Inspirasi Partner Produktivitas

5 Hal Produktif di Rumah Yang Bisa Anda Lakukan

 

Loading...

Hal produktif di rumah – Terjebak di rumah dan tidak bisa melakukan apapun terdengar sangat menyebalkan. Baik sebagai ibu rumah tangga, pekerja yang dirumahkan, ataupun wirausahawan yang tinggal di rumah kerap kali merasakan hal ini.

Terlebih lagi ketika pandemi COVID-19 masih terjadi dan anjuran terbaik untuk kesehatan Anda adalah stay at home atau di rumah aja. Banyak sekali masyarakat yang butuh beradaptasi dan tidak bisa beraktivitas produktif ketika di rumah saja.

Kenyataannya, dengan banyaknya peran teknologi di kehidupan kita, ada banyak hal produktif di rumah yang bisa Anda lakukan. Mebiso dan Apiary bekerja sama untuk memberikan Anda 5 hal produktif di rumah yang bisa Anda coba!

1. Mempelajari hal baru secara online

Banyak alasan untuk bermalas-malasan di rumah. Tetapi jika Anda mau mengubah kebiasaan ini menjadi lebih produktif, Anda bisa memulai dengan belajar online.

Tidak perlu terlalu akademis seperti Coursera atau Skillshare, Anda bisa memulainya dengan mencari resep masakan terbaru untuk di rumah aja!

Tentunya hal ini bisa dikembangkan menjadi potensi bisnis Anda ke depannya. Jika menjadi koki adalah hal yang tidak terpikirkan, Anda bisa memulainya sebagai fotografer makanan dari rumah Anda!

Langkah lebih besar adalah Anda bisa memulai pembelajaran baru seperti programming C++ atau ilmu lain yang bisa dimanfaatkan untuk sertifikasi Anda.

Bagi freelancer, tentulah hal ini sangat bermanfaat, bukan?

2. Berolahraga secara rutin

Salah satu tren yang muncul sejak karantina dan di rumah saja adalah olahraga secara rutin. Banyak pelatih personal trainer yang menawarkan jasa pelatihan secara virtual.

Kenapa Anda perlu berolahraga saat di rumah? Tentunya aktivitas yang terbatas terlebih di dalam tempat yang nyaman mengundang Anda untuk bermalas-malasan.

Dengan berolahraga, Anda bisa meningkatkan detak jantung dan adrenalin sehingga bisa membantu Anda untuk bersemangat, apalagi di pagi hari atau sedang jenuh!

Saat berolahraga, Anda bisa menggunakan berbagai website atau video YouTube. Namun pastikan:

  • Fokus pada bagian tubuh yang ingin dilatih
  • Gunakan durasi agar tidak berlebihan
  • Jangan lupa membuat hari beristirahat agar tidak jenuh dan kelelahan

3. Belajar bahasa baru

Salah satu keunggulan teknologi dan internet adalah membantu Anda menemukan klien atau rekan kerja internasional meskipun Anda di rumah saja.

Rekan kerja internasional bukan hanya menambah gengsi, tetapi membantu Anda menemukan pandangan baru tentang bisnis atau topik yang Anda minati.

Bagaimana caranya? Tentu dengan mulai mengasah ketrampilan baru Anda seperti bahasa.

Jika bahasa Inggris sudah Anda kuasai, Anda bisa mencoba bahasa internasional lain. Tidak hanya bahasa, Anda juga perlu mempelajari budaya-budaya mereka, lho!

Tentunya Anda senang jika rekan kerja Anda juga memahami Indonesia bahkan sedikit-sedikit menggunakan salam dalam bahasa Indonesia, bukan?

Anda bisa mencoba Duolingo atau Rosetta Stone untuk mempelajari bahasa-bahasa yang potensial.

4. Menjadi sukarelawan

Volunteer bisa menjadi salah satu hal produktif di rumah
Unsplash

Ada banyak cara untuk menjadi produktif, salah satunya juga menjadi sukarelawan.

Ya, banyak sekali masyarakat yang kurang mampu membutuhkan bantuan. Anda bisa melakukan sukarelawan secara online di beberapa situs seperti UN Refugee Agency, Greenpeace, Indorelawan, dan UNICEF.

5. Tentunya, tetap terhubungan dengan saudara dan sahabat

Meskipun jarak menghalangi, tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi mereka melalui telefon atau video call. Anda juga bisa bermain game bersama atau mengerjakan tugas secara virtual. Menyenangkan, bukan?

Itulah 5 hal produktif di rumah yang bisa Anda lakukan bersama. Jangan lupa untuk terus bahagia dan mencari bantuan jika merasa tidak nyaman. Stay safe!


Artikel ini diterbitkan pertama di Apiary. Kunjungi untuk tips produktivitas lainnya.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *