Start A Business

Kiat Investasi Barang Mahal Supaya Makin Untung

 

Loading...

Investasi barang mahal – Jika menyinggung perihal investasi, apa benda yang pertama kali terlintas di pikiran Anda? Bisa berupa emas, reksadana, properti, atau lainnya. Namun, pernahkah Anda terpikirkan untuk berinvestasi barang-barang branded yang mahal seperti tas, sepatu atau aksesoris lainnya?

Nyatanya, barang-barang bermerek terkenal tidak hanya dapat digunakan untuk pelengkap fashion saja, melainkan juga dapat dijadikan barang investasi. Bahkan, tidak hanya diperuntukan kaum hawa, para kaum adam pun bisa menjadi target pasar untuk investasi satu ini.

Meski begitu, Anda tetap wajib mempelajari tentang investasi barang mahal ini. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan diri sebelum mulai berinvestasi supaya dapat meraup untung sesuai dengan nilai yang diharapkan.

Sebelum investasi, perbanyak riset harga jual kembali barang mahal yang mau dijual

Sebelum memutuskan membeli barang mewah untuk diinvestasikan, ada baiknya Anda melakukan riset harga jual kembalinya. Cek harga jual kembalinya di situs-situs online seperti Vestiaire Collective, TheRealReal dan Rebag, untuk mengamati harga-harga tas branded mewah dan seperti apa fluktuasi nilainya dari tahun ke tahun.

Riset ini sangat perlu Anda lakukan sebelum bergegas memborong barang-barang yang akan diinvestasikan. Sehingga, dapat memberikan Anda beberapa pilihan lain sebagai pertimbangan.

Cermat memilih jenis barang mahal yang mau diinvestasikan

investasi barang mahal
Sumber: pexels

Pastikan Anda telah memiliki pengetahuan tentang merek barang-barang yang disukai konsumen. Selain dapat mencari tahu informasi tersebut melalui internet, Anda juga dapat bertanya kepada para kolektor tas branded.

Pilihlah desain yang unik dan diproduksi dalam jumlah terbatas, serta tetap dapat trendy meski dipakai hingga beberapa tahun mendatang.

Selain memilih jenis barang edisi terbatas karena akan lebih mahal dibanding yang diproduksi massal, hindari pula berinvestasi pada barang mahal yang sering diskon.

Sebab, harga jual kembali sebuah barang akan cenderung lebih mudah turun jika dibeli dengan harga yang murah pula. Oleh karenanya, jangan mudah terpengaruh pada barang mewah yang didiskon besar-besaran.

Jangan lupa perhatikan perawatannya

Usai mengumpulkan koleksi barang mewah Anda, wajib bagi Anda untuk meluangkan waktu merawat barang-barang tersebut. Termasuk rutin mengecek kondisi fisik tas-tas tersebut.

Akan lebih baik jika Anda menyiapkan dana khusus untuk perawatannya. Selain itu, Anda juga wajib menyiapkan tempat penyimpanan barang-barang mahal tersebut supaya tidak tercampur dengan barang lainnya secara sembarangan.

Perhatikan sirlkulasi udara dalam ruang penyimpanan supaya tidak lembab dan dapat merusak barang Anda. Selain itu, simpan sarung pembungkus dan kotaknya supaya jika dijual kembali, barang Anda semakin terlihat lengkap dan mewah.

Bergabung dengan komunitas penggemar barang mahal juga menguntungkan investasi Anda

Akan lebih baik jika Anda turut bergabung dalam komunitas penggemar atau kolektor barang branded. Tujuannya, agar Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk melepas koleksi barang Anda untuk dijual.

Sebab, ketika suatu barang tertentu menjadi super langka di pasar resale padahal sedang banyak dicari akibat tren fashion, maka nilai harga jual barang tersebut akan semakin meningkat. Peluang Anda pun jadi semakin besar.

Pasalnya, pada akhirnya yang menentukan harga barang-barang branded adalah adalah para penggunanya sendiri atau yang dalam hal ini berperan sebagai target pasar. Sehingga, perbanyaklah relasi dengan target pasar Anda.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin berinvestasi barang-barang branded dan mahal. Tertarik mencobanya? (freestocks/unsplash)

Baca juga:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *