Technology

Install WordPress secara Manual

 

   

Install WordPress pada hosting baru memang bisa lebih cepat selesai jika dikerjakan lewat Softaculous. Tapi bagaimana jika installer WordPress yang tersedia di sana belum update ke versi terbaru? Maka, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal WordPress secara manual. Jadi, anda tidak perlu  menunggu update dari pihak Softaculous. Berikut langkah-langkahnya:

1.  Silakan download dulu versi terbaru dari file installer WordPress. Kunjungi saja website resminya (http://wordpress.org/download) untuk menjamin installer yang anda download tidak diselipkan spyware di dalamnya. Hingga tulisan ini dibuat, versi terbaru dari WordPress adalah 3.3.2

2. Silakan login ke halaman cPanel hosting anda, kemudian klik menu File Manager.

3. Upload installer WordPress ke server hosting anda melalui File Manager. Caranya cukup dengan klik menu Upload, kemudian pilih file installer WordPress (formatnya .zip) yang sudah anda download sebelumnya.

4. Setelah proses upload selesai, berikutnya extract installer WordPress dengan mengklik menu Extract. Tentukan direktori file-file WordPress akan ditempatkan. Pastikan agar semua file-file instalasi tepat berada di bawah direktori public_html.

5. Siapkan database untuk menampung tabel data yang nantinya akan ditulis secara otomatis oleh installer WordPress. Silakan keluar dari File Manager anda dan kembali ke halaman home cPanel anda. Pilih menu MySQL Database.

6. Pada halaman MySQL Database, isi bagian “Create New Database” untuk membuat database baru. Nama database-nya terserah anda.

7. Setelah database dibuat, bikin juga user databasenya. Cukup scroll down saja pada halaman MySQL Database sampai ketemu bagian “Create New User”. Isikan sesuai preferensi anda.

8. Sekarang gunakan menu “Add User to Database” untuk menghubungkan database dengan user yang sudah anda buat. Klik All Priviledge untuk menjadikan user database tersebut super user dari database anda.

9. Tutup menu MySQL, kemudian silakan kembali ke menu File Manager lagi. Bikin file baru menggunakan menu Create New File. Beri nama wp-config.php

10. Copy-paste seluruh isi file wp-config-sample.php ke wp-config.php anda. Ganti beberapa bagian, sesuaikan nama database, user dan password yang tadi sudah anda bikin melalui menu MySQL.

11. Jika konfigurasi sudah selesai, silakan akses website anda sesuai format berikut untuk memulai eksekusi instalasi: www.namawebsite.com/wp-admin/install.php, selesaikan step-stepnya.

12. Install WordPress anda telah berhasil! Jika proses instalasi sukses, maka tampilan yang muncul di browser anda jadinya akan seperti gambar berikut.

Melalui instalasi manual, anda bisa mempelajari kaitan antara database dengan blog WordPress anda. Ibaratnya sekali merengkuh dayung dua-tiga pulau terlampaui. Hal-hal yang bersifat efektif seperti ini penting sekali bila anda ingin mengelola sebuah blog WordPress jangka panjangnya.

                              
Loading...

Artikel Terkait

9 komentar

  • 5 May 2012 - pukul 17:00

    makasih mas rifky,kebetulan lagi cari2 tutorialnya nih :)

  • Asd
    6 August 2012 - pukul 17:06

    nuhun

  • 25 November 2012 - pukul 13:23

    Terimakasih, dengan cara ini saya berhasil membuat blog dengan baik…..petunjuknya jelas dan mudah dipahami

  • 9 December 2012 - pukul 6:54

    berkat bantuan dari postingan ini yang mudah dipahami, kemarin saya telah berhasil mengistall wordpress secara manual di blog. Oiya mohon tutorial juga cara memindahkan blog wordpress ke hostingan lain
    terima kasih banyak nih..

  • 6 February 2013 - pukul 19:00

    Gan, mau tanya, misal kita posting postingan baru, apakah postingan itu langsung tercopy ke Database hosting?

  • 29 April 2013 - pukul 10:02

    Jangan lupa di file manager settinglah terlebih dahulu
    Folder permission 644
    File Permission 755
    Trims Jagoanhosting, kemaren dapet saran setelah ke kantor jagoan hosting Jemur Andayani

  • 13 December 2013 - pukul 21:31

    Sudah beberapa website yang saya setup di cpanel sudah tersedia CMS WordPress via Softaculous yang memudahkan saya untuk langsung install. Namun hari ini saya setup 1 website tapi di cpanel tidak ada CMS WordPress di Softaculousnya. Akhirnya browsing di google cara install manual wordpress ketemu website ini. Terima kasih! Saya sudah berhasil install manual CSM WordPress nya nih. :)

  • 11 June 2015 - pukul 9:36

    terima kasih. sangat membantu pengerjaan web saya.
    http://www.cetakdisini.com

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *