Running A Business

Jadikan Seminar Sebagai Sarana Marketing yang Baik

 
  • 1
    Share

Loading...

Tim marketing sebuah bisnis memang harus memiliki ide – ide gila, setidaknya untuk memperkenalkan siapa mereka sebelum akhirnya sales menkonversi menjadi sebuah penjualan. Marketing memang harus melakukan banyak hal yang diluar dugaan. Mereka harus memanfaatkan apa saja yang ada disekitar untuk dijadikan media mempromosikan bisnis. Bukan hanya sekedar media yang biasa digunakan, seperti media online(Website, sosial media dan market place), tapi juga media offline, mulai dari poster, brosur, mengikuti pameran atau bazar hingga memanfaatkan event seperti konverensi atau seminar yang kita hadiri.

Seminar bukan hanya memberikan kita ilmu dan pengalaman baru, tapi juga meningkatkan jumlah network kita. Melalui seminar juga kita bisa mempromosikan bisnis dengan lebih mudah. Tapi tidak banyak orang yang mampu melihat peluang di tengah obrlan hangat dengan ornag baru di sebuah seminar. Mereka hanya saling menyapa dan berbagi nomor telepon. Tapi pada akhirnya tidak ada tindak lanjut dari obrolan mereka. Ada baiknya peluang ini digunakan dengan baik. Karena 3 kesalahan ini yang biasanya sering terjadi saat marketing masuk ke dalam sebuah acara konferensi.

1. Mereka hanya pergi, tidak berbuat apapun

Banyak konferensi atau seminar seputar teknologi yang diadakan oleh berbagai pihak. Mereka hanya menyasar pasar yang sesuai dengan target penjualan produk mereka. Lalu bagaimana dengan mereka yang memiliki bisnis dan menjual produk bukan di bidang teknologi? Tenang saja, di jaman yang serba modern ini, bisnis juga sudah mulai mengadakan banyak seminar, seperti Seminar yang sering dan akan diadakan oleh Diskusitokoonline.com bersama Jagoanstore.com. Jagoanstore.com memang rutin mengadakan seminar seputar bisnis online bagi para pelaku dunia online di Indonesia.

Bagi pemilik bisnis yang hadir pada sebuah seminar, seringkali mereka hanya pergi. Tidak berbuat apapun saat menghadiri seminar. Duduk dan mendengarkan pemateri menyampaikan materi seminar mereka. Setelah itu mereka pulang dan belum ada yang tahu pasti apakah ilmu yang didapat benar-benar dimanfaatkan.

Coba saja saat ada sebuah seminar, ikutlah menjadi bagian dari seminar itu. Jika kamu memiliki kesempatan, bukalah stand atau tempat untuk kamu mempromosikan produk kamu. Seperti yang pernah diadakan oleh komunitas Tangan Di Atas pada Pesta Wirausaha setiap tahunnya. Selain seminar yang diisi oleh pebisnis sukses, mereka juga menyediakan stand bagi para UKM untuk mempertontonkan produk mereka kepada seluruh masyarakat yang hadir. Tidak heran seminar ini sukses meraup pengunjung hingga 5000 lebih orang.

Hal ini sangat dibutuhkan oleh UKM yang ingin sekali memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas. Mereka yang tidak memiliki modal besar membuka toko fisik, seringkali memanfaatkan momen ini untuk memamerkan produk-produk mereka. Jadi saat ada acara seminar, usahakan jangan hanya datang, tapi gunakan waktu dan kesempatan untuk memamerkan produk dan bisnis kamu.

2. Mereka sekedar hadir dan tidak ingat tujuan awal

Seringkali saat kita hadir ke sebuah seminar bisnis misalnya, kita hanya duduk dan mendengarkan beberapa orang berbicara di depan. Seringkali juga kita berfikir kapan saatnya kita yang juga sudha memiliki bisnis bisa ikut berbicara di depan sana. Berbagi pengalaman dan sekaligus mempromosikan bisnis kita sendiri.

Nah, biasanya sebelum sebuah seminar dibuat, panitia akan sibuk mencari para pebisnis yang aktif berjualan dan juga berbagi pengetahuan untuk ikut menjadi pembicara di acara tersebut. Kalau kamu ingin menjadi seorang pembicara, jangan pernah menolak saat mendapat tawaran untuk menjadi seorang pembicara di sebuah acara. Berbagi ilmu dengan orang lain dan juga mempromosikan bisnis kamu akan semakin mudah.

Jika misalnya tidak kunjung menerima tawaran, coba saja kamu yang menawarkan diri. Jelaskan apa yang membuat kamu pantas untuk menjadi salah satu pembicara di sebuah acara seminar bisnis. Biasanya panitia akan memilih orang yang aktif di komunitas juga, jadi jangan ragu untuk masuk dan aktif di dalam komunitas bisnis. Beberapa orang di dalam komunitas Tangan Di Atas sudah seringkali menjadi pembicara di berbagai acara seminar bisnis. Begitupula beberapa orang yang menggunakan jasa toko online dari Jagoanstore yang juga sudah sering mengisi materi bisnis di seminar Diskusitokoonline.

3. Mereka melewatkan peluang menjadi sponsor acara

Jika memang membuka stand di pameran sebuah acara seminar, atau menjadi pembicara sudah biasa, mungkin yang satu ini bisa kamu coba. Menjadi sponsor sebuah acara adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis dan produk kita. Beberapa bisnis memang sudah memiliki anggaran khusus untuk menjadi sponsor sebuah acara. Tim marketing adalah mereka yang harus memikirkan bagaimana menjadi sponsor, apa saja yang dibutuhkan dan apa saja yang harus dikeluarkan.

Beon.co.id juga sering menjadi sponsor di berbagai acara seminar. Contohnya saja di acara seminar GAPURA yang diadakan oleh Kibar.com. Ada juga Mebiso.com yang sering menjadi media partner beberapa acara khusus, seperti Marketeers, dan masih banyak lagi.

Nah, dari acara seminar yang kita sering hadiri, bukan hanya menambah ilmu dan pengalaman seputar materi yang disampaikan saat itu. Bukan hanya menambah jumlah kenalan atau koneksi yang bisa membantu bisnis kita suatu saat nanti. Tapi seminar juga menjadi sarana marketing yang baik bagi bisnis kita. Coba sebutkan, strategi marketing apa saja yang kamu pernah lakukan saat datang ke sebuah seminar? :)

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *