Leadership

Ini Rahasia Menjadi Pemimpin WOW ala Founder MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

 
  • 16
    Shares

   

Menjadi seorang pemimpin tentu bukan hal yang mudah kan? Tapi siapa saja bisa menjadi seorang pemimpin yang bukan cuma dihormati atau disegani tapi juga dijadikan panutan dan contoh bagi bawahannya.

Dalam sesi seminar dan kuliah umum Senin lalu, Bapak Hermawan Kartajaya dari MarkPlus, Inc menjelaskan tentang cara menjadi seorang pemimpin yang hebat, sekalipun kamu tidak punya title apapun, baik dari pendidikan atau profesi kamu.

Di dalam bukunya yang berjudul WOW Leadership, ia bersama Ardhi Ridwansyah menjabarkan bahwa seorang pemimpin harus bisa menggerakkan pikiran, perasaan dan juga spirit kemanusiaan. Tapi apa saja sebenarnya yang dibutuhkan? Kamu yang sangat berambisi menjadi seorang pemimpin, ini materi yang cocok untuk kamu.

Sering kita dengar bahwa seorang pemimpin yang hebat selain harus punya keahlian atau ilmu yang tinggi juga harus menguasai emosi dirinya sendiri. Artinya IQ dan EQ mereka harusnya tinggi dan seimbang. Tapi ternyata menurut Hermawan Kartajaya seorang pemimpin harus punya 4 kemampuan ini: PQ, IQ, EQ dan SQ.

Ini Rahasia Menjadi Pemimpin WOW ala Hermawan Kartajaya, MarkPlus

PQ: Physicality Quotient

Siapa yang menyangkal kalau ingin seseorang menyukai orang lain berawal dari pandangan fisik terhadap orang tersebut. Fisik memiliki peranan yang sangat penting untuk menarik perhatian orang di sekitar kita. Termasuk ketika kita ingin menjadi seorang pemimpin dan sedang melakukan kampanye besar – besaran.

Strategi sekeren apapun, kalau pandangan pertama masyarakat kepada kita sudah tidak nyaman maka mereka tidak mudah untuk tidak memilih kita menjadi seorang pemimpin.

Menurut Hermawan sendiri aspek fisik ada 3, yaitu:

  • Visual Aspects(hal – hal yang terlihat oleh orang lain)
  • Audio Aspects(hal – hal yang terdengar oleh orang lain), dan
  • Smell Aspects(hal – hal yang tercium oleh orang lain)

Jadi sebelum mulai merayu dan meyakinkan orang lain dengan visi misi kepemimpinan kita kedepan, coba pandang diri kita dan perbaiki apa saja yang kurang atau salah dari penampilan kita. Berikan tampilan yang baik dan menawan kepada orang lain, ini akan membuat mereka mau memperhatikan kita untuk penjelasan kita selanjutnya.

IQ: Intellectuality Quotient

Ini dia yang memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang hebat. Mereka bahkan harus terus mengasah dan mau belajar mengembangkan kemampuan intelektualnya.

Bagi Hermawan, Intellectuality Quotient seorang pemimpin harus meliputi:

  • Logical Thinking(kemampuan untuk berfikir secara logis dan sistematis)
  • Creative Thinking(Kemampuan untuk berfikir dengan perspektif yang baru dan berbeda), dan
  • Practical Thinking(Kemampuan untuk berfikir sesuai dengan konteks yang ada)

Minimal saja kamu yang mau menjadi seorang pemimpin harus memiliki 3 aspek dalam keahlian intelektual kamu. Bukan artinya saat kamu mulai menjadi seorang pemimpin, kamu harus lulus dari sekolah atau menjadi sarjana S3 dan bergelar profesor. Tapi pemimpin yang hebat adalah mereka yang mau terus belajar hal baru dan mengembangkan kemampuan ini seiring berjalannya waktu kamu menjadi seorang pemimpin.

EQ: Emotionality Quotient

Pemimpin hebat bukan cuma harus keren dan pintar, tapi juga harus bisa mengendalikan dan mengelola emosi dirinya sendiri.

Nah aspek emosional yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin tanpa title itu adalah

  • Recognition of Emotion(kemampuan untuk mengenali kondisi emosi diri sendiri)
  • Expression of Emotion(Kemampuan untuk mengekspresikan emosi secara tepat), dan
  • Management of Emotion(Kemampuan untuk mempengaruhi dan mengubah emosi orang lain)

Beberapa orang merasa hal ini yang paling sulit, karena memang selain harus menguasai emosi diri sendiri, kita juga harus bisa menguasai dan mengubah emosi orang lain, terlebih saat sedang ada masalah. Tapi lagi – lagi pemimpin yang sukses adalah mereka yang mau belajar dan terus mengembangkan kemampuan untuk kemampuan ini.

SQ: Sociability Quotient

Pemimpin mana yang hidup sendiri dan memimpin dirinya sendiri? Pemimpin adalah orang yang terpilih dari banyak orang dalam satu kelompok untuk memandu yang lain dalam kelompok itu. Itu artinya seorang pemimpin harus mudah dan mau bersosialisasi dengan orang lain, terlebih orang baru siapapun itu.

Menurut Bapak Hermawan, pemimpin hebat harus menguasai:

  • Social Awareness(kemampuan untuk memahami konteks atau situasi sosial)
  • Social Relationship Management(Kemampuan untuk menjalin hubungan dengan berbagai pihak), dan
  • Social Problem Solving Skills(Kemampuan untuk menyelesaikan masalah tentang relasi antarmanusia)

Paling penting lagi adalah seorang pemimpin bukan hanya harus bisa bersosialisasi dengan anak buahnya, tapi juga dengan orang baru termasuk kepada atasan dan sesama pemimpin.

Selain itu bagi seorang Founder MarkPlus, Inc pemimpin hebat juga harus punya kemampuan personality, yang meliputi:

  • Self Awareness(Kesadaran tentang visi dan misi pribadi)
  • Self Confidence(Kepercayaan pada diri sendiri), dan
  • Self Motivation(kemampuan memotivasi diri)

Bahkan mereka harus menguasai kemampuan Moralability dalam setiap kegiatan yang ia lakukan. Moralability ini sendiri meliputi:

  • Integrity(sikap jujur dan konsisten)
  • Responsibility(sikap bertanggungjawab), dan
  • Generosity(sikap murah hati)

Pemimpin

Bayangkan saja kamu yang bertekad menjadi pemimpin hebat seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan bahkan pemimpin seperti Nelson Mandela. Mereka bukan hanya memiliki Intellectuality yang hebat, tapi keseimbangan antara kemampuan lainnya juga dengan hebat mereka kuasai. Lalu apa yang kamu lakukan sekarang? Masih mau menjalani kepemimpinan dengan cara yang itu – itu saja? Tentu tidak kan?

Baca juga:

15 Cara Sederhana Belajar Menjadi Pemimpin Sukses

10 Hal yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin

5 Tips Kepemimpinan bagi Introvert

           
  • 16
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *