Technology

Kata Indosat Seputar Banjir Jakarta dan Disaster Recovery

 

Loading...

“Indosat mampu menjaga kontinuitas layanan data center dalam ketiadaan suplai listrik selama lebih dari 18 jam akibat banjir Jakarta,” kata Fadzri Sentosa.

Disaster recovery adalah salah satu hal penting untuk menjaga sebuah layanan tetap sustain. Dari sisi ini, agaknya kita bisa belajar banyak dari Indosat.

Pasalnya, ketika bencana banjir melanda Jakarta hingga melumpuhkan operasional beberapa layanan, Indosat mampu mempertahankan kontinuitas layanan data center dalam ketiadaan suplai listrik selama lebih dari 18 jam. Demikian pernyataan yang diungkapkan oleh Fadzri Sentosa, Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat dalam siaran pers hari ini.

jakarta-bundaran-hi-banjir-2013

foto: The Jakarta Globe

Jaringan Indosat disusun agar terhubung secara redundant dengan fiber optik,  yang mana di-backup pula dengan jaringan radio dan satelit. Selain itu, layanan Indosat juga dilengkapi dengan redundant UPS dan generator listrik yang mampu menyediakan sumber listrik sementara selama suplai listrik PLN terganggu.

“Layanan Indosat telah dilengkapi pula dengan fasilitas pendukung seperti working area dan penginapan bila diperlukan pekerjaan lokasi data center dan DRC,” kata Fadzri.

Indosat memang tengah mengembangkan kapasitas data center dan DRC  (Disaster Recovery Center). Di kantor pusat Indosat, area yang disediakan untuk data center seluas 1.000 meter. Adanya penambahan kapasitas sekitar seribu meter ini membuat data center Indosat memiliki area seluas 2.200 meter. Sedangkan untuk DRC telah disiapkan area seluas 2 ribu meter.

Dari sisi ini, agaknya keputusan jagoanhosting untuk mempercayakan data center Indosat merupakan keputusan yang tepat. Semoga persiapan bencana dan disaster recovery Indosat mampu menjaga layanan partnernya terus sustain dan berkembang. Terimakasih Indosat ;-)

Sumber: inet.detik.com (rou/fyk)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *