Technology

Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan Startup yang Menggunakan WordPress

 
  • 2
    Shares

Loading...

Kini semakin banyak startup yang menggunakan wordpress untuk websitenya. Tak dipungkiri wordpress memang menawarkan beragam kemudahan bagi penggunanya diantaranya pilihan template yang beragam, plugin yang bermacam-macam, bahkan GRATIS. Selain itu wordpress sifatnya Open Source sehingga siapapun dapat mencustomize wordpressnya.

Namun, menggunakan WordPress sebenarnya tak sesederhana itu. Banyak hal kita harus dipertimbangkan seperti navigasi yang dapat digunakan, konten yang terorganisir, interface, dll. Untuk itu bagi Startup yang menggunakan wordpress sebagai pilihan engine untuk websitenya, perhatikan beberapa faktor dari wordpress sebelum menggunakannya. Ini yang Harus Diperhatikan Startup yang Menggunakan WordPress.

Kualitas Template WordPress

Apakah pengembang template pilihan Anda terpercaya? Nah ini yang harus Anda pastikan. Jangan asal pilih karena tertarik dengan tampilannya yang menarik. Lakukan “penyelidikan” terlebih dahulu sebelum nantinya Anda terlanjur menggunakannya namun ternyata template tersebut tidak user friendly atau bahkan tidak aman bagi wordpress Anda. Tips untuk mencari tahu template terbaik bisa Anda baca di artikel 10 Tips Memilih Template WordPress Terbaik.

Hosting

Hosting adalah tempat di mana Anda akan menempatkan WordPress Anda. Jika Anda menempatkan barang Anda di tempat yang kurang aman, bisa dibayangkan bukan apa resikonya? Barang Anda bisa jadi akan rusak atau bahkan hilang tanpa ada yang bertanggungjawab. WordPress Anda merupakan hal yang penting bagi Anda, untuk itu pastikan hosting Anda memiliki kredibilitas tinggi sehingga WordPress Anda terjaga keamanannya.

Konfigurasi WordPress

Setelah wordpress Anda terinstal, pastikan Anda dapat mengkonfigurasi wordpress Anda dengan mudah misalnya Anda bisa mengatur permaliknya karena permalink erat hubungannya dengan SEO, ataukah Anda dapat memoderasi komentar yang masuk, dll.

Plugins

Menginstal plugin terlalu banyak dapat mempengaruhi kinerja wordpress Anda salah satunya bisa membuat wordpress Anda menjadi lambat. Tetapi ada banyak plugin yang sangat berguna untuk Anda memiliki. Apakah Anda tahu mana plugin Anda benar-benar aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda? berikut kami bagikan tipsnya di artikel Tips Memilih Plugin WordPress yang Baik untuk Website Anda.

Mobile web

Apakah wordpress Anda nantinya responsif jika diakses dari berbagai ukuran layar? Nah satu lagi yang perlu Anda perhatikan. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini pola pengguna internet kebanyakan mengakses website dari perangkat mobile mereka. Tentunya dengan berbagai ukuran. Startup harus memastikan WordPressnya responsif jika diakses dari perangkat mobile dengan berbagai ukuran. Jika tidak, maka besar kemungkinan WordPress Anda hanya diakses beberapa detik lalu ditinggalkan.

Keamanan

Pastikan wordpress Anda aman. Meskipun konten yang Anda sajikan tepat sasaran namun tidak aman, maka akan sia-sia. Banyak cara untuk mengamankan wordpress Anda, salah satu seperti yang telah dibahas di poin atas yaitu pemilihan hosting terbaik. Tips mencari hosting terbaik dapat dibaca di halaman 7 Tips Memilih Web Hosting Indonesia.

Optimasi

Yang terakhir yang harus startup perhatikan adalah wordpress haruslah dapat dioptimalkan di search engine. Anda dapat mencari bagaimana tips agar wordpress Anda mudah di cari di search engine dengan membaca artikel mebiso Ini dia, A-Z Kebutuhan SEO Sebuah Website

Di atas dapat banyak, dan itu sebabnya aku memberikan ceramah beberapa bulan yang lalu di Hub di Tel Aviv pada topik ini. Aku masuk ke kedalaman pada setiap isu di atas, menjelaskan apa yang harus dicari dan apa yang harus dihindari. Lihat presentasi saya di bawah, atau di sini adalah link langsung ke presentasi pada Slideshare:

Hal diatas adalah poin yang harus startup perhatikan sebelum memulai menggunakan WordPress. Dengan perencanaan WordPress yang benar, maka Anda dapat memastikan wordpress Anda kedepannya dapat berjalan lancar.

 

CTA-wordpress-hosting-beon
Namun seperti yang kita ketahui, memang dibutuhkan effort tenaga, waktu dan biaya untuk memaintenance WordPress agar tetap berjalan aman dan lancar. Untuk itu kini hadir sebuah solusi untuk wordpress Anda, dimana Anda tidak perlu lagi memikirkan maintenance WordPress dan hal-hal lain terkait pemeliharaan wordpress. Solusi powerfull tersebut adalah Wordpress Hosting. Cari tahu lebih luas tentang wordpress hosting di halaman WordPress Hosting Indonesia. Kini Anda tinggal fokus ke pengembangan bisnis startup Anda.

source: http://illuminea.com

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *