Interviews

Jangan Ngaku Traveller Kalau Belum Tahu Jejakku.co! Trip Organizer Karya Ahimsa Afrizal

 
  • 1
    Share

Loading...

Kamu ngaku traveller sejati? Masak sih? Sudah punya aplikasi ini belum?

Jejakku.co adalah sebuah website dan startup yang menciptakan aplikasi khusus bagi kamu yang suka jalan-jalan alias traveller. Website ini menyajikan berbagai informasi tentang tempat-tempat di Indonesia yang sering dijadikan tujuan berlibur. Digagasi oleh Ahimsa Denhas Afrizal(24) yang juga merupakan mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Airlangga Surabaya. Berawal dari sekedar tugas kuliah dan melihat permasalah yang sering ia temui di Surabaya. Sebelumnya ia sudah pernah mendirikan sebuah startup bernama ICE, Indonesia City Explorer dan kini ia mulai menjajal aplikasi Trip Organizer yang didalamnya berisi informasi tempat wisata dan juga tips dan trik seputar dunia traveler.

Nah, beberapa waktu yang lalu Mebiso berkesempatan untuk mewawancarai Mas Ahimsa untuk menanyakan tentang project Jejakku.co ini. Bagaimana kisahnya ya kira – kira? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

Ngomong-ngomong tentang Trip Organizer yang mas dirikan, apa sih yang membedakan dengan Trip Organizer lainya?

Yang membedakan adalah Jejakku mengkampanyekan traveling positif dan diaplikasi Jejakku juga ada chalengge untuk setiap user berkontribusi pada saat mereka berwisata, seperti baru-baru ini kita melakukan “Bersih Gunung Bromo”. Selain itu Jejakku berwujud meyerupai sosial media yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Kita sering menjumpai anak-anak backpacker selalu bertanya pada group entah di FB atau yang lainnya mengenai informasi seputar transportasi, peralatan dan lainnya.

Nah di Jejakku kami mencover pertanyaan tersebut dan nantinya akan dikelompokkan menjadi part-part tertentu yang memudahkan traveler mencari informasi melalui satu aplikasi saja, tanpa perlu membuat thread baru dan menunggu jawaban dari traveler lainnya. Dan salah satu challenge unik Jejakku adalah dengan bekerjasama dengan Komunitas “1000 Guru”, dimana komunitas ini selalu mengadakan acara Travelling and Teaching. Jadi kita traveling sekaligus ngajar anak-anak pedalaman.

Tapi sebelumnya apa sih yang melatarbelakangi terciptanya Jejakku ini?

Menurut kami, saat ini traveling merupakan kebutuhan dan bukan lagi lifestyle. Apalagi golongan ekonomi menengah ke atas di Indonesia saat ini semakin besar. Dan dari SMA, saya dan teman-teman sering melakukan pendakian ke Gunung, dari sana kami miris melihat bahwa tempat wisata kita itu indah namun tidak terawat, baik dari pengelolanya maupun dari pengunjungnya, dulu sih saya hanya menggerutu dan sharing-sharing aja.

Selama mendirikan dan menjalankan Jejakku ini pengalaman seperti apa sih yang paling berkesan?

Pengalaman yang paling berkesan adalah kita jadi sering bertemu dengan orang-orang yang satu visi dengan kita dan mereka mengapresiasi apa yang kita lakukan. Mereka menginformasikan bahwa visi Jejakku untuk memperkenalkan wisata Indonesia ke dunia luar itu sangat keren dan cara memperkenalkanya juga lebih meaningful, hingga hal itu membuat mereka merasa bahwa traveling mereka kali ini lebih berkesan, itulah yang membuat kami trus bersemangat megembangkan Jejakku.

Sudah pernah mendapatkan prestasi tertentu mas? Apa itu?

Untuk aplikasi ICE kami pernah sampai semi final pada kompetisi Inaicta dan masuk final pada kompetisi Idea Box. Sedangkan Jejakku sampai dengan saat ini kami belum mendapatkan prestasi, karena kami belum berfikir untuk mencari investor dan kompetisi menurut kami tidak banyak membantu. Kami hanya fokus pada bagaimana bisnis ini bisa sustainable secara cashflow dan yang lainnya.

Jejakku kedepannya ingin seperti apa mas? Apa rencana mas kedepannya?

Kami melihat market luas namun ada yang unik dengan market Indonesia dan ini masih belum terpecahkan, mengapa traveler lokal lebih suka menurus semuanya sendiri dibandingkan dengan menggunakan jasa Trip Organizer.

Kami ingin lebih mengedukasi mereka. Kami ingin menggandeng komunitas-komunitas bagpacker atau traveller di Indonesia setidakya sebagai pengisi content.

Wah sukses terus ya mas untuk Jejakku. Semoga semakin banyak traveller yang terbantu atas Jejakku ini. :)

Begitulah sekilas interview yang kami lakukan dengan Mas Ahimsa. Dengan bantuan 3 orang temannya yaitu Lutfi Ali(Programmer), Rohadi(Designer) dan Akmal(Business Development), Jejakku ingin menjadi Trip Organizer yang dapat membantu para traveller Indonesia dalam menemukan destinasi tempat menarik untuk dikunjungi.

Baginya apapun itu harus dicoba, sekalinya gagal jadikan itu sebagai pelajaran. Karena jika tidak gagal, maka kita tidak belajar.

“Hanya orang yang dihasut dalam badai yang bisa menguasai samudra”. Quote yang paling memotivasinya dalam mengembangkan Jejakku.com.

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *