Start A Business

Ingin Bisnis Makanan Sukses, Coba Tips Yang Satu Ini

 
  • 14
    Shares

Loading...

Agar bisnis makanan online sukses, tentunya Anda harus mempunyai beberapa kiat jitu. Kiat-kiat jitu ini yang memang tidak dimengerti atau ada kalanya tidak digubris oleh beberapa usahawan kuliner, ini juga yang membuat usaha kuliner yang di lakukan kian hari, kian menurun. Lalu apa saja hal yang harus Anda perhatikan agar sukses dalam bisnis kuliner tersebut:

Perhatikan nama merk

Pemilihan nama merk ini tentu saja penting, dengan nama merk yang pas, tentu orang akan langsung berpikir tentang produk Anda. Ketika memberikan nama merk, pastikan nama tersebut belum pernah digunakan. Yang harus Anda ketahui ketika akan memilih nama merk produk adalah, pastikan nama merk mudah diingat, namanya unik, dan mendiskripsikan tentang produk.

Perhatikan tanggal kadaluarsa produk

Perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari produk tersebut. Hal ini tentu saja penting, mengingat produk yang Anda jual adalah makanan. Anda sebaiknya mencantumkan tangal kadaluarsa tersebut tidak hanya di label kemasan saja, tapi juga memberikan informasi yang jelas di web atau toko online yang Anda jalankan. Ini membuat para konsumen mengerti kapan tanggal kadaluarsa dari produk tersebut.

Perhatikan cara pengemasan produk

Teknik pengemasan produk juga perlu Anda perhatikan. Karena Anda menjalankannya secara online, maka teknik pengemasan produk ini perlu diperhatikan secara seksama, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Pastikan kemasan tertutup dengan rapi, sehingga tidak ada udara yang dapat masuk atau keluar.
  • Gunakan kemasan yang aman terhadap makanan, baik dalam kondisi panas atau dingin, baik ketika diletakkan dalam jangka waktu lama atau sebentar.
  • Jika makanan yang Anda produksi adalah makanan beku, pastikan kemasan tidak rusak ketika dibekukan.

Tidak hanya itu, ketika Anda mengemas produk makanan tersebut, maka dalam kemasan tersebut, sebaiknya dicantumkan juga :

  • Nama produk / nama merk dagang yang Anda jalankan
  • Nama produk makanan yang tersebut
  • Cara mengkonsumsinya
  • Tanggal kadaluarsa

Dengan demikian, para konsumen mengerti bagaimana cara mengkonsumsi dan mengolah makanan tersebut.

Perhatikan teknik promosi

Teknik promosi juga perlu Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis makanan secara online. Ada 3 cara promosi yang dapat Anda lakukan secara online, antara lain :

Menggunakan media sosial

Anda hanya perlu bergabung dengan beberapa layanan media sosial. Ajak sebanyak mungkin orang untuk bergabung dengan akun social media Anda, atau Anda dapat menggunakan layanan promosi yang disediakan oleh media sosial tersebut. Dengan demikian, produk makanan yang Anda miliki akan dikenal dengan mudah.

Menggunakan promosi dari mulut ke mulut

Cara lainnya adalah dengan menggunakan promosi dari mulut ke mulut. Cara ini mungkin terbilang kuno, namun cara ini terbukti ampuh untuk menaikkan jumlah pelanggan. Semakin baik layanan yang diberikan, dan semakin unik makanan serta rasa yang ditampilkan, membuat orang tertarik untuk mengkonsumsinya. Ketika pelayanan dan rasa makanan unik, maka konsumen baik sadar atau tidak akan mempromosikan makanan yang Anda miliki tersebut pada orang lain.

Menggunakan toko online/web

Cara lainnya adalah dengan menggunakan toko online atau web. Disini, Anda dapat mempromosikan makanan atau produk yang Anda miliki. Susun, aneka menu makanan yang ada, kemudan susun juga menu andalan yang Anda miliki dengan cantik. Dengan informasi ini, orang mudah memilih produk yang diinginkan.

Berikan detail produk beserta foto

Agra orang mengerti tentang produk makanan yang dijual, sebaiknya Anda memberikan berbagai macam informasi tentang makanan tersebut, seperti bahan-bahan yang digunakan, bumbu yang digunakan, cita rasa yang dihasilkan, serta keuntungan yang akan diperoleh konsumen. Untuk mempercantik penampilan, Anda juga dapat menyertakan foto makanan tersebut.

Terus berinovasi

Jangan pernah puas hanya dengan 1 macam menu, atau beberapa macam menu, ada baiknya jika Anda mengembangkan berbagai macam ide kreatifitas, untuk menciptakan menu makanan yang baru.

Untuk menciptakan menu baru ini, ada beberapa macam cara yang dapat Anda lakukan, yaitu menggunakan ide dari para konsumen, atau Anda dapat mencoba sebuah menu baru, kemudian melemparkannya pada konsumen.

Tingkatkan pelayanan

Terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan meningkatkan pelayanan. Ada beberapa pelayanan yang perlu diperhatikan disini, yaitu :

  • Perhatikan aneka keluhan dan saran yang diberikan oleh para konsumen. Dengan adanya informasi seperti ini, Anda akan mengetahui berbagai macam hal yang diinginkan oleh para konsumen. Tentunya ini adalah kritik membangun yang perlu Anda perhatikan.
  • Perhatikan juga teknik pengiriman produk. Untuk teknik pengiriman produk seperti ini, Anda perlu memperhatikan makanan yang dibuat, pastikan makanan yang dibuat tidak rusak, atau terpengaruh akan hal lain, selama proses pengiriman berlangsung.
  • Pastikan pelayanan yang diberikan juga cepat, atau fast respon. Jangan biarkan konsumen menuggu teralu lama, atas pesanan yang diberikan. Pelayanan sepeti ini juga akan memberikan nilai positif di mata konsumen, dan membuat konsumen betah berlangganan di tempat Anda.

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, tips lain yang juga perlu Anda lakukan adalah, jangan mudah patah semangat. Bisnis tetap bisnis, apapun bisnisnya, resiko kerugian selalu ada, perhatikan dan pelajari resiko tersebut secara maksimal. Selain itu anggap jatuh bangun dalam dunia usaha ini sebagai pelajaran, bukan sebuah hal yang membuat Anda menjadi mundur. Belajar dari kesalahan yang ada, dan memperbaikinya, membuat Anda dan bisnis makanan online sukses.

Loading...

  • 14
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *