Inspirasi Tips Bisnis

Inilah Formula Ide Bisnis Brilian Ala Bos Amazon

 

Loading...

Ide Bisnis – Bagaimana caranya mengenali ide untuk menjalankan bisnis yang cemerlang? Simak pandangan unik Jeff Bezos mengenai gambaran ide untuk mengelola bisnis dalam artikel ini.

Berkenalan dengan Jeff Bezos, sang ‘raja rimba’ Amazon

CEO Amazon ini merupakan entrepreneur ulung. Bezos dikenal sebagai pribadi yang inovatif dan visioner. Tak heran, ia pun mampu melebarkan sayap Amazon hingga menjadi raja situs belanja online di dunia.

Kerja keras yang ia lakukan mengantarkannya pada jajaran orang paling kaya di dunia. Kekayaannya sendiri diperkirakan mencapai $121 milyar. Fantastis sekali, bukan?

Pentingnya meramu ide dalam mengelola bisnis

Layaknya fondasi rumah, ide adalah landasan penting dari bisnis. Ide adalah penentu arah gerak bisnis, segala bentuk eksekusi yang dilakukan akan mengacu kepadanya.

Ide juga akan menentukan segala hasil dari bisnis. Apakah bisnis dapat berkembang, atau malah sebaliknya?

Ide yang optimal akan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Oleh karenanya, kita perlu meramu ide sebaik mungkin dan sematang mungkin

Kini, Anda tidak perlu bingung untuk meramu ide. Simak artikel ini dan temukan bagaimana formula ciamik dalam menyusun ide berdasarkan pandangan sang entrepreneur ulung, Jeff Bezos.

Ada formula tertentu dalam meramu ide cemerlang

1. Formula ‘sesuatu yang berbeda’

Ada satu hal yang menjadikan suatu ide brilian. Hal tersebut terletak pada keunikan dari ide tersebut.

Menurut Jeff Bezos, suatu ide brilian adalah ide yang berbeda. Berbeda yang dimaksud di sini adalah, ide tersebut sangat unik dan menarik. Bahkan, ide tersebut tidak terpikirkan oleh orang lain.

Hal tersebut dinamakan dengan inovasi. Bisnis yang berangkat dari inovasi sangat berpotensi untuk menjadi besar di kemudian hari.

Coba perhatikan sekitar Anda baik-baik, carilah permasalahan yang butuh diantisipasi. Siapa tahu, ada inovasi yang bisa Anda kembangkan!

2. Formula ‘memiliki potensi cerah’

Tak hanya cukup dengan unik dan berbeda, hendaknya ide tersebut berpotensi untuk mendatangkan hasil yang optimal. Salah satu indikatornya adalah ide tersebut bisa membuat bisnis balik modal dalam jumlah besar.

Pertimbangkan baik-baik jika Anda memiliki ide yang potensinya tidak begitu bagus. Mengelola bisnis membutuhkan energi yang cukup banyak. Ketika Anda memaksakan suatu hal yang ternyata tidak terlalu berpotensi, energi Anda pun terkuras banyak.

3. Formula ‘selalu berpikir untuk jangka panjang’

Try to see the big picture. Tak hanya untuk sekarang, ide harus dipikirkan juga untuk jangka panjang. Bagaimana ide tersebut dalam setahun atau lima tahun lagi?

Masalah apa saja yang bisa terjadi? Seperti apa tindakan yang harus diambil sebagai langkah antisipasi permasalahan?

4. Formula ‘tidak berhenti, mulai mencari lagi’

Ketika telah mengeksekusi suatu ide, bukan berarti Anda boleh berhenti. Justru, Anda perlu meramu ide-ide lain. Entah untuk menyusun strategi yang dapat mendukung ide sebelumnya, atau ide-ide segar untuk memperlebar kiprah bisnis pada aspek lainnya.

Seperti Jeff Bezos, ketika rekan-rekannya menyelamati keberhasilannya dalam periode ini, ia sudah memikirkan ide untuk periode selanjutnya. Luar biasa sekali, bukan?

Selain ide bisnis, masih banyak hal yang perlu Anda pelajari

Masih banyak hal seputar bisnis dan entrepreneurship yang wajib Anda ketahui. Simak berbagai artikel dari Mebiso untuk referensi. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/319689

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *