumber yang mendasari masalah, dan sampai counter-mengukur kuat menjadi jelas.

Kunci

5 Strategi Kenapa yang adalah mudah digunakan, alat yang efektif untuk mengungkap akar masalah. Anda dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah, pemecahan masalah dan inisiatif peningkatan kualitas.

Mulailah dengan masalah dan bertanya “mengapa” itu terjadi. Pastikan bahwa jawaban Anda didasarkan pada kenyataannya, kemudian bertanya “mengapa” lagi. Lanjutkan proses sampai Anda mencapai akar penyebab masalah, dan Anda dapat mengidentifikasi Counter-Measure yang mencegah hal tersebut berulang.
Ingatlah bahwa proses interogasi ini paling cocok untuk masalah sederhana hingga medium.

Baca juga:

Entrepreneur itu Bukan Hanya Masalah Nominal

Peluang itu Datangnya dari Masalah

9 Langkah Memecahkan Masalah dengan Lebih Efektif

Loading...

1 komentar

  • 9 September 2018 - pukul 4:15

    Tulisannya tidak enak dibaca. Seperti hasil google translate yang tidak diedit dengan baik.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *