Interviews

Jati Jepara, Tangan Dingin Wawan Hermanto yang Membawa Produk Lokal Asli Jepara Mendunia

 

   

Jati Jepara bukan hanya sekedar perusahaan penghasil berbagai macam furniture asal Kota Jepara. Namun Jati Jepara ternyata adalah sebuah solusi untuk para masyarakat di Slagi, Kecamatan Pakis Aji, Kota Jepara, yang mayoritas penduduknya kesulitan dalam menemukan dan mendapatkan lapangan pekerjaan. Cita – cita luhur Wawan Hermanto(29) yang ingin membawa produk lokal Jepara ke rana Nasional bahkan Internasional ternyata berbuah manis. Sudah banyak produk yang dikirim ke berbagai kota di Indonesia dan juga ke berbagai negara di dunia. Pria lulusan UNISNU Jepara Tahun 2009-2014 ini ingin mengembangkan bisnisnya dengan menggabungkan bisnis offline dan online yang dikelolanya. Banyak cerita menarik yang diutarakan beliau, dan berikut ini adalah ulasannya:

Halo Bapak Wawan, Bisa dijelaskan apa itu Jatijepara Pak?

jatijepara

Jati Jepara adalah salah satu perusahaan mebel dan furniture di kota Jepara. Jati Jepara didirikan pada tahun 2003. Perusahaan kami Jati Jepara Furniture yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Bahan dasar produk kami adalah bergaya Jati furniture, Mahogany Furniture, Furniture Antik Reproduksi, French Style Furniture, Italia Furniture, Painted Furniture, Gold Leaf Furniture, dan Teak Garden Furniture. Furniture yang kita buat antara lain adalah lemari, buffet, meja makan set, set kamar tidur, set ruang tamu, rak buku, meja kantor, lemari tv, set sofa, meja dan kami juga menerima pesanan kustom.

Kami selalu menggunakan kayu kering dan selalu menetapkan standar dalam kontrol yang sistematis dan terpadu. Mulai dari memilih bahan kayu, pengolahan kayu dengan mempertimbangkan konstruksi. Pewarnaan dan merapikan barang jadi benar-benar kita pelajari dengan seksama pada kemasan dan pengiriman barang untuk mendapatkan furniture kualitas yang sangat baik. Semua ukiran dilakukan oleh tukang kayu yang terampil dan berpengalaman.

Kami  juga melayani produksi Jati Jepara Furniture desain oleh pembeli atau custom. Jika pelanggan memiliki desain sendiri, silahkan mengirim gambar ke kita untuk dapat memperoleh daftar harga pilihan desain Anda. Sehingga pelanggan dapat membandingkannya bagaimana kompetitif harga kami. Furniture jati berkualitas nomor satu diukir oleh pengrajin Jepara dengan motif khas adalah sebagai jaminan kami.

Kami memiliki misi dalam menjalankan bisnis ini, yaitu untuk memberikan pilihan. Kami langsung bekerja sama dengan pengrajin dan furniture dari pabrik pengiriman langsung ke pelanggan. Jelas kami memiliki biaya yang sangat rendah dan kami tidak akan mengenakan biaya kepada pelanggan. Kami dapat memberikan penawaran terbaik, seperti yang kami tawarkan kepada teman-teman kita. Kami ingin menjadi mitra banyak pebisnis dalam bisnis furniture.

Bagaimana dengan latar belakang berdirinya bisnis ini pak?

Bisnis ini berdiri di latar belakangi oleh minimnya lapangan pekerjaan di desa saya, yang sangat sulit mencari lapangan pekerjaan saat ini mesti merantau ke kota atau ke pabrik besar di kota, maka dari itu saya bercita cita membuat lapangan pekerjaan kepada sanak saudara dan juga masyarakat umum lainnya. Saya dari dulu sudah punya cita – cita menjadi pengusaha. Saya ingin membawa produk lokal Jepara bisa Go National dan Go International .

Bisnis Furniture bukan hal yang mudah ya Pak, lalu bagaimana Anda memasarkan produk Anda ini?

Kami menawarkan belanja online untuk furniture dengan motif dan ukuran yang dapat Anda tentukan sendiri desain, namun gambaran katalog Jati Jepara telah desain terbaru kami menunjukkan situs web. Proses marketing kami membentuk 3 team dari divisi marketing di social media seperti Facebook dan SEO. Ada juga yang beriklan di Google Adsense. Untuk saat ini kita fokus promosi dengan website yaitu dengan SEO.

Nah, jika melihat dari besarnya bisnis Jati Jepara ini. Bagaimana sebenarnya awal mula Bapak terjun menjadi seorang enterpreneur ini?

Pada awal tahun 2009, saya masuk kuliah, dan saya diberikan tugas oleh dosen TI Bpk. Rifqy Roosdhani ST.MM untuk membuat blog atau website selama kurang lebih 1 semester. Blog tersebut saya isi dengan produk tenun yaitu blog www.tokotenuntroso.blogspot.com, kemudian ada pembeli atau buyer dan deal atau bisa dikatakan dagangan yang ada di blog kita terjual atau laku. Kemudian dengan termotifasi oleh lakunya dagangan kita yang dulunya hanya tugas kuliah mulai pada tahun 2010 saya membuat website professional yaitu www.Jatijepara.com.

Pada kurun waktu 1 tahun website saya juga langsung mendapatkan pembeli. Pada tahun 2011 setelah mendapatkan 1 customer lokal seperti Jakarta, kamipun mendapatkan banyak customer dari berbagai kota dan juga pulau di seluruh Indonesia, seperti Surabaya, Kalimantan, Sulawesi dan juga Sumatra. Akhirnya berselang per 1 tahun pada tahun 2012, ada customer dari luar dan bisa eksport ke negara Perancis, dan tahun 2013 kita eksport ke negara Australia dan negara Eropa lainnya.

Wah hebat juga ya Pak, dengan waktu yang singkat bisnis Bapak sudah sangat sukses hingga menembus pasar Internasional. Lalu selama menjalani bisnis ini apa ada yang Bapak korbankan untuk bisa menjadi seorang enterpreneur?

Saya merintis bisnis online sangat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan tetapi tidak sulit juga seperti membuat roket kuncinya adalah

  • Hobi dalam bekerja dan berkarya

  • Fokus dalam menjalankan usaha

  • Semangat menggali potensi diri kita

Nah, kembali ke Jati Jepara Pak. Apa yang Bapak berikan sebagai sentuhan yang membedakan bisnis ini dengan bisnis lain yang konsepnya hampir sama?

Ada 3 aspek yang membuat bisnis Jati Jepara berbeda dan mampu bersaing dengan bisnis besar lainnya, antara lain:

  1. Setiap bulan kita mengeluarkan 1 produk baru dan design baru yang tidak ada di pasaran Custom Produk namanya. Jadi selain kita produksi massal kita juga produksi sesuai keinginan pelanggan.

  2. Pelayanan yang ramah dan memuaskan akan membuat pelanggan kita betah dan berlangganan dengan kita perusahaan.

  3. Kualitas yang maksimal dan awet wajib kita junjung tinggi dengan memberikan garansi minimal 2 tahun.

Selama hampir 4 tahun merintis bisnis Jati Jepara, prestasi apa saja yang sudah pernah Anda raih?

Pengalaman saat menjalankan bisnis online ini banyak sekali, diantaranya adalah

  • Perusahaan kami bisa mendapatkan pesanan atau order dari luar kota seperti Jakarta, Surabaya dan kota besar lain.

  • Perusahaan bisa mendapatkan order dari luar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi tanpa harus datang ke Jepara.

  • Perusahaan juga mendapatkan order dari luar negeri seperti Perancis dan Australia.

  • Mendapatkan pesanan dari pihak dinas, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai seorang enterpreneur, bagaimana Anda melihat lingkup market yang ada saat ini?

Untuk ruang lingkup market kami adalah kelas menengah ke atas dan orang dewasa, jadi kami rasa sudah sesuai target yang sudah kami bidik.

Lalu adakah kendala dalam menjalani bisnis ini Pak? Jika ada apa saja itu?

Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah sebagai berikut:

  1. Cuaca, apabila hujan maka proses produksi terhambat.

  2. Kendala marketing, salah satunya adalah SEO. Jika lengah sedikit posisi kita di Google akan turun

  3. Kurangnya pemasaran secara offline seperti pameran IFFINA, dll. Karena kita fokus di online.

Pasar yang semakin luas, lalu apa rencana Bapak kedepannya?

Rencana kita akan menggabungkan antara marketing offline dan marketing online, jadi agar saling berkaitan dan saling berimbang. Selain itu kita akan membuka usaha lainnya selain mebel dan furniture Jepara. Tentunya yang masih ada hubungannya dengan pengembangan potensi masyarakat desa Slagi dan Jepara pada umumnya. Mengembangkan usaha lain, misal bisnis property, garment dan perdagangan lainnya.

Sebagai seorang enterpreneur yang sukses, adakah orang yang paling memotivasi diri Anda untuk bisa sukses

Dosen saya Mr .Rifqy Roosdhani ST.MM. Motivator Kristian Adrianto, murid Tungdesem Waringin ketika seminar di kampus UNISNU JEPARA dan Gelatik selam Jogja yang di kepalai oleh Isnaini.com dan kawan – kawan.

Nah, untuk yang terakhir nih pak. Adakah saran yang ingin Bapak sampaikan untuk para enterpreneur di luar sana?

Saya hanya bisa memberikan beberapa saran saja kepada para pembaca Mebiso, yaitu Semangat dalam melangkah menggapai impian dan cita – cita. Teruslah mencetuskan ide – ide baru yang masih segar di kalangan para pemuda. Fokus dalam bekerja dan berkarya, dan yang terakhir adalah jangan pantang menyerah.

Terimakasih banyak Pak atas waktu yang diberikan untuk berbagi cerita bersama kami. Semoga Jati Jepara semakin dan selalu sukses ya Pak :)

                              
Loading...

Artikel Terkait

3 komentar

  • 7 May 2014 - pukul 3:23

    Manteb wan…

  • 11 May 2014 - pukul 0:17

    Ajib bangets Boss
    Thanks To Motifasinya
    Salam Dahsyat

  • 11 May 2014 - pukul 0:18

    Semoga Tambah dan makin sukses terutama tambah Berkah lagi Bos

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *