Technology

jQuery Mobile 1.4 Datang dengan Banyak Perubahan

 

   

Mari kita lihat apa yang telah ditambahkan dan diubah dalam jQuery mobile versi 1.4 ini. Mulai versi 1.3 jQuery mobile ini sudah banyak mengalami perubahan. Denganversi 1.4 ini jQuery mobile sengaja meningkatkan kinerja dengan melakukan penulisan ulang pada widget – widgetnya. Jika ada dari Anda yang pernah bekerja dengan versi sebelumnya jQuery mobile Anda bisa menyadari bahwa kerangka ini sangat tergantung pada manipulasi HTML DOM. Hal ini juga mengakibatkan persyaratan kinerja berat yang bisa menyebabkan degradasi kegunaan pada perangkat mobile.

Versi baru ini meningkat kinerja melalui pengurangan manipulasi DOM. Untuk widget button, sebagai salah satu widget utama jQuery mobile telah mengalami banyak perubahan. Salah satunya seperti penambahan option enhanced dan penghapusan button Markup. Dan untuk theme default seperti pada demo hanya disediakan swatch “A” dan “B” yang pada versi sebelumnya disediakan hingga 5 macam theme. Dan disediakanya juga untuk button native yang akan menyesuaikan dengan gadget yang menampilkan. Di dalam core penanganan thema juga berubah. Di versi sebelumnya menggunakan JavaScript untuk menemukan elemen dengan tema dan menambahkan kelas tema untuk semua elemen. Ini telah digantikan oleh solusi CSS murni. Dalam hampir semua kasus default untuk tema pilihan telah dihapus dan widget mendapatkan tema yang sama sebagai wadah atau halaman melalui CSS.

1

Sedangkan untuk penanganan icon menjadi lebih baik. Dengan penggunaan ikon SVG berbasis vektor baru dengan fallback ke ikon PNG eksternal pada browser yang tidak mendukung SVG. Dan bahkan lebih baik lagi, untuk mendukung perangkat yang berbeda kita akan mendapatkan stylesheet tambahan, masing – masing dengan berbagai icon CSS.

Dan juga dari keseluruhan widget telah menggunakan perubahan UI yang lebih sederhana, lembut, menarik dan terkesan elegant. Beberapa fitur dan widget yang baru dalam rilis ini adalah widget flipswitch, widget penyaring bernama “filterable“, popup dengan panah, tooltips untuk slider dan jQuery mobile juga mengintegrasikan widget tab dari jQuery UI.

Dan untuk Anda yang ingin memperhatikan perubahan secara visual langsung silahkan check di demonya berikut ini:

Demo1

Demo2

Demo3

Baca juga:

Belajar jQuery dari Dasar

7 Pilihan Slider Berbasis jQuery untuk Website Anda

Membuat Menu Auto Scrolling dengan CSS dan JavaScript


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *