Running A Business

Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Web Hosting

 
  • 79
    Shares

   

Web hosting merupakan elemen penting untuk mendevelop website. Web hosting menjadi salah satu faktor penentu juga apakah website Anda cepat diakses atau tidak di internet. Kami yakin, sebelum menentukan pilihan web hosting mana yang akan Anda pilih, pasti Anda telah melampaui proses seleksi dari beberapa penyedia web hosting indonesia maupun luar negeri.

Guna menambah informasi untuk Anda dan dapat menjadi bahan pertimbangan, berikut tim Mebiso ulas beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli web hosting:

1. Pelajari tawaran “GRATIS” domain

Siapa yang tidak senang jika diberikan sesuatu yang GRATIS?

Pasti sangat antusias sekali untuk mendapatkannya bukan. Namun jika ini terkait domain, maka Anda harus teliti lebih jauh lagi. Perhatikan! Apakah benar nantinya domain didaftarkan atas nama Anda, jika tidak maka akan membahayakan secara jangka panjang bagi Anda.

Lalu bagaimana dengan biaya tahun kedua, karena bisa jadi biaya registrasi awal akan “dibebankan” di tahun kedua saat Anda perpanjangan. Jadi, tanyakan lebih jelas kepada penyedia web hosting terkait hal ini.

2. Beli domain dan hosting bisa terpisah

Nama domain tidak harus terdaftar di perusahaan yang sama. Anda bisa mendaftarkan web hosting Anda di penyedia yang berbeda. Mengapa demikian? Karena untuk menghubungkan antara domain dan hosting, Anda cukup menyetting name servernya saja sesuai dengan yang diberikan penyedia web hosting. Namun jika Anda sudah memutuskan penyedia web hosting kepercayaan Anda, maka lebih baik jika domain juga didaftarkan pula pada penyedia tersebut untuk mempermudah managemen account Anda.

3. Perhatikan bandwidth dan space

Bandwidth dan Space adalah komponen yang kadang terlewat. Anda harus lebih jeli dengan menanyakan quota bandwitdh hosting Anda, apalagi jika aktifitasnya tinggi. Bagaimana ukuran disk space Anda tempat menyimpan semua file website Anda.

4. Pelajari tawaran “Unlimited Space & Bandwidth”

Saat ini memang sudah banyak penyedia web hosting internasional yang menyediakan unlimited space & bandwidth. Disini perlu Anda ketahui bahwasannya untuk space dan bandwidth mungkin memang tidak dibatasi, namun tentunya ada ketentuan-ketentuan lain yang mengikutinya agar web hosting Anda tetap dapat berjalan lancar. Anda dapat mencari informasi ini di halaman aturan layanan, atau dapat langsung Anda konsultasikan dengan penyedia web hosting.

5. Cari tahu tentang kredibilitas web hosting

Carilah review terkait web hosting di forum atau blog yang mengulas tentang web hosting. Bila Anda mempunyai rekan yang berkecimpung di dunia website, bisa juga Anda tanyakan kepada mereka. Tentu Anda juga harus tetap obyektif dan mencari opini tidak hanya dari 1 sumber saja.

6. Manfaatkan promo atau kupon diskon

Dalam dunia bisnis, tak jarang perusahaan memberikan promo menarik atau kupon diskon guna menarik pelanggan. Untuk itu sebelum Anda memutuskan membeli, tanyakan kepada penyedia web hosting Anda apakah ada promo atau tidak. Dengan memanfaatkan promo maka biaya Anda bisa lebih hemat bukan?

7. Pastikan mendapat file backup

Kami menyadari Anda seorang yang kreatif sehingga sering kali melakukan editing data website Anda. Jika Anda melakukan kesalahan editing data, Anda tidak perlu khawatir jika web hosting Anda memberikan fasilitas backup. Dengan fasilitas ini memungkinkan data Anda dapat kembali seperti semula. Saran kami meskipun penyedia web hosting Anda telah menyediakannya untuk Anda, pastikan Anda dapat mendownload file backup Anda. Kini Anda tidak perlu was-was lagi ketika mengedit konten bukan?

Beberapa hal diatas ada baiknya Anda pastikan sebelumnya. Tetaplah teliti dan jeli sebelum membeli. Konsultasi dengan rekan atau penyedia web hosting bisa membantu Anda menentukan pilihan. Ingin tahu kebutuhan webhosting Anda, konsultasikan dengan tim dari BEON. Tim kami dengan sangat senang hati membantu memetakan kebutuhan Anda akan webhosting yang terpercaya, cepat dan profesional.

                              
Loading...

  • 79
    Shares

Artikel Terkait

0 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *