Running A Business

Harga Mahal adalah Jaminan?

 

Loading...

Kecelakaan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Adi Sucipto – Yogyakarta hari ini mencengangkan masyarakat Indonesia. Berbagai komentar yang saya dengar lihat dan baca dapat disimpulkan menjadi sebuah kalimat “Kok bisa ya kecelakaan? Garuda khan selama ini paling mahal dan dikenal aman”. Hampir setiap orang yang menumpang Garuda dipastikan memilih maskapai ini karena faktor keamanaan diharapkan yang lebih dari pada airlines yang lain. Harga bukan lagi menjadi masalah. Coba tengok alasan Direktur PU yang ditulis Detik.com

Lalu kenapa saya tertarik untuk menulis hal ini di Blog Web Hosting Indonesia kali ini ?

Kemarin 5 Maret 2007 server IIX kami (gatotkaca) mengalami sesuatu yang tidak pernah kami duga direktori /tmp corrupt dan server pun tidak bisa dihindarkan dari downtime selama lebih kurang 5 jam. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi JagoanHosting, Pelanggan dan juga pengunjung dari Site yang di hosting di server gatotkaca.
Beberapa pihak kemudian menyimpulkan dan mengirimkan email bahwa memang layanan hosting murah memang seperti ini. Wow, Misi kami untuk menghapus image hosting murah namun tidak murahan serasa terganjal dengan adanya downtime yang bagi kami sangat lama ini, namun tidak dapat disangkal bahwa ini merupakan kejadian tidak terduga yang juga sama sekali bukan disebabkan karena harga yang murah. Saya jadi teringat ketika Lion Air dan Adam Air mengalami kecelakaan, faktor harga murah langsung di-identikan dengan layanan dan kontrol kualitas yang buruk. Benarkah demikian ?

Dalam semua industri tidak hanya di industri penerbangan, efisiensi memang harus dilakukan untuk dapat menghadirkan layanan dengan harga murah. Demikian juga di JagoanHosting kami melakukan berbagai efisiensi guna menghadirkan layanan yang jago dengan harga murah. Efisiensi di sini tentunya ditujukan bukan untuk mengurangi kualitas. Southwest Airlines melakukan efisiensi dengan menghilangkan kelas tempat duduk dan menggunakan bandara yang tidak sibuk, Air Asia dengan melakukan reservasi online yang memangkas biaya untuk travel agen.

Misi mereka untuk membuat ‘every one can fly’ serasa senada dengan visi JagoanHosting ‘Jagoan Layanannya Jagoan Harganya’ harapan dan mimpi kami menyajikan hosting murah di indonesia yang berkualitas tetap akan mengilhami dan memotivasi kami untuk melayani lebih baik lagi.

belajar dari musibah Garuda Indonesia hari ini, JagoanHosting yakin harga mahal bukanlah sebuah jaminan keamanan. Komitmen adalah kunci melayani lebih baik, kejadian – kejadian buruk atau musibah adalah motivasi untuk melayani lebih baik lagi.

N.B : Team JagoanHosting turut berduka-cita atas musibah yang dialami oleh Garuda Indonesia, tulisan dimaksudkan untuk mencoba melihat sisi lain dari kejadian tersebut.

Loading...

4 komentar

  • 7 Maret 2007 - pukul 22:30

    ikut berduka cita juga buat semuanya…

  • 19 Maret 2007 - pukul 18:44

    Saat AnakGunung dibayarin makan siang di sebuah resto Jl Sudirman Jakarta, oleh Seorang Manajer sebuah Divisi Bank Pemerintah, AnakGunung mengajukan konsep ‘Zero Failure’ pada jaringan ATM Bank tersebut. Beliau tersenyum dan berkata: “Tidak mungkin Mas..”

    Apakah itu berarti Bank Pemerintah tidak memiliki usaha untuk menekan tingkat kegagalan AM hinga ‘Zero’? Bukan, bukan itu artinya.

    Sebuah failure, kegagalan, downtime selalu terjadi. Terjadi pada semua operasional alat, mesin, sistem, baik pada skala sederhana, medium, maupun super canggih. Terjadi pada semua strata kelas harga jual, baik mahal, sedang, murah dan super murah.

    Lalu apa yang bisa membedakan sebuah perusahaan dibandingkan yang lainnya? Disinilah fungsi manajemen pemulihan bencana (disaster recovery management) diperlukan. Bagaimana sebuah organisasi bereaksi terhadap sebuah kegagalan, menentukan positioning organisasi tersebut. Reaksi itu memposisikan perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang sigap, simpatik atau lamban atau kelas teri?

    Reaksi macam apa ? Gampang, biasakan berpikir lateral. Jika kita sebagai customer dan mengalami sebuah ‘bencana’ pada layanan sebuah perusahaan, apa yang kita harapkan dari perusahaan tersebut?

    Illustrasinya di bawah mungkin bisa jadi tambahan semangat buat rekan-rekan JAG:
    Wartawan (W): Sebagai Pengusaha Sukses, apa rahasia Bapak?
    Pengusaha(P): 2 kata, Keputusan Tepat!
    (W): Bagaimana Bapak selalu membuat Keputusan yang Tepat?
    (P): 2 kata, Pengalaman Buruk.

    Semoga bermanfaat.

  • admin
    20 Maret 2007 - pukul 0:09

    #2
    Setuju, Manajemen krisis yang baik adalah hal utama saat terjadi suatu masalah. Membuka semua jalur komunikasi untuk pelanggan agar mendapatkan informasi yang benar salah satu kunci untuk mewujudkan manajemen krisis yang baik.
    Saat kejadian itu kami hanya terpaut 2 jam garansi uptime IIX server dalam bulan maret yang masih 24 hari tersisa dari tanggal 7-Maret. Segala bentuk kompensasi telah kita siapkan dengan sebuah tujuan untuk mempertahankan misi perusahaan.

    Tentunya semua team Jagoan Hosting Indonesia bisa belajar dari kejadian kemarin.

    Terimakasih AnakGunung atas semua saran & kritik yang selama ini telah diberikan untuk JagoanHosting, semoga kami bisa melayani lebih baik lagi, Anda sangat SPECIAL buat kita.

  • Secret
    27 Maret 2007 - pukul 10:19

    Harga Mahal Adalah Jaminan ?
    Jaminan terhadap apa ? keselamatan ? apakah ada perusahaan transportasi yang menjamin 100% keselamatan ?
    Karena kecelekaan bisa karena cuaca, angin, dan siapa yg bisa menetapkan harga/biaya untuk itu ?
    Seharusnya juga dilihat dari sisi operasional, apakah lebih realistis jika harganya lebih murah sedangkan harus mengeluarkan biaya operasional yang tidak sedikit.
    Variabel harga tidak bisa dijadikann tolak ukur keselataman, tetapi pantasnya utk operasional, maintenance, dll.
    Akan berbeda opini publik jika yang mengalami kecelakaan adalah Adam Air, yang notabene terkenal sangat murah.
    “masak sih tiket pesawat bisa semurah itu ??”
    Pertanya selanjutnya, “gimana perusahaan itu bisa bertahan?”. “dari mana biaya utk operasional, dll ?”.
    .. Ahh.. itu urusan internal perusahan kami, Anda sbg pelanggan cukup bayar saja, yg penting murah.

    #
    Semoga negara ini lekas sembuh.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *