Tips Bisnis

Inspirasi Bisnis Online yang Cocok untuk Work From Home

 

Loading...

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Inspirasi Bisnis Online – Walau berada di rumah, bukan berarti tidak bisa mencari rezeki. Simak ragam inspirasi bisnis online yang bisa work from home, alias dikerjakan dari rumah.


Belakangan ini, istilah work from home semakin sering terdengar. Semenjak kasus COVID-19 meningkat, pemerintah mengimbau agar perusahaan memberlakukan work from home alias melakukan pekerjaan dari rumah sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Memang, menghasilkan uang dari rumah bukanlah sesuatu yang mustahil. Ditambah dengan kemudahan teknologi, banyak cara untuk tetap produktif walau berada di rumah saja.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencoba berbisnis online. Lalu, bisnis online apa sajakah yang bisa dilakukan dengan sistem work from home alias dari rumah? Berikut adalah di antaranya.

Deretan inspirasi bisnis online yang bisa dilakukan secara work from home

1. Berjualan online

Salah satu jenis bisnis online yang paling banyak dilakukan adalah berjualan online. Kini, berjualan online semakin mudah dilakukan. Ada banyak pilihan platform untuk berjualan, mulai dari website, media sosial, hingga berbagai online marketplace.

Anda bisa berjualan produk hasil produksi sendiri, bisa juga berjualan produk dengan sistem reseller atau dropshipper. Hal yang terpenting dalam berjualan online adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Jadilah penjual yang jujur serta tanggap dalam melayani calon pembeli.

2. Blogger

Bisnis online yang satu ini cocok sekali bagi Anda yang gemar menulis. Anda bisa membuat blog dan mengisinya dengan berbagai tulisan.

Ketika blog Anda memiliki traffic yang baik, alias banyak dikunjungi orang, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi publisher iklan. Setiap orang yang mengunjungi website blog Anda akan melihat iklan tersebut, dan Anda pun mendapatkan komisi dari hal tersebut.

3. Freelance writer

Ini adalah bisnis online lainnya yang cocok bagi Anda dengan hobi menulis. Anda bisa menjadi penulis lepasan. Banyak perusahaan atau brand yang membutuhkan jasa orang lain dalam membuat konten berupa tulisan. Temukan lowongan untuk menjadi freelance writer dari berbagai situs freelancer.

4. Translator

Bisnis online ini khusus bagi mereka yang mahir berbahasa asing. Yap, Anda bisa membuka jasa translator atau penerjemah. Anda bisa menerjemahkan naskah ke dalam bahasa Indonesia, atau sebaliknya dari bahasa Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa asing.

5. Jasa website development

Kini, kebutuhan akan website termasuk tinggi. Banyak perusahaan dan pelaku bisnis menggunakan website untuk mengenalkan perusahaannya serta produk atau jasa yang mereka miliki.

Anda bisa mempromosikan jasa Anda melalui medsos atau website pribadi. Selain itu juga Anda bisa mempromosikannya lewat berbagai website penghubung kepada klien.

6. Jasa desain grafis

Desain grafis pun menjadi salah satu jasa yang banyak dicari. Anda bisa mendesain banyak hal, mulai dari art work, desain logo untuk perusahaan, dan masih banyak lagi. Hal yang paling penting dari bisnis ini adalah menyusun portofolio karya. Ini adalah salah satu cara mempromosikan jasa Anda.

7. Jasa mengelola media sosial

Banyak perusahaan dan bisnis yang memiliki medsos alias media sosial sebagai sarana promosi, namun tidak memiliki tenaga khusus untuk mengelolanya. Anda bisa memberikan jasa pengelolaan medsos, agar medsos berfungsi dengan optimal.

Mulai dari mengisi konten dengan konten yang menarik hingga mengatur strategi promosinya, pastikan bahwa Anda benar-benar memahami cara kerja medsos. Dengan demikian, medsos pun memiliki traffic yang baik dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan atau bisnis.

8. Youtuber

Youtube adalah salah satu platform yang paling banyak diakses oleh pengguna internet, termasuk di Indonesia. Berprofesi menjadi seorang Youtuber bisa sangat menguntungkan. Semakin banyak view penonton yang didapat, semakin besar pundi-pundi yang akan Anda peroleh.

Membuat konten menarik untuk Youtube sangat bisa dikerjakan di rumah, mulai dari shooting hingga editing. Anda bisa membuat konten menarik yang berkaitan dengan keseharian Anda. Anda bisa membuat daily vlog, tutorial memasak, memainkan alat musik atau bernyanyi, dan lain-lain.

Mengisi pundi-pundi rezeki dari rumah? Ternyata mungkin untuk dilakukan, bukan? Hal yang terpenting dari semuanya, Anda harus jeli mencari peluang dari berbagai situasi.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar bisnis hanya dari Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *