Running A Business

Ini Dia 9 Rahasia Orang-Orang Ini Sukses Berbisnis Online

 

Bicara tentang bisnis online memang tidak akan ada habisnya. Setiap hari ada saja strategi baru dan perkembangan teknologi yang harus terus kita ikuti. Beberapa pebisnis online berikut ini akan memberikan kamu inspirasi dan wawasan, tentang apa saja yang membuat mereka sukses mengembangkan bisnis onlinenya. Dan kamu juga bisa melakukan ini:

1. Soal konversi keinginan customer jadi keuntungan, Fadli Ramon JAGOnya

Dari yang awalnya hanya hobi, kemudian berlanjut menjual produk headphone di Kaskus dan sosial media, kini Fadli Ramon sukses mengembangkan bisnis onlinenya. Salah satu faktor yang membuatnya bisa sampai di sini adalah kepekaannya mendengarkan masukan dan kritik dari pelanggan.

Dan salah satu yang sangat membantunya mereview headphone yang diimport langsung dari luar negeri adalah teman – teman di komunitas yang ia ikuti, yaitu Kere Hore. Berbekal relasi yang sudah banyak, ia memberanikan diri untuk meminta anggota Kere Hore untuk mencoba dan menguji headphone miliknya.

Ia juga menggunakan review dari pelanggan tentang produk – produk yang ia jual. Ini membuatnya terus tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan dari produk headphoneku miliknya.

2. Menurut Batikbolags.com, kualitas berbanding lurus dengan keuntungan

Meskipun terlihat biasa saja, namun Gunadi Sinatrio membuat baju batik yang unik dan berbeda dari yang lain. Ia berhasil menggabungkan kebudayaan Indonesia dengan kegemaran rakyat Indonesia terhadap sepak bola dunia. Batik Bola adalah nama yang memang unik dan berbeda. Ia membuat desain pakaian batik dengan tambahan logo beberapa klub sepak bola dunia, seperti manchester United.

Karena produk yang ia jual adalah produk modifikasi, ia selalu memperhatikan setiap produk batik bolanya. Mulai dari desain, bahan baku hingga kualitas cetakan dan penjahitan baju. Baginya kualitas sangat berpengaruh terhadap harga jual di pasaran. Apalagi produk batik bola ini cukup baru di telinga masyarakat. Jika tidak pandai menjaga kualitas, bisa – bisa pasar tidak menerima produk variasi ini lagi.

3. Nyeleneh dan berani membuat konsep baru, buat Kaosamal.com sukses

Kalau hanya menjual kaos siapa saja bisa, tapi tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan peluang bisnis ini menjadi sesuatu yang berbeda. Lain lagi dengan Monika, yang mau menjalankan bisnis kaosamal.com ini. Ia menggabungkan bisnis kaos dengan upaya berbagi kepada sesama.

Salah satu yang juga membedakan konsep kaos amalnya dengan yang lain adalah adanya unsur dakwah di setiap desain kaos yang ia jual. Dari sini ia berani memasarkan Kaosamalnya secara online.

4. Ketinggalan zaman bukan pilihan bagi Eling Dwi Prastiwi

Bukan hanya teknologi saja yang harus diupdate, produk yang dijual juga harus selalu update. Menjual produk fashion atau mainan anak – anakpun harus selalu update. Karena jika tidak, bisa – bisa toko online kita ditinggal pelanggan karena ketinggalan zaman.

Seperti yang dilakukan oleh Eling Dwi Prastiwi, owner butikperhiasan.com yang menganggap bahwa update model perhiasan terbaru adalah sebuah kebutuhan yang harus selalu dipenuhi. Lain halnya dengan David Budiono yang selalu mengganti produk best seller sesuai dengan trend yang ada di masyarakat saat ini. Dari sini mereka terus memberikan produk yang benar – benar dibutuhkan dan dicari oleh pelanggan.

5. Gaya tetap harus nomor satu, ini kemasan sukses dari GPDistro.com

Gak banyak orang yang peduli dengan penampilan dan kualitas akses website toko onlinenya. Padahal ini adalah komponen penting untuk kesuksesan bisnis online. Lain lagi dengan yang dilakukan Andriyanto, pemilik GPDistro. Ia selalu memperhatikan penampilan website dari awal GPDistro.com dibangun.

“Bagi saya, KEMASAN itu penting!! Oleh sebab itu saya menonjolkan desain website yang menarik, mudah diakses dan saya memajang foto produk dengan lebih jelas di website dibanding milik pesaing” Begitulah kata Andriyanto. Baginya nilai sebuah toko online akan muncul saat pengunjung senang dengan website yang ada.

6. Jangan takut menjamin tukar barang, ini pesan dari Faziostore.com

Beberapa orang mungkin ragu atau bahkan takut untuk berbelanja online. Alasan mereka rata – rata karena produk atau barang yang dijual tidak bisa dilihat secara langsung. Jadi saat ada masalah dengan barang, konsumen tidak bisa menukarnya secara langsung. Inilah yang membuat sebagian besar orang memilih untuk tidak berbelanja online.

Apalagi saat pebisnis online tidak memberikan keyakinan kepada pelanggan mereka ketika diragukan keaslian atau keadaan dari produk yang dijual. Sebagian besar toko online tidak mau memberikan jaminan saat terjadi masalah dengan produk yang mereka jual. Tapi tidak dengan Juwadi Harjo pemilik dari Faziostore.com yang mau untuk memberikan jaminan uang kembali kepada pelanggan mereka.

“Untuk mensiasati kepercayaan mereka terhadap barang yang kami jual, kami memberikan penjelasan yang baik kepada pelanggan. Kamipun berani memberikan jaminan tukar untuk produk yang tidak sesuai dengan apa yang dipesan oleh pelanggan, dengan sayarat dan ketentuan yang ada di toko kami” Itu yang ia katakan. Baginya kepercayaan pelanggan adalah segalanya, apalagi untuk bisnis online yang tidak mudah mendapat pelanggan yang percaya dengan produk dan layanan yang diberikan.

7. Seperti Brandedbatam.com, jangan pelit bagi ilmu, ataupun sharing dengan customer

Jika ada yang bilang bisnis online itu sulit mendapatkan relasi bisnis, maka kamu salah. Karena bisnis online sekalipun tidak bertemu dengan orang secara langsung bisa dapat relasi yang gak kalah banyak dengan bisnis biasanya. Seperti yang dilakukan Brandedbatam.com. “Kami membuka sebesar-besarnya ruang komunikasi bagi customer. Salah satunya melalui Fitur Real Time Chat. Fitur ini sangat penting menurut kami saat ini sebab customer bisa langsung menghubungi kita dan menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan mereka” Kata Afriz Taufiq

Selain itu kita juga bisa mengadakan acara kumpul – kumpul dengan customer atau pelanggan kita. Ajak saja mereka meet up dan membahas beberapa bahasan santai yang mengakrabkan antara bisnis online kamu dengan mereka.

8. Minilovebites.com suka sekali dandani paket produknya

Nah, untuk sukses di bisnis online, kamu harus punya hal yang unik dan membedakan kamu dengan bisnis online lainnya. Kalau dirasa website, produk dan bahkan harga kamu sangatlah bersaing dengan kompetitor, kamu bisa bangun keunikan dari segi packaging produk kamu. Sekalipun produk kamu hanya pakaian yang tidak perlu box besar saat dibungkus, tapi produk kamu harus punya perlakuan istimewa.

Seperti yang dilakukan oleh Diah Venita, owner dari Minilovebites. “Kami terus berupaya untuk meningkatan dan mengutamakan rasa pada setiap produk yang kami hasilkan. Selain itu kami juga memberikan sebuah packaging yang bagus dan menarik, serta pelayanan yang bernilai excellent. Kami pun berpendapat bahwa produk, desain, website, toko dan cara berbisnis kami yang simple dan to the point ini merupakan cerminan dari kepribadian kami sendiri”. Baginya harus ada yang istimewa dan berbeda dari pesaing kita, salah satunya yang ia lakukan adalah melalui packaging kue yang ia kirimkan ke konsumen.

9. Berani ciptakan produk unggulan kamu sendiri

Keunikan yang harus toko online kamu punya bisa kamu ciptakan dari produk yang kamu jual. Jika memang kamu menjual produk yang sama dengan kompetitor, kamu bisa beri inovasi yang berbeda dari mereka. Produk buatan kamu sendiri akan memberikan kesan dan nilai plus bagi pelanggan kamu.

Seperti yang dilakukan oleh Abdul Haris owner dari Viatushop.com. Bisnis yang kami jalankan saat ini adalah jasa pembuatan sepatu handmade yang dapat dipesan dengan model dari kami atau model dari manapun secara by request mulai dari ukuran, hak, warna,bahan, dll.

Mungkin  banyak yang membuka jasa pembuatan sepatu dengan kami, namun yang berbeda dari kami adalah kami tidak membataskan jumlah minimal pemesanan, partai besar, kecil, atau satuan akan kami terima dengan senang hati”.

Begitu pentingnya sebuah keunikan untuk nilai toko online kamu. Gak ada salahnya kalau kamu mulai berinovasi menciptakan produk kamu sendiri. Kamu bisa menciptakan merek dan promosi bisnis kamu sendiri.

Lalu mana yang akan kamu lakukan agar bisa mengikuti jejak sukses mereka? Bisnis online bisa jadi solusi kamu yang ngakunya ga punya waktu dan modal untuk bisnis, tapi ingin sukses jadi pebisnis. :)

Baca juga:

Bagi Pemilik Bisnis Online Jangan Abaikan 5 Hal ini

10 Tips Agar Bisnis Online Anda Lebih Dipercaya

Tips Memilih Jasa Pengiriman untuk Bisnis Online


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *