Leadership Tips Bisnis

Inilah Kunci dari Menjadi Pemimpin yang Baik

 

Loading...

Menjadi Pemimpin yang Baik – Menjadi pemimpin itu bukanlah hal mudah, terutama untuk menjadi yang berkualitas. Walau tak mudah, hal tersebut juga tak sulit dilakukan. Inilah yang perlu Anda lakukan agar bisa menjadi seorang pemimpin yang baik.

Kualitas yang menentukan segalanya

Posisi pemimpin adalah posisi yang berat dalam organisasi. Peranan pemimpin sangat penting. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi-kondisi dalam organisasi.

Dalam konteks perusahaan misalnya, manajamen yang buruk dapat mengarah kepada hal-hal negatif. Banyak karyawan yang ingin pindah pekerjaan, moral karyawan rendah, bahkan organisasi kurang dipercaya adalah beberapa hal yang kerap terjadi.

Tentunya, hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan manajerial yang baik. Perlu ada sosok yang mampu memimpin dengan maksimal, sehingga kinerja organisasi pun dapat menjadi optimal.

Menjadi seorang pemimpin yang baik bergantung pada kualitas individu tersebut. Kualitas tersebut menjadikan seseorang lebih unggul dan berkompeten dari orang lain. Lantas, kualitas apakah yang dimiliki oleh seorang pemimpin?

Hal inilah yang ada pada seorang pemimpin yang baik

Menurut studi ini, hal terpenting dari atasan yang baik adalah sikap yang baik. Oleh karenanya, jika Anda ingin menjadi pemimpin yang baik, maka Anda harus memiliki sikap positif.

Sikap akan menentukan segala tindakan yang kita ambil. Sikap positif dalam kepemimpinan ditunjukkan oleh kemampuan interpersonal yang baik.

Bentuk-bentuk sikap positif yang dimiliki seorang pemimpin

Sikap dari seorang pemimpin yang baik dapat tercerminkan dalam berbagai hal. Ada 6 hal di antaranya, yakni:

1.Membangun komunikasi positif

Komunikasi positif adalah salah satu aspek sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Dibandingkan hanya memerintah dan mengkritik, perkataan seorang pemimpin yang baik mampu untuk memotivasi orang-orang yang ia pimpin. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan apresiasi dan semangat.

2. Menghargai orang-orang yang ia pimpin

Seorang pemimpin yang baik sangat menghargai orang-orang yang ia pimpin. Ia mempercayai orang-orang tersebut dan berusaha mengapresiasi setiap kontribusi yang mereka berikan untuk organisasi.

3. Mempersatukan orang-orang dalam tim

Pemimpin yang baik juga menjaga keutuhan tim. Ia akan berusaha untuk membuat setiap orang nyaman berada dalam tim, dengan membuat mereka dihargai. Pemimpin yang baik akan berusaha mengatasi konflik yang dapat menghancurkan persatuan tim.

4. Membuat orang-orang di sekitarnya berdaya dan berkembang

Pemimpin yang baik adalah mereka yang tak pelit berbagi ilmu. Mereka juga berusaha agar orang-orang di tim dapat memiliki kemampuan untuk pengembangan diri.

5. Bertanggung jawab

Salah satu hal terberat dari menjadi pemimpin adalah harus siap untuk bertanggung jawab. Pemimpin yang baik tentu tidak akan menyalahkan orang lain dengan mudah.

6. Memiliki empati

Pemimpin yang baik adalah mereka yang penuh dengan empati. Mereka mampu memahami perasaan dan kebutuhan dari anggota timnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada bentuk-bentuk sikap positif lainnya dari seorang pemimpin yang baik?

Banyak hal yang harus dipelajari untuk menjadi pemimpin yang baik

Sikap yang positif saja sebenarnya belum cukup untuk membuat seseorang jadi pemimpin yang baik. Masih banyak aspek yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin.

Cari tahu apa pendapat karyawan, klien, serta vendor mengenai kemampuan Anda dalam memimpin. Jika aspek tersebut belum muncul, selalu ada waktu untuk mengasah dan mempelajarinya. Anda dapat mengikuti bimbingan (coaching) dari konsultan, serta membaca banyak referensi.

Simak berbagai referensi tentang yang Anda perlukan untuk menjadi seorang pemimpin berkualitas dari artikel-artikel bertemakan leadership hanya di Mebiso. Selamat menambah wawasan, selamat mengembangkan diri!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/36182

https://richtopia.com/effective-leadership/6-key-attitudes-successful-leaders

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *