Start A Business

Inilah 5 Keterampilan yang Harus Anda Miliki Ketika Menjalankan Bisnis Sendiri

 
  • 3
    Shares

Loading...

Saat Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis Anda sendiri, mungkin banyak sekali pertimbangan dan keputusan yang harus Anda ambil. Karena bagaimanapun berbisnis dengan gaya dan cara kita sendiri tentu berbeda ketika kita bekerja pada bisnis orang lain. Kitalah yang harus menentukan rencana, teknik dan bahkan penggajian karyawan.

Bisnis online adalah salah satu yang memungkinkan kita untuk menjalankan bisnis dengan cara kita sendiri. Namun biasanya para pebisnis online akan dipusingkan dengan tugas yang harus mereka selesaikan. Beberapa keahlian harus mereka kuasai dalam waktu yang cukup singkat, agar bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik lagi. Dan berikut ini beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh para pebisnis online.

1. Meningkatkan pengalaman pengguna

Ketika kita berjualan secara online, website toko online tentu hal yang harus selalu ada. Selain menjadi toko virtual kita, website toko online juga bisa membantu pelanggan melakukan pemesanan dan pembayaran dengan lebih mudah. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyesuaikan tampilan website dengan tren atau kebutuhan masyarakat saat ini, seperti penggunaan mobile device dan juga berbagai jenis browser. Kita juga harus menciptakan pengalaman terbaik untuk pengguna mulai dari navigasi di website yang jelas, ukuran teks dan pemilihan warna yang sesuai, serta fitur untuk pemesanan online yang lebih mudah dilihat dan digunakan.

2. Menulis untuk menjual

Selain harus memaksimalkan penggunaa website, menjadi seorang pebisnis online tentu harus mengasah keterampilan menulis mereka. Bagaimana bisa mereka berjualan hanya dengan menunjukkan foto produk secara online saja, tanpa memberikan keterangan dan artikel pendukung untuk produk tersebut.

Dengan keterampilan menulis itu, kita bisa menuliskan bukan hanya deskripsi produknya saja, tapi juga artikel yang bisa membantu meningkatkan SEO dari website toko online kita. Menulis di sini bukan hanya sekedar membuat konten untuk website, tapi juga untuk melakukan promosi secara online di banyak media. Ada kalanya kita harus melakukan persaingan secara terang – terangan untuk menunjukkan konten terbaik kita dan membandingkannya dengan pesaing kita.

3. Membuat Buzz media sosial

Salah satu teknik promosi bisnis online adalah dengan memaksimalkan penggunaan media sosial. Saat ini hampir seluruh media sosial bisa kita gunakan untuk berbisnis online, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, Line dan masih banyak lagi. Setiap orang yang menggunakan smartphone dan mengenal internet tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan bersosial media. Dan bagi para pebisnis online, sosial media adalah tempat yang sangat praktis dan juga murah untuk berpromosi. Itu sebabnya media sosial menjadi pendamping yang sangat ideal untuk website toko online yang dimiliki oleh para pebisnis online saat ini.

4. Menguasai keterampilan customer care online

Biasanya ketika kita ingin melakukan komplain terhadap sebuah produk atau merek dagang tertentu, kita akan menyampaikan ke customer care perusahaan tersebut. Itu membuat customer care menjadi bagian terdepan yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Termasuk bagi bisnis online yang harus juga memiliki customer care. Jika kita tidak memiliki sumber daya untuk menjadi customer care bisnis online kita, maka kita sendirilah yang harus mau menjadi customer care. Siap melayani pertanyaan dan pemesanan pelanggan kapanpun. Dan tidak merasa dirugikan ketika waktu kita terbuang sangat banyak untuk berurusan dengan customer secara langsung.

5. Menjadi analis data sendiri

Dan yang terakhir adalah menjadi seorang analis untuk data bisnis kita sendiri. Untuk perusahaan skala besar tentu memiliki bagian sendiri untuk urusan data, keuangan dan bahkan sumber daya manusia. Namun untuk bisnis kecil seperti bisnis online, pengolahan data, pengaturan keuangan harus bisa kita lakukan sendiri. Tidak mudah memang, terlebih saat kita tidak memiliki background di bidang tersebut. Namun mau tidak mau kita memang harus bisa melakukan itu. Dengan sedikit belajar baik secara otodidak ataupun mengikuti panduan, kita akan dengan mudah mengikuti. Dan pekerjaan ini juga tidak harus selamanya kita yang menangani. Karena kita butuh fokus untuk mengembangkan bisnis, dan pekerjaan ini akan dilakukan oleh ahlinya jika memang bisnis Anda sudah mampu memenuhi itu.

Baca juga:

Beginilah Cara Mendapatkan Jodoh Terbaik untuk Bisnis Online

10 Tips Agar Bisnis Online Anda Lebih Dipercaya

6 Tanda Bisnis Online Anda Sulit Mencapai Sukses

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *