Running A Business

Strategi Marketing Jelang Ramadan 2021 di Tengah Pandemi

 

Jelang Ramadan 2021 – Adanya pandemi Covid-19 yang telah melanda sebagian besar belahan dunia selama setahun terakhir, mengakibatkan terganggunya mayoritas sektor industri bisnis. Hal ini tentu menjadi tantangan yang sangat berat, terutama bagi pebisnis yang menantikan momen jelang Ramadan 2021.

Namun, bukanlah hal yang mustahil untuk mengatasi semua ini. Anda perlu meningkatkan pola strategi pemasaran sehingga dapat memberi peluang menguntungkan bagi bisnis Anda di bulan Ramadan. Seperti apa kira-kira? Berikut ulasannya!

Mulai marakkan konten edukasi jelang Ramadan 2021 melalui media sosial

Sebagian besar pebisnis yang memiliki akun media sosial khusus bisnis, sebaiknya mulai menyajikan konten-konten yang relevan dengan bulan puasa. Anda bisa membuat konten-konten yang memotivasi umat Muslim untuk semakin giat beribadah, korelasi manfaat produk Anda dengan kegiatan puasa, serta konten edukasi perihal aktivitas puasa di tengah pandemi.

Dengan menyajikan konten yang relevan dan edukatif seperti demikian, maka akan membuat audiens serta calon pembeli semakin tertarik dan percaya dengan kualitas produk Anda dalam mendukung kegiatan di bulan puasa.

Perhatikan target marketing Anda

Pastikan Anda benar-benar paham siapa sesungguhnya calon pembeli secara lebih spesifik di bulan Ramadan ini. Sebab, dengan mengidentifikasi dan memahami konsumen, maka akan membantu Anda mengenali gaya hidup dan daya beli calon konsumen. Hal ini menjadi langkah pertama yang penting untuk bisa sukses menjalankan kampanye pemasaran yang sukses. Anda bisa melakukan survei online di media sosial atau platform lainnya untuk bisa lebih mengetahui kebutuhan para pelanggan Anda.

Mulai tawarkan promosi dan layanan menarik jelang Ramadan 2021

Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar calon pembeli selalu menanyakan potongan harga atau diskon. Hal ini bisa Anda jadikan peluang marketing terutama di tengah momen puasa.

Anda dapat memberikan potongan harga spesial yang besarannya disesuaikan dengan hitungan harga jual setelah dikurangi biaya-biaya yang ada. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan layanan jasa antar produk, sehingga memudahkan konsumen untuk menerima produk Anda. Dengan promosi dan layanan yang menarik seperti ini, maka peluang keuntungan Anda bisa semakin meningkat di tengah bulan puasa.

Tetap jaga hubungan dengan pelanggan

Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian, Anda tetap perlu menjaga hubungan dengan pelanggan di luar transaksi yang dilakukan. Salah satuya, Anda bisa memanfaatkan media sosial yang paling banyak digunakan oleh mereka.

Kirimkan ucapan secara mingguan kepada pelanggan sembari menawarkan promosi-promosi yang menarik. Bersikaplah lebih proaktif dalam memberikan informasi kepada konsumen. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa jasa dan produk Anda terpercaya dan aman digunakan di tengah situasi seperti sekarang ini.

Sebagai pelaku wirausaha, Anda perlu melakukan evaluasi dan improvisasi pada strategi pemasaran mereka. Terlebih lagi, saat momen Ramadan di tengah pandemi Covid-19 ini. Dengan demikian, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan tahu bagaimana cara menjangkau mereka.
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *