Running A Business

Haruskah Sebuah Logo Bisnis Diganti? Simak Penjelasannya Di Sini

 
  • 20
    Shares

   

Masih ingatkah Anda saat pertama menciptakan logo bagi bisnis Anda? Apa yang ada di pikiran Anda ketika merancang, memilih bentuk, warna bahkan menentukan filosofinya?

Ya, setiap perusahaan ataupun produk sebuah bisnis tentu memiliki logo yang menggambarkan bisnis dan produk mereka. Bisa dikatakan salah satu gambaran atas jati diri produk dan bisnis terletak pada logo yang menempel pada setiap elemen yang dimilikinya. Mulai dari website, brosur, sampai ke packaging produk.

Mungkin bagi sebagian orang akan membutuhkan waktu yang lama untuk memikirkan ide sampai dengan menciptakan dan mencetak logo tersebut. Namun lainnya memilih untuk membuat logo dengan folosofi dan arti yang terpikirkan saat itu juga. Seperti halnya 5 produk ternama di dunia ini yang memiliki arti khusus untuk logo yang mereka miliki.

Lalu ketika bisnis sudah mulai berkembang dan produk sudah mulai laris terjual di pasaran, maka strategi bisnis pun akan membuat kita mengubah sedikit demi sedikit logo yang kita miliki. Ya Rebranding namanya.

Tapi apakah harus sebuah bisnis mengubah logo yang sudah melekat padanya? Jawabannya tentu saja tidak. Akan ada banyak pertimbangan sebelum akhirnya Andapun nantinya akan terpikir untuk merubah logo. Bukan karena visi misi yang berbeda, hanya saja perkembangan bisnis Anda yang terkadang membuat Anda harus merubahnya. Artikel berikut ini akan membantu Anda menemukan tanda bahwa produk Anda saat ini membutuhkan logo baru.

Bahkan perusahaan ternama yang sudah memiliki logo melegenda pun juga pernah mengalami Rebranding. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui beberapa alasan yang mungkin digunakan ketika sebuah bisnis mulai merasa perlu merubah logo perusahaan atau produk mereka.

  1. Identitas baru. Beberapa perusahaan melakukan rebranding karena mereka sedang membangun dan mengembangkan identitas baru perusahaan. Mulai dari pembukaan anak perusahaan atau cabang perusahaan.
  2. Adanya manajemen atau kepemimpinan baru. Rebranding terkadang dibutuhkan untuk mengiringi perubahan kepemimpinan di dalam perusahaan itu sendiri.
  3. Analisa prospektif pasar. Karena setelah sekian tahun perusahan perlu menegaskan kembali target yang ingin dicapainya. Dan mulai merencanakan untuk mengubah positioning pada era yang baru, mulai dari logo, jargon dan lain sebagainya.
  4. Merger. Ini bisa terjadi ketika perusahaan Anda misalnya bergabung dengan perusahaan lainnya, dan membentuk nama perusahaan yang baru.

Selain keempat alasan yang umum dipilih oleh perusahaan ketika ingin melakukan rebranding baik merek ataupun logo perusahaan mereka, ada banyak juga alasan yang bisa diutarakan.

Contohnya saja perusahaan Beon Intermedia yang menaungi 4 cabang bisnisnya yang sama-sama bergerak di bidang jasa pelayanan online. Yaitu Beon.co.id, Jagoanhosting.com, Jagoanstore.com dan juga Jagoanweb.com.

Jika Anda adalah salah satu pelanggan yang menggunakan layanan online di salah satu layanan tersebut pasti sempat melihat beberapa pergantian logo perusahaan. Nah, menurut Afrizal Novian Baharsyah selaku Sales & Marketing Department Head PT Beon Intermedia, bahwa keempat produk yang ditawarkan oleh Beon memiliki logo yang berbeda dengan arti atau filosofi yang juga berbeda. Apa saja dan bagaimana bentuk logo serta cerita yang ada di dalamnya? Mari kita simak bersama.

Seperti Jagoanhosting.com yang sudah beberapa kali berganti logo. Bukan tanpa alasan, karena pergantian ini memang dilakukan agar lebih mudah diterima oleh pasar. Jiwa muda yang diusung oleh Jagoanhosting.com ditunjukkan dari jenis font dan bentuk logo yang ada saat ini. Logo tersebut menggambarkan sebuah kebebasan dan jiwa muda yang terus menerus ada. Yang berarti setiap pelayanan yang diberikan selalu diliputi dengan semangat jiwa muda.

logo JH

JagoanHosting Lama Jagoanhosting Baru

Sedangkan Jagoanstore.com dan Jagoanweb.com yang berbentuk menyerupai kepalan tangan dengan ibu jari yang lebih terlihat. Ini diartikan sebagai bukti nyata bahwa produk dan pelayanan yang diberikan selalu yang terbaik. Demi mendukung terwujudnya solusi bagi pelanggan, Jagoanstore dan Jagoanweb menunjukkannya dalam bentuk logo.

jagoanweb

Jagoanstore

Dan yang terakhir adalah Beon.co.id. Meskipun berjalan kurang dari 2 tahun, namun eksistensi Beon.co.id sebagai salah satu perusahaan jasa yang menyediakan layanan Unlimited Hosting, Dedicated Hosting dan WordPress Hosting premium sudah tidak diragukan lagi. 2 kali berganti logo pun semakin membuat Beon.co.id menjadi perusahaan yang patut unuk terus ditunggu produk terbarunya. Logo yang ada saat ini adalah penyempurnaan dari yang sebelumnya. Jika Anda menyadari bahwa logo terdahulu adalah sebuah pegmen yang memiliki jarak pada masing-masing bagiannya. Namun kini logo tersebut sudah benar-benar menempel. Ini menggambarkan bahwa Beon.co.id selalu berusaha untuk dekat dengan pelanggan-pelanggan mereka. Mulai dari pengunjung website yang masih mencari solusi masalah sampai dengan pelanggan yang sudah loyal dengan Beon.co.id.

BEON Lama

Beon New

Nah, diatas adalah sekilas penjelasan dari pentingnya sebuah logo bagi sebuah perusahaan atau produk bisnis. Kini bagaimana dengan bisnis Anda? Sudahkah Anda merasa cocok dan nyaman dengan logo yang Anda gunakan saat ini?

Namun sebelum Anda melakukan Rebranding, ada baiknya untuk mempertimbangkan segalanya terlebih dahulu. Sebab ketika Anda mulai melakukan perubahan akan ada banyak yang harus Anda penuhi salah satunya yaitu pembiayaan untuk setiap media yang Anda gunakan untuk promosi.  :)

                              
Loading...

  • 20
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *