Insider Running A Business Start A Business Tips Bisnis

Ini Dia Kesalahan Pemula dalam Berbisnis!

 

Loading...

Kesalahan dalam Berbisnis – Berbisnis menjadi peluang yang banyak diambil oleh sebagian besar orang saat ini. Apalagi di era pandemi seperti ini, banyak yang berbondong-bondong beralih profesi menjadi pebisnis. Tentu saja itu merupakan hal yang bagus, tapi ada baiknya sebelum memutuskan untuk memulai, Anda harus memperhatikan dan mempersiapkannya dengan baik.

Memulai bisnis itu membutuhkan proses yang panjang untuk sampai akhirnya bisa sukses. Banyak tantangan yang akan Anda hadapi, dan melakukan kesalahan termasuk proses dalam berbisnis. Kesalahan dalam berbisnis mungkin akan dialami oleh siapa saja, termasuk Anda. Akan tetapi jangan sampai itu membuat Anda terpuruk dan tidak mau belajar.

Nah, agar terhindar dari kesalahan dalam berbisnis, berikut ini adalah 5 kesalahan dalam berbisnis yang biasanya dilakukan oleh pemula. Yuk, catat baik-baik!

Melupakan business plan

Kesalahan dalam berbisnis pertama yang cukup sering dilakukan oleh kebanyakan orang salah satunya adalah tidak membuat business plan. Ada baiknya saat memulai, Anda membuat business plan atau rencana bisnis untuk kedepannya. Persiapkan rencana ini dengan matang dengan segala detail dan perhitungannya.

Apa tujuannya, strategi yang harus dilakukan, dan hal-hal lainnya yang mendukung jalannya bisnis Anda. Penting juga untuk membuat riset terlebih dahulu, agar bisnis yang Anda buat bisa lebih tepat sasaran.

Mengerjakan dengan tidak sepenuh hati

Kebanyakan kesalahan dalam berbisnis yang dilakukan oleh pemula adalah menganggap bisnis ini sebagai sampingan. Alhasil, dilakukan dengan tidak sungguh-sungguh atau menganggap ini sebagai project sampingan. Menjadi tidak efektif jika Anda tidak melakukannya sepenuh hati.

Fokuslah saat akan memulai, karena investasi terbaik untuk membuat bisnis bisa berkembang adalah waktu, tenaga, ide, dan tentu saja keinginan untuk belajar.

Sulit menerima saran dan kritik

Di awal-awal Anda pasti menggebu-gebu untuk bisa menjalankan bisnis. Sampai-sampai Anda mungkin lupa jika perlu juga untuk mendapatkan saran yang membangun dari orang-orang sekitar. Namun, tidak sedikit yang sudah langsung tutup telinga saat mendengar saran dan kritikan dari orang lain.

Padahal bisa saja itu baik dan bisa membuat bisnis yang sedang Anda bangun ini lebih baik. Tidak ada salahnya kok untuk mendengarkan!

Jiwa kepemimpinan yang kurang

Saat berbisnis, Anda menjadi nahkoda terdepan untuk membawanya ke arah yang sukses atau tidak. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh dari sistem leadership yang Anda punya. Tidak hanya jiwa kepemimpinan yang kuat, Anda juga harus memiliki sistem manajemen yang mendukung.

Berbagai konflik akan terjadi seiring berjalan dan berkembangnya bisnis Anda. Jika dua hal tersebut tidak ada, maka produktivitas atau etos kerja di dalamnya akan menurun. Jadilah pemimpin yang bertanggung jawab untuk diri sendiri dan juga orang yang bekerja dengan Anda.

Terlalu lama mengeksekusi ide-ide

Anda pasti pernah merasa jika banyak sekali ide di kepala yang ingin direalisasikan. Akan tetapi, ternyata itu bisa juga menjadi penghambat untuk bisa berkembang. Kesalahan dalam berbisnis yang sering dilakukan adalah terlalu lama untuk memulai atau terlalu lama mengeksekusi ide. Meskipun memang betul, untuk memulai diperlukan sebuah strategi.

Akan tetapi terlalu lama hanya dipikirkan dan tidak dimulai hanya akan membuat rencana bisnis Anda tidak terwujud. Kembangkan semua ide yang Anda punya dan merealisasikannya. Mencoba lebih baik, dibandingkan hanya menyimpan ide yang bisa saja akhirnya dipakai oleh orng lain.

Nah, yang paling terpenting adalah memulai dan mau belajar. Karena semua kesalahan dalam berbisnis itu bisa terjadi kepada siapa saja, akan tetapi pastikan Anda mau belajar dan tidak menyerah untuk bisa mencapai kesuksesan nantinya. Semangat mencoba!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *